Comscore Tracker

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Jadi sering-sering konsumsi daging kelinci ya!

Sudah pernah makan daging kelinci? Daging kelinci biasa ditemui dalam olahan sate, padahal selain dijadikan sate, daging kelinci dapat diolah menjadi bakso, abon, sop, bumbu kecap dan lain sebagainya.

Rasanya memang tidak jauh berbeda dengan ayam, karena daging kelinci merupakan daging putih yang sama jenisnya dengan daging ayam. Meski hampir sama, ada beberapa khasiat dan keunggulan dari daging kelinci yang mungkin belum kamu ketahui.

Tidak hanya dagingnya saja yang bermanfaat, namun otak, hati dan empedunya dapat dikonsumsi dan berkhasiat untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dari daging kelinci.

1. Obat penyakit asma

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangunsplash.com/@giulia_bertelli

Khasiat daging kelinci sebagai obat asma ini ditemukan oleh dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Didalam daging kelinci ada kandungan ketotifen dapat menjadi obat alternatif bagi penderita asma. Bagian paling berkhasiat sebagai obat terletak pada hati kelinci. Jadi bagi kamu penderita asma, boleh dicoba nih. Disarankan untuk mengolahnya dengan cara direbus agar kandungan didalamnya dapat terjaga.

2. Meningkatkan vitalitas dan libido pria

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangunsplash.com/@beccatapert

Bagi kamu yang memiliki masalah pada vitalitas atau libido, daging kelinci ini sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi. Dikarenakan kandungan protein yang tinggi dan mudah dicerna tubuh akan meningkatkan stamina kamu.

3. Membantu perkembangan tumbuh anak

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangunsplash.com/@gmax

Sebagai penyumbang protein, fungsi daging kelinci dapat memenuhi kebutuhan protein yang tinggi selama masa pertumbuhan anak. Jadi para ibu-ibu wajib perhatikan asupan gizi anak agar anak tetap memiliki pertumbuhan yang optimal.

4. Baik untuk jantung

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangpixabay.com/sbtlneet

Daging kelinci sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan lemak yang sedikit. Jadi bagi kamu penderita penyakit jantung, olahan daging kelinci menjadi salah satu makanan yang aman untuk kamu konsumsi.

Baca Juga: Tips Memilih Daging Sapi dan Ayam Segar di Pasar Tradisional

5. Memperbaiki metabolisme tubuh

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangpixabay.com/evitaochel

Dalam daging kelinci memiliki vitamin B12 yang tinggi yang hampir menyaingi daging sapi. Vitamin B12 ini akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh kamu.

6. Cocok sebagai menu diet

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangunsplash.com/@henriquefelix

Bagi kamu yang lagi menjalankan masa diet namun rindu ingin makan daging, daging kelinci ini bisa jadi alternatifnya. Tinggi protein dan rendah lemak menjadikan daging kelinci sebagai salah satu menu yang baik untuk diet. Namun kamu harus mengolahnya dengan mengkukus atau merebusnya agar lebih sehat.

7. Membantu kesehatan janin selama mengandung

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangunsplash.com/@suchajka

Ibu hamil harus memiliki asupan yang baik dan benar. Hal ini dibenarkan agar pertumbuhan janin tetap baik dan kesehatan janin terjaga. Kandungan zat besi, protein, zat potassium akan membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan asupannya. Tentunya kandungan-kandungan tersebut dapat diperoleh dari mengonsumsi daging kelinci.

8. Menjaga kesuburan wanita

8 Manfaat Daging Kelinci yang Jarang Diketahui Banyak Orangpixabay.com/jk_90

Jika sudah menikah dan ingin cepat memiliki anak, sangat disarankan untuk mengonsumsi daging kelinci ini. Daging kelinci dan otaknya dipercaya dapat menjaga dan menambah kesuburan pada wanita.

Daging kelinci bisa menjadi pilihan olahan makanan yang wajib kamu coba jika sudah bosan dengan daging ayam ataupun sapi. Meski lebih dikenal sebagai hewan peliharaan, kelinci memiliki daging yang berkhasiat bagi kesehatan. Tidak perlu ragu untuk mengonsumsi daging kelinci ini karena berbagai manfaat akan kamu dapatkan. 

Baca Juga: 7 Jenis Buah yang Berkhasiat Bagi Kesehatan Mata, Apa Saja?

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya