Comscore Tracker

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjub

Kelinci ini bisa tumbuh besar setara dengan anak balita

Memiliki bulu halus dan telinga panjang sebagai daya tariknya membuat kelinci jadi hewan favorit bagi anak-anak. Kelinci juga cukup aktif dan menggemaskan ketika mereka bergerak dengan lompatan kecilnya. Namun kesan imut pada kelinci biasa akan luntur ketika kamu bertemu dengan spesies terbesarnya, yaitu Flemish Giant Rabbit. 

Kelinci bertumbuh tambun ini akan tumbuh secara perlahan menjadi kelinci super jumbo hingga beratnya bisa mencapai 10 kg! Penasaran seperti apa Flemish Giant Rabbit? Yuk, simak bersama ulasan Flemish Giant Rabbit di bawah ini.

1. Berasal dari sebuah daerah di Belgia

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubrabbitpedia.com

Kelinci raksasa ini masih memiliki banyak asal-usul yang simpang siur, namun Federasi Nasional Breeder Kelinci Raksasa menetapkan Flemish Giant Rabbit berasal dari sebuah daerah bernama Flanders di Belgia. Kelinci ini merupakan keturunan dari kelinci Patagonian di Eropa.

2. Membutuhkan tempat khusus untuk memeliharanya

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubhorseradionetwork.com

Kelinci raksasa bisa tumbuh hingga beratnya mencapai 10kg. Para pemilik hewan lucu ini membutuhkan setidaknya kandang seluas 5 meter persegi, seperti kandang anjing. Flemish Giant Rabbit nyaman tinggal di tempat tertutup beralas lembut daripada di kandang yang langsung beralas rumput di pekarangan. 

3. Terdapat 7 warna yang telah diakui oleh federasi

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubtwitter.com/bunnymoonevents

Ada 7 warna yang telah diakui oleh federasi kelinci raksasa American Rabbit Breeders Association, diantaranya hitam, biru, abu-abu muda, abu-abu tua, cokelat muda, cokelat gelap dan putih. Dari kebanyakan warna lainnya kelinci raksasa bewarna abu-abu yang paling menggemaskan dan lucu seperti boneka. 

Baca Juga: 8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orang

4. Bentuk tubuh jantan dan betina berbeda

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubstillunfold.com

Kelinci raksasa jantan mempunyai bentuk kepala yang lebih besar dan lebar daripada betina. Sedangkan betina sendiri memiliki lipatan di bawah dagu yang membuatnya terlihat lebih chubby.

5. Federasi khusus yang telah ada sejak tahun 1951

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubebay.com

American Rabbit Breeders Association merupakan federasi nasional yang fokus dalam siklus hidup, peranakan hingga kontes yang melibatkan kelinci raksasa. Federasi tersebut sudah didirikan sejak 1951 oleh sekelompok peternak kelinci Flemish Giant Rabbit. 

6. Dibanderol dengan harga yang cukup fantastis

6 Fakta Unik Flemish Giant Rabbit, Kelinci 'Super' yang Bikin Takjubtwitter.com/bushcamp2

Bukan hanya butuh tempat luas dan makanan yang melimpah untuk membuat kelinci jenis ini hidup dengan makmur, kalian perlu menyiapkan uang sekitar Rp500,000-1,500,000 untuk seekor anakan Flemish Giant Rabbit. 

Memiliki hewan peliharaan lucu seperti ini pasti seru banget ya untuk menambah teman di rumah. Tapi apakah kamu sanggup untuk memenuhi segala kebutuhan mereka? Sebaiknya pikirkan dulu baik-baik ya guys!

Baca Juga: Hewan Langka yang Disebut "Kelinci Ajaib" Akhirnya Ditemukan Lagi Pertama Kalinya

SA Photo Verified Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya