Comscore Tracker

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasa

Nyatanya tak mudah menjadi seorang astronaut

Astronaut merupakan pekerjaan yang tidak mudah, bahkan sangat menantang. Menjelajahi ruang angkasa dengan segala risiko yang dimiliki tentu membutuhkan komitmen dan tanggung jawab tersendiri. Apalagi seorang astronaut bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk tinggal di luar angkasa.

Berada jauh dari bumi ternyata tak membuat para astronaut merasa tenang. Justru mereka kerap mengalami banyak hal yang terkesan aneh dan cukup menantang adrenalin, mulai dari ilusi hingga sesuatu mengenai kekhawatiran pribadi. Tidak mengherankan bahwa beberapa hal berikut ini kerap dirasakan oleh rata-rata astronaut saat betugas di luar angkasa.

1. Fatamorgana

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasailustrasi fatamorgana (unsplash.com/@aldebarans)

Istilah fatamorgana tentu sudah menjadi suatu hal yang tak asing lagi. Mungkin secara umum istilah ini cukup sering didengar di kawasan gurun, sehingga menyebabkan kesalahan persepsi dari orang yang melihatnya.

Melansir Natural Optical Illusions, fatamorgana adalah kesalahan optik yang dilihat oleh seseorang. Sama halnya dengan apa yang kerap terjadi pada para astronaut. Sebab banyak dari mereka yang kerap melihat hal-hal yang tak masuk akal. Bahkan pernah ditemukan danau cair di lapisan es yang ada di Mars, tapi hal tersebut justru disebut-sebut sebagai fatamorgana semata.

2. Suara aneh yang tak tahu dari mana sumbernya

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasailustrasi gelombang suara (unsplash.com/@pawel_czerwinski)

Banyak dari astronaut yang mengemukakan ceritanya yang berbeda-beda mengenai luar angkasa. Tak terkecuali mengenai suara aneh yang tak diketahui sumber asalnya, sehingga cukup membuat merinding. Hal ini tentu dirasa tidak mungkin, sebab keadaan luar angkasa yang tak seperti Bumi.

Mengutip Children's Museum, seorang astronaut sebetulnya bisa berbicara, bersiul, hingga berteriak di dalam kapal luar angkasa mereka. Namun, karena keterbatasannya ternyata membuat satu sama lain jadi tidak dapat mendengar secara jelas. Hal inilah yang kemudian memunculkan kebingungan tersendiri bila banyak astronaut justru mampu mendegar suara-suara misterius dari luar angkasa.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Astronaut

3. Kesulitan beradaptasi dengan cara hidup di pesawat luar angkasa

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasailustrasi pesawat luar angkasa (unsplash.com/@jeremystraub)

Tantangan yang kerap ditemukan oleh para astronaut adalah mengenai cara hidup dan beradaptasi di kapal luar angkasa. Nyatanya hal ini memengaruhi segala sektor kehidupan mereka, bahkan termasuk dengan bobot tubuhnya sendiri. Hal inilah yang juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari oleh para astronaut yang bertugas.

Salah satunya adalah diet tepat dan latihan fisik. Sebab, para astronaut ternyata akan kehilangan bobot massa ototnya lkarena gaya gravitasi yang dimiliki, seperti dilansir NASA. Tantangan inilah yang kemudian harus bisa dihadapi oleh para astronaut, sehingga kesulitan yang diperoleh pun dapat diatasi dengan baik.

4. Kesepian selama masa bertugas

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasailustrasi astronaut (unsplash.com/@sushioutlaw)

Satu hal yang mungkin jarang disadari dari tantangan sebagai seorang astronaut adalah rasa kesepian yang kerap dirasakan. Bayangkan saja untuk tinggal di kapal luar angkasa selama berbulan-bulan hingga tahunan, jauh dari keluarga, dan tidak menggunakan handphone untuk sekadar bertukar kabar jelas sangat menyiksa.

Seorang direktur NASA bernama Bill Paloski, Ph. D pernah menjelaskan, bahwa kesendirian yang dirasakan karena terkurung di tempat yang kecil seakan membuat perasaan semakin memburuk setiap waktunya, seperti dikutip Forbes. Hal inilah yang kemudian membuat para astronaut jadi harus siap menghadapi rasanya kesepian selama bertugas.

5. Kekhawatiran saat mengalami hal-hal tak terduga

5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasailustrasi astronaut (unsplash.com/@thenikyv)

Tidak mudah untuk menjadi seorang astronaut, karena bukan hanya bebannya saja yang besar, tapirisiko dan segala macam tantangannya juga sangat berat. Sekilas mungkin profesi ini tampak keren dan menyenangkan, padahal jelas memberikan banyak tekanan yang tak terduga pada para astronautnya.

Melansir Smart News, ternyata diketahui bahwa banyak astronaut yang takut untuk pergi ke luar angkasa, meski tidak secara terang-terangan dijelaskannya. Hal ini tentu melihat dari segala risiko yang harus siap dihadapi jika sudah menjalankan tugas ke luar angkasa. Mereka pun jelas jadi harus mempersiapkan banyak halnya.

Profesi apa pun jelas menyimpan risiko dan tanggung jawabnya tersendiri, termasuk astronaut. Tidak mengherankan bila para astronaut pun harus dapat menangani setiap tantangan tersebut, sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik di luar angkasa.

Baca Juga: Para Astronaut Berbagi Pengalaman Mengerikan di Bulan

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya