Comscore Tracker

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahli

Makan pakai tangan lebih bikin nafsu

Masih banyak orang Indonesia yang senang makan dengan tangan kosong tanpa alat makan, seperti garpu dan sendok. Makan dengan tangan dianggap lebih menyenangkan dan makanan pun terasa lebih enak. Benarkah demikian? Menurut penelitian, rupanya hal tersebut ada benarnya.

1. Empat eksperimen

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahlizeenews.com

Penelitian ini dipimpin oleh peneliti sensory marketing, Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology.

Penelitian terbarunya yang dipublikasikan di Journal of Retailing ini didasarkan pada empat eksperimen yang menginvestigasi bagaimana makan makanan dengan tangan bisa berpengaruh pada persepsi pada makanan dan memengaruhi cara kita makan.

2. Menyentuh makanan langsung membuat lebih bernafsu makan

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahlinewsd.in

Penemuan dalam studi ini menunjukkan pengaruh lebih pada orang yang punya tingkat kontrol diri yang tinggi. Subjek penelitian akan melihat makanan lebih menggairahkan jika dimakan langsung dengan tangan. Ini juga menunjukkan bahwa subjek cenderung makan lebih banyak makanan tertentu saat disentuh langsung.

Faktor yang berhubungan dengan menyentuh makanan secara langsung tidak ditemukan pada subjek dengan tingkat kontrol diri yang rendah. Jadi, jika berencana makan kentang goreng yang disukai, hasilnya akan sama saja, baik itu dengan tangan atau garpu.

Baca Juga: 9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!

3. Penelitian pada orang dengan kontrol diri rendah dan tinggi

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahlimedicalnewstoday.com

Sebuah eksperimen dilakukan untuk membedakan antara orang dengan kontrol diri rendah dan tinggi. Penelitian tersebut membagi menjadi dua kelompok. Yang pertama diperintahkan untuk berhati-hati makan, diet, dan fitness. Sementara, kelompok kedua diperintahkan untuk menikmati hidup dan tidak khawatir dengan berat badan.

Kedua kelompok diberi wadah yang diisi donat mini. Beberapa dengan pilihan appetizer dan yang lain tidak. Subjek yang sebelumnya berhati-hati makan merasakan efek sensor yang lebih ketika menyentuh makanan langsung daripada yang tidak mengendalikan diri sebelumnya.

4. Hasil penelitian cocok untuk promosi makanan

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahlieuropapark.de

Madzharov, sebagai peneliti, mempresentasikan penelitiannya utamanya dalam konteks komersial untuk perusahaan makanan. Hasil penelitian ini dapat dipakai untuk promosi makanan yang lebih efektif. Ini juga bisa dipakai perusahaan katering makanan untuk meningkatkan pelanggan saat menyajikan makanan pembuka.

Dalam laporan penelitiannya, Madzharov menuliskan, “Temuan kami menunjukkan bahwa sentuhan langsung dapat merusak upaya konsumen yang mencoba mengendalikan volume konsumsi makanan...”

5. Menjelaskan pengaruh bagaimana cara konsumsi makanan

Benarkah Makan Pakai Tangan Bikin Lebih Enak? Ini Kata Ahlibustle.com

Secara umum, penelitian ini menjelaskan makan dengan tangan langsung memang membuat seseorang lebih bernafsu untuk makan. Kita mungkin akan makan piza lebih sedikit jika harus menggunakan garpu. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini tidak akan terasa seenak daripada memakan langsung dengan tangan.

Makan dengan tangan memang menyenangkan, namun tentu tak semua makanan bisa dimakan dengan tangan langsung, misalnya makanan berkuah seperti sup dan soto. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum makan agar terhindar dari bakteri dan kotoran yang bisa masuk ke tubuh melalui tangan, ya.

Baca Juga: Selain Ruangan, 5 Alat Makan Ini Bisa Bangkitkan Mood untuk Makan!

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya