6 Fakta Misi Peluncuran Rover Perseverance ke Mars Hari Ini!

Ada hal baru pada misi penjelajahan Mars kali ini

Jika kita lihat, planet yang memiliki kondisi hampir mirip dengan Bumi adalah Mars. Planet ini menjadi daya tarik para ilmuan sejak dahulu untuk bisa mengungkapkan misteri di dalamnya. Karena posisi dengan Matahari yang dekat sehingga kondisinya hampir mirip dengan Bumi. Hal tersebut membuat umat manusia sangat penasaran untuk mengeksplorasi Mars lebih jauh untuk menemukan bukti kehidupan masa lalunya.

Walaupun saat ini kita masih belum bisa mengirimkan manusia ke Mars, telah banyak misi penjelajahan yang berhasil dikirimkan untuk mempelajari planet ini. Salah satu kontributor terbesar dalam misi eksplorasi Mars adalah NASA. Kabar terbaru, tahun ini NASA akan kembali mengirimkan wahana antariksa berupa rover atau robot penjelajah bernama Perceverance. Dilansir laman NASA, berikut beberapa fakta unik Perceverance!

1. Asal-usul nama Perseverance berasal dari usulan seorang anak sekolah

6 Fakta Misi Peluncuran Rover Perseverance ke Mars Hari Ini!mars.nasa.gov

Pemenang dalam kontes Name The Rover atau pemberian nama rover adalah seorang anak sekolah menengah pertama tingkat 7 bernama Alex Mather dari Springfield, Virginia.

Alex berhasil menjadi pemenang dari kontes tersebut dengan mengalahkan banyak usulan nama lainnya dari 28 ribu siswa di seluruh Amerika. Cara penilaian dilakukan oleh 4.700 relawan yang bersedia menjadi juri serta jejak pendapat online dari fans di seluruh dunia dengan total 770 ribu suara.

Dalam esainya, Alex menjelaskan bahwa Perceverance berarti keteguhan atau kegigihan yang dianggap menggambarkan visi dari rover tersebut.

"Curiosity (keingintahuan). InSight (wawasan). Spirit (semangat). Opportunity (kesempatan). Jika kamu memikirkannya, semua nama Mars rovers terdahulu ini adalah kualitas yang kita miliki sebagai manusia. Kita selalu penasaran dan mencari peluang. Kita memiliki semangat dan wawasan untuk menjelajahi Bulan, Mars, dan seterusnya. Namun, jika rovers ingin memiliki kualitas seperti kita sebagai ras, kita melewatkan hal yang paling penting. Ketekunan atau kegigihan (Perceverance). Kita sebagai manusia berevolusi sebagai makhluk yang bisa belajar beradaptasi dengan situasi apa pun, tidak peduli seberapa kerasnya. Kita adalah spesies penjelajah dan kita akan menemui banyak rintangan dalam perjalanan ke Mars. Namun, kita bisa bertahan. Kita bukan sebagai bangsa, tetapi sebagai manusia, tidak akan menyerah. Umat manusia akan selalu bertahan di masa depan."

2. Tanggal keberangkatan rover Perseverance

6 Fakta Misi Peluncuran Rover Perseverance ke Mars Hari Ini!nasa.gov

Untuk tanggal keberangkatan, Perceverance akan diluncurkan pada Kamis, 30 Juli 2020 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida. Waktu peluncuran dijadwalkan akan dimulai pada pukul 07.00 pagi waktu setempat dan disiarkan melalui laman dan YouTube resmi NASA.

Walaupun sebelumnya ada isu yang berembus bahwa peluncuran akan diundur akibat wabah virus corona, NASA sendiri telah mengonfirmasi tetap tidak akan mengubah keputusannya untuk meluncurkan Perceverance pada akhir bulan ini.

Alasannya karena pada periode kali ini, Bumi dan Mars berada pada jarak orbit yang dekat sehingga hanya membutuhkan daya yang sedikit dan akan mempersingkat waktu perjalanan misi.

Perceverance diluncurkan menggunakan roket Atlas V 541 dan diprediksi akan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. Untuk tempat pendaratannya sendiri, rover ini akan didaratkan pada daerah Kawah Jazero. Alasannya karena tempat ini diperkirakan memiliki jejak kehidupan dan kandungan air pada zaman dahulunya.

Hal ini tentunya akan sangat membantu para ilmuan mendapatkan banyak sekali informasi penting juga berharga untuk mengungkap rahasia terbesar Planet Merah ini.

3. Tugas dan misi yang diemban Peseverance

6 Fakta Misi Peluncuran Rover Perseverance ke Mars Hari Ini!mars.nasa.gov

Tugas utama Perceverance dalam misi ini untuk mencari tanda-tanda kehidupan kuno masa lalu dan mengumpulkan sampel bebatuan serta tanah yang dimungkinkan untuk bisa dikirim kembali ke Bumi.

Durasi misi yang akan dijalani Perseverance adalah 1 tahun Mars (sekitar 687 hari di Bumi). Misi ini menjadi salah satu program dari NASA yang akan memberikan kontribusi besar dalam mencapai tujuan sains jangka panjang eksplorasi Mars. Adapun, tujuan-tujuan sains yang akan dicapai Perceverance dalam misi ini:

1. Menentukan apakah pernah ada kehidupan di Mars. Misi ini berfokus pada pencarian tanda-tanda kehidupan biosignature dalam sampel batuan yang terbentuk di permukaan planet untuk mengetahui kondisi yang ideal dalam menopang kehidupan mikroba masa lalu.

2. Menggambarkan kondisi iklim planet. Fokus lain dari misi ini untuk mengidentifikasi kondisi iklim planet tempat rover berusaha menemukan bukti gambaran lingkungan kuno yang dapat mendukung kehidupan mikroba pada masa lalu.

3. Menggambarkan kondisi geologi planet. Perceverance juga memiliki tugas untuk menggambarkan kondisi geologi planet dengan cara mempelajari setiap lapisan bebatuan untuk mengungkapkan lebih banyak informasi tentang proses geologi yang terjadi pada masa lalu. Hal tersebut tentunya akan membantu dalam menemukan bebatuan yang terbentuk dalam air yang pastinya menyimpan bukti organik bahan-bahan kimia pembangun kehidupan.

4. Mempersiapkan eksplorasi untuk manusia. Perceverance akan menguji coba berbagai teknologi kunci yang memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang tersedia di planet tersebut untuk bisa mendukung juga menopang kehidupan manusia untuk eksplorasi masa depan. Selain itu, para peneliti bisa lebih memahami kondisi lingkungan sebenarnya dari Mars sehingga dapat mempersiapkan misi penjelajahan oleh manusia menjadi lebih matang.