Comscore Tracker

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!

Harganya bahkan ada yang menembus kuadriliun, lho

Berbicara mengenai mineral dan hasil bumi, tentu banyak jenisnya. Bahkan hasil bumi dan mineral melalui pertambangan justru disebut-sebut sebagai salah satu bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan di dalamnya, sebab harganya yang luar biasa.

Berbicara mengenai harga, emas bukanlah hasil bumi termahal di dunia, lho. Rupanya, mineral dan hasil bumi termahal di dunia ada pada deretan daftar berikut ini. FYI, mineral dan hasil bumi termahal ini bahkan harganya menyentuh kuadriliun!

1. Berlian

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!ilustrasi berlian (pexels.com/@martabranco)

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan nama berlian, bukan? Tak dapat dimungkiri bahwa berlian termasuk hasil bumi dengan harga yang luar biasa mahal. Keberadaan berlian banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat perhiasan mewah.

Melansir RockHer, berlian ternyata dihargai mahal, sebab sulitnya untuk membawa benda mewah tersebut ke pasaran, selain itu ketersediaannya juga sangat terbatas. Namun, sejatinya berlian dapat dilihat berbeda-beda dari segi kualitas, sehingga harganya pun jadi beragam. Meski demikian, untuk 1 karat berlian dihargai sekitar Rp28 juta rupiah hingga Rp232 juta rupiah, seperti dilansir Naturally Colored.

2. Painite

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!ilustrasi painite (theconversation.com)

Jika kamu berfikir bahwa berlian adalah satu-satunya hasil bumi termahal, konsep tersebut keliru. Nyatanya hasil bumi yang pertama kali ditemukan di Myanmar ini ternyata tak kalah mahal, yaitu painite.

Mengutip Geologyn, painite merupakan mineral yang ketersediaannya sangat jarang serta di dalamnya mengandung elemen kimia zirconium dan boron yang pada dasarnya jarang ditemukan di mineral lainnya.

Selain itu, tampilan warna merah muda menarik yang dimiliki painite juga tampak memikat. Tak heran bila harganya dibanderol mencapai 60.000 USD atau sekitar Rp889 juta per gramnya.

3. Berlian merah

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!ilustrasi berlian merah (trulyexperiences.com)

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai berlian, namun kali ini berliannya sedikit berbeda sebab memiliki warna merah alami. Berlian merah termasuk ke dalam mineral mahal di dunia, sehingga keberadaannya seakan menjadi hal yang dicari-cari.

Berlian jenis ini diincar karena keberadaannya cukup jarang, seperti dilansir DSF Antique Jewelry. Tidak mengherankan bahwa berlian merah memiliki harga sekitar 1 juta USD atau sekitar Rp14,8 miliar rupiah pada setiap gramnya, seperti dikutip Diamonds Pro.

Baca Juga: 7 Batuan dan Mineral Terindah Ini Lebih Cantik dari Intan

4. Californium 252

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!ilustrasi californium 252 (time-tips.com)

Jika hasil bumi sebelumnya banyak dimanfaatkan sebagai perhiasaan, maka kali ini justru berbeda. Californium 252 justru biasa digunakan sebagai zat kimia buatan untuk menemukan lapisan air di dalam minyak, khususnya di beberapa sumur minyak yang ada di dunia.

Californium 252 termasuk ke dalam elemen radioaktif yang berguna untuk berbagai penelitian di dunia ilmiah, seperti dilansir Thought Co. Tidak mengherankan bahwa harga Californium 252 ini justru menyentuh angka 27 juta USD atau sekitar Rp4000 miliar rupiah per gramnya, seperti dikutip Metalary.

5. Antimateri

5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!ilustrasi antimateri (space.com)

Antimateri merupakan salah satu material yang cukup banyak diperbincangkan oleh ahli kimia di dunia. Bagaimana tidak, konon antimateri disebut-sebut sebagai material yang akan memiliki nilai termahal di dunia.

Melansir WETA, antimateri disebut-sebut memiliki potensi luar biasa untuk menjadi materi yang sangat jarang ditemukan dan bahkan memiliki nilai termahal di dunia. Peneliti masih mendalami serta menentukan penyebab material ini menjadi salah satu yang sangat jarang ditemukan. Harga dari material ini menyentuh angka Rp893,4 kuadriliun rupiah. Tentu bisa dibayangkan jika materi ini rupanya memenuhi inter-galaksi, meski pun keberadaannya masih belum dapat diprediksi.

Beragam mineral dan hasil bumi termahal di atas tentunya memiliki harga yang luar biasa. Bahkan dengan harga fantastis tersebut, masih banyak orang yang mengincar keberadaannya. Apakah kamu tertarik memiliki salah satunya?

Baca Juga: Fakta Mika, Mineral Berkilau yang Makin Dicari Namun Problematik

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya