Comscore Tracker

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!

Biar sampai ke ukuran tubuh yang kamu inginkan

Banyak orang yang mau kurus karena kelebihan berat badan, sebaliknya banyak pula yang mau bobot tubuhnya meningkat karena terlihat terlalu kurus. Terkadang, beberapa dari mereka yang berat badannya rendah sering kali kurang "bergairah" untuk makan.

Jangan khawatir, jika kamu merasa kurang berselera maka ada beberapa tip untuk mengggugah selera atau nafsu makan kamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus artikel ini ya.

1. Makanlah menu favoritmu

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!Pexels.com/Daria Shevtsova

Kamu akan menemukan bahwa jauh lebih mudah untuk menelan sesuatu yang benar-benar kamu sukai. Belilah makanan favorit kamu, kalau bisa di tempat langganan yang sudah terjamin kenikmatannya di lidahmu.

Selain itu, kamu juga dapat menyimpan beberapa makanan ringan favorit kamu. Boronglah beberapa bungkus dan taruh di lemari makananmu. 

2. Camilan untuk menggantikan makan berat

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!skinnyms.com

Memikirkan sepiring penuh makanan mungkin membuat kamu enek dan merasa mual. Namun, sepertinya camilan kecil mungkin tidak akan tampak seburuk itu. Jadi, alih-alih memaksakan diri untuk makan berat tiga kali sehari lebih baik mengonsumsi makanan kecil 6 atau 7 kali sehari.

3. "Ledakkan" makanan kamu

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!instagram.com/eat.time.story

Salah satu alasan kamu tidak nafsu makan adalah rasa dari makanan tersebut yang terlalu flat dan kurang "meledak" di mulut. Tambahkan bumbu dan rempah-rempah ke dalam makanan kamu untuk meningkatkan rasanya.

Beberapa masakan Indonesia, khususnya asal Sumatra mempunyai cita rasa rempah yang sangat kuat. Kamu bisa menyantap hidangan-hidangan tersebut yang sudah pasti menggugah selera makan kamu.

4. Memilih makanan yang padat energi

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!ngopo.com

Bahasa lain dari makanan yang padat energi adalah makanan yang mengandung banyak kalori. Dilansir dari verywellfit.com, cara lain untuk meningkatkan nafsu makan adalah menambahkan lebih banyak kalori ke makanan kamu. Kamu bisa memilih beberapa makanan yang kaya akan kalori seperti daging, keju, telur, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 6 Kelebihan Ini Hanya Bisa Dinikmati Pemilik Tubuh Kurus

5. Hindari minum sebelum dan saat makan

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!pexels.com/Daria Shevtsova

Dilansir juga dari verywellfit.com, minum air tepat sebelum dan selama makan mungkin dapat lebih dulu "memenuhi" perut kamu serta mengurangi jumlah makanan yang akan kamu makan. Minumlah beberapa teguk air agar tidak terlalu serat. Tidak apa-apa untuk menikmati minuman dengan makanan kamu, tetapi hanya minum sedikit supaya kamu dapat fokus pada makanan.

6. Jangan melewatkan sarapan

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!bustle.com

Sarapan setiap hari dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan termogenesis yang dapat memotivasi kamu untuk makan lebih banyak. Dikutip dari healthline.com, sebuah studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan pagi dapat membuat kamu makan lebih sedikit sepanjang hari, yang merupakan kebalikan dari apa yang kamu inginkan.

Selain itu, sarapan membantu meningkatkan efek termogenesis tubuh yang membuat kamu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini dapat meningkatkan nafsu makan kamu nantinya.

7. Kurangi makan serat

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!Instagram.com/kuliner_arput

Makanan kaya serat telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, dilansir dari healthline.com. Hal ini sangat berlawanan untuk kamu yang mau menaikkan berat badan.

Makan yang rendah serat bisa mencegah kamu merasa terlalu kenyang, dan mungkin membantu kamu makan lebih banyak di siang hari. Beberapa jenis makanan yang tidak terlalu kaya serat adalah telur, bubur, dan hati.

8. Makan bersama

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!pexels.com/fauxels

Memasak dan makan bersama orang lain dapat membantu merangsang nafsu makan kamu lebih dari makan sendirian. Untuk membuat hidangan lebih menyenangkan untuk disantap, kamu dapat mengundang teman dan keluarga untuk makan. Jika mereka tidak bisa datang untuk menemanimu, cobalah makan sambil menonton TV.

Dikutip dari healthline.com, terdapat sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bersama teman-teman dapat meningkatkan asupan makanan hingga 18 persen. Selain itu, makan sambil menonton TV dapat meningkatkannya sebesar 14 persen.

9. Olahraga

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!unsplash.com/Alexander RedI

Dilansir dari verywellfit.com, aktivitas fisik melepaskan zat kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati kamu dan merangsang nafsu makan. Berjalan kaki sekitar satu jam atau lebih sebelum makan dapat membantu membuat makan berikutnya sedikit lebih "menarik".

9 Cara Meningkatkan Nafsu Makan, Cocok deh Buat yang Mau Makin Berisi!giphy.com

Jadi, itulah beberapa cara agar nafsu makan kamu meningkat. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa vitamin untuk menambah selera makan. Tapi ingat, perlu kamu imbangi juga dengan olahraga agar lemak tidak menumpuk begitu saja.

Baca Juga: 6 Kelebihan Ini Hanya Bisa Dinikmati Pemilik Tubuh Kurus

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya