Comscore Tracker

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udara

Pernah melihat salah satunya?

Sama seperti manusia, hewan juga butuh tidur. Beberapa primata seperti kera dan monyet memiliki kebiasaan tidur seperti kita. Di sisi lain, beberapa serangga dan mamalia kecil sering masuk ke dalam kondisi yang disebut torpor atau "mati suri."

Artikel di bawah ini akan membahas beberapa fakta unik tentang kebiasaan tidur pada hewan. Berikut daftarnya!

1. Gajah dan jerapah bisa tidur berdiri

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udarajhunewsletter.com

Sebagai hewan berbadan besar, gajah dan jerapah tidak bisa mencari tempat sembunyi untuk beristirahat dan harus siap lari ketika mendapat ancaman. Jadi, mereka berevolusi untuk tidur sambil terus berdiri.

Disebut sebagai "alat penahan," dua hewan ini memiliki lutut yang terkunci sehingga mereka dapat terus berdiri saat sedang tidur. Hewan lain yang memiliki mekanisme ini adalah kuda, sapi, dan burung. Namun, hewan-hewan ini tidak bisa terus tidur berdiri setiap hari. Terkadang, mereka juga butuh berbaring agar bisa masuk ke dalam kondisi tidur REM.

Seperti dilansir dari National Sleep Foundation, mereka tidak bisa masuk ke dalam kondisi tersebut saat berdiri. Meskipun kedua hewan ini hanya membutuhkan sedikit tidur REM, mereka tetap membutuhkannya. Gajah misalnya, yang membutuhkan tidur REM kira-kira 30 menit setiap tiga sampai empat hari sekali.

2. Lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udaratweentribune.com

Seperti halnya mamalia laut lainnya, lumba-lumba harus mewaspadai predator yang ada di sekitarnya. Lumba-lumba adalah mamalia berdarah panas yang hidup di perairan yang sejuk. Oleh karena itu, mereka harus terus berenang untuk menjaga suhu tubuhnya. Tak heran kalau mereka dapat berenang sambil "setengah" tidur.

Namun tidak seperti burung yang bisa tertidur sampai jarak ratusan kilometer, lumba-lumba jarang menempuh jarak yang jauh ketika tertidur. Biasanya, mereka akan menutup satu mata untuk tidur. Mungkin karena kebiasaan ini, beberapa lumba-lumba sering terlihat berputar-putar di dalam air ketika sedang tidur.

3. Beberapa burung tertidur di udara saat bermigrasi

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udarathespruce.com

Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah teori bahwa beberapa spesies burung yang bermigrasi dapat tidur di udara. Teori ini diperkuat karena mereka dapat terus terjaga selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan lamanya tanpa tidur.

Pada tahun 2016, Niels Rattenborg dari Institut Max Planck menerbitkan sebuah makalah yang membahas tentang kebiasaan tidur burung cikalang. Dalam makalah yang diterbitkan di Nature Communications, Planck menjelaskan kalau burung cikalang hanya tidur sekitar 12 jam di darat dan lebih sering menghabiskan waktu berminggu-minggu di atas lautan.

Studinya menemukan fakta kalau burung cikalang bisa tidur di udara dan masuk ke dalam kondisi tidur REM tanpa terjatuh. Hebatnya lagi, mereka memiliki kemampuan yang membuat mereka tidak menabrak burung lain saat sedang tertidur di udara.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

4. Reptil juga bisa bermimpi

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udarareptile.guide

Beberapa orang menganggap kalau hanya mamalia dan burung saja yang bisa mengalami tidur REM. Singkatnya, tidur REM adalah sebuah kondisi di mana kita dapat bermimpi. Reptil, amfibi, serangga, dan amuba tidak dapat bermimpi. Dari sudut pandang evolusi, hal ini cukup membingungkan karena burung jauh lebih dekat dengan reptil daripada kita.

Namun, penelitian terbaru Gilles Laurent dari Institut Max Planck telah mengubah asumsi umum ini. Ketika Laurent dan tim penelitinya menghubungkan pogona (bearded dragon) ke electroencephalogram (EEG), mereka mengetahui kalau reptil juga bisa "bermimpi" seperti mamalia dan burung.

Para ilmuwan pun berteori kalau mamalia, burung, dan reptil berbagi satu nenek moyang yang sama yang telah mengembangkan siklus tidur sekitar 300 juta tahun yang lalu.

5. Ikan tidur dalam kegelapan (dan dengan mata terbuka)

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udaratodayifoundout.com

Emmanuel Mignot dari Universitas Stanford melakukan studi menggunakan ikan zebra untuk melihat apakah mereka dapar menderita insomnia atau tidak. Saat lampu menyala, mereka tidak dapat tidur sama sekali. Saat lampu dimatikan, ikan-ikan itu akan mengambil "jatah" tidur siang untuk mengganti utang tidur mereka.

Bagi ikan, cahaya matahari (atau buatan) dapat memicu pelepasan hormon yang membuat mereka terus terjaga. Namun, ada beberapa spesies ikan yang tidak terpengaruh sama sekali dengan siklus cahaya. Ikan juga tertidur tanpa menutup matanya karena mereka tidak memiliki kelopak mata.

6. Ikan kakatua tidur di dalam gelembung

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udaraamericandivers.net

Ikan kakatua mungkin menjadi salah satu spesies ikan yang "nyentrik." Pertama-tama, mereka memakan terumbu karang, kemudian sering mengubah warna dan jenis kelamin mereka sendiri. Selain itu, mereka juga dapat mengaktifkan kelenjar khusus di insangnya ketika akan tidur untuk membuat gelembung lendir di sekitarnya.

Selama bertahun-tahun, para peneliti terus memperdebatkan mengapa ikan kakatua melakukan hal ini. Alexandra Grutter, seorang peneliti dari Universitas Queensland, menganggap kepompong itu sebagai mekanisme pertahanan diri karena ikan kakatua rentan diserang oleh krustasea kecil yang disebut gnathiid isopoda.

Pada siang hari, "nyamuk laut" ini akan menjadi santapan para ikan sebelum mereka dapat menempel ke tubuh mereka. Namun pada malam hari, mereka dapat menempel pada ikan yang akan pergi tidur.

Grutter menguji teori ini dengan mengeluarkan beberapa ikan kakatua yang sedang tidur dari kepompongnya. Setelah dikeluarkan, mereka langsung menjadi rentan terhadap gnathiids. Ikan yang keluar dari kepompongnya akan diserang tanpa ampun sementara ikan yang sudah berada di dalam kepompong akan diabaikan.

7. Walrus bisa tidur di mana saja

7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udarapicturecorrect.com

Tahukah kalian kalau seekor walrus dapat terjaga selama 84 jam? Sementara beberapa mamalia tidak bisa menahan rasa kantuk mereka, walrus dapat "begadang" untuk waktu yang lama. Melansir dari NBC News, seekor walrus juga dapat tidur nyenyak hingga 19 jam sekaligus ketika sedang berada di darat.

Selain itu, mereka juga dapat tidur di mana saja ketika sudah mengantuk. Saat sedang berada di laut, walrus akan tidur terapung di permukaan air atau bahkan bersandar pada temannya yang sedang tertidur juga.

Namun, mereka tidak akan berlama-lama "ngebo" di dalam air karena seekor walrus perlu menghirup udara secara teratur. Terkadang, mereka akan menggali lapisan es lalu tidur di dalamnya, tentunya dengan tubuh di dalam lubang dan kepala yang menghadap ke luar.

Selain hewan-hewan yang sudah disebutkan di atas, penelitian juga membuktikan kalau ada beberapa hewan yang tidak dapat tertidur. Salah satunya adalah paus orca, yang tidak bisa tidur sampai 3-4 minggu setelah dilahirkan.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Tentang Kematian Hewan, Apakah Hewan Bisa Bunuh Diri?

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya