Rumus Hukum Faraday dan Penerapannya, Yuk Belajar!

Hukum Faraday memiliki pengaruh yang besar

Salah satu hukum fisika yang memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan listrik adalah Hukum Faraday. Melalui hukum ini listrik menjadi sesuatu yang penting untuk kehidupan manusia. Penemuan induksi elektromagnetik dan terciptanya generator listrik pertama oleh Michael Faraday berperan penting bagi kebutuhan manusia.

Hukum Faraday tidak hanya digunakan dalam ilmu Kimia saja, melainkan juga ilmu Fisika. Terdapat dua hukum elektrolisis Faraday dari penemuan terhadap aspek kuantitatif pada elektrolisis. Aspek kuantitatif ini dibutuhkan untuk berlangsungnya proses yang meliputi massa zat hasil, volume gas, jumlah mol elektron, kuat arus, dan waktu elektrolisis

Lantas, bagaimana bunyi Hukum Faraday? Bagaimana rumusnya? Simak yuk penjelasan berikut ini.

Pengertian Hukum Faraday

Terlebih dahulu perlu memahami mengenai Hukum Faraday sebelum lebih mendalami dalam penerapan hukum ini. Pertama perlu memahami mengenai apa itu Hukum Faraday?

Menurut Moch. Rizal Sahidinnur dan Ishafit dalam Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014 Hukum Faraday merupakan gaya gerak listrik pada rangkaian tertutup dipengaruhi oleh medan magnet yang sebanding dengan laju perubahan fluks medan magnet yang melewati atau menembus kumparan. Hukum ini ditemukan oleh Michael Faraday, seorang ahli kimia dan fisika asal Inggris pada tahun 1834.

Menghitung besar muatan menggunakan konstanta Faraday dalam setiap satu mol elektron. Untuk memudahkan dalam perhitungan stoikiometri dan mengetahui dampaknya dibutuhkan konstanta Faraday. Hal ini dikarenakan konstanta Faraday  mampu menghitung stoikiometri tanpa menghitung muatan elektron

Dilansir ScienceDirect yang mengutip Encyclopedia of Electrochemical Power Sources (2009) Konstanta Faraday yang diketahui 96.485 C/mol yang diambangkan dengan simbol F atau disebut juga 1 F, sesuai dengan jumlah listrik yang dibawa oleh 1 mol elektron. Angka tersebut diperoleh dari muatan satu elektron (1,6023  ×  10^ −19  C) dikalikan jumlah elektron dalam 1  mol, yang diberikan oleh bilangan Avogadro (6,02  ×  10 ^23 elektron).

Secara umum Hukum Faraday digunakan untuk memprediksi bagaimana medan magnet dan rangkaian listrik dapat berinteraksi. Selanjutnya, yang perlu dipahami adalah pembagian dari hukum ini. Hukum Faraday terbaik menjadi dua jenis, yaitu Hukum Faraday I dan Hukum Faraday II.