Comscore Tracker

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Surya

Lebih besar dari pluto

Eris adalah dwarf planet yang terletak di balik Sabuk Kuiper, khususnya di wilayah yang dikenal sebagai cakram yang berserakan. Pernah diklaim sebagai planet ke-10 di sistem tata surya, berikut ini 8 fakta menarik dwarf planet terbesar Eris. 

1. Ditemukan pada tahun 2003

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryajpl.nasa.gov

Eris pertama kali terlihat pada 21 Oktober 2003 lewat teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar dan teleskop 8m Gemini di Mauna Kea, Hawaii oleh ME Brown, CA Trujillo, dan D. Rabinowitz. Sejak pertama kali terlihat, Eris tak terlihat hingga 15 bulan kemudian, hingga akhirnya terlihat lagi pada Januari 2005.

Selain tim Brown, penemu lainnya adalah Chad Trujillo dari Observatorium Gemini di Hawaii, dan David Rabinowitz dari Universitas Yale.

2. Pernah diklaim sebagai planet ke-10

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryacbc.ca

Sejak ditemukan, penyebutan objek ini sebagai planet menjadi perdebatan. Meskipun Eris dipercaya sebagai bagian dari Sabuk Kuiper, tapi karena ukuran diameternya yang besar saat ditemukan, antariksawan berani melabelinya sebagai planet ke- 10, setelah Pluto di nomor sembilan pada Juli 2005.

Namun dengan kebijakan baru, pada 24 Agustus 2006, para ilmuwan Persatuan Astronomi Internasional akhirnya sepakat memutuskan status Eris adalah sebagai planet katai atau dwarf planet.

3. Objek terjauh dari matahari

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryaapod.nasa.gov

Eris adalah planet katai atau planet kerdil (dwarf planet) dengan orbit eksentrik yang memiliki jarak antara 37,77 AU hingga 97,56 AU dari matahari. Eris berjarak hampir 15 miliar kilometer (sembilan miliar mil) atau sekitar tiga kali jarak pluto dari matahari. Dibanding bumi, jaraknya 97 kali dibanding jarak bumi-matahari. 

Baca Juga: 5 Planet dengan Percepatan Gravitasi Paling Tinggi, Apa Efeknya?

4. Ukurannya lebih besar dari pluto

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryauniversetoday.com

Dengan diameter 2.326 km dan massa 27%, tentu saja Eris memiliki ukuran lebih besar dari pluto. Pluto sendiri memiliki diameter 1.188 km. 

5. Mempunyai satu satelit

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryastarchild.gsfc.nasa.gov

Eris memiliki satu satelit yang berdiameter 500 km disebut Dysnomia yang ditemukan pada 10 September 2005. Dysnomia memakan waktu hingga 16 hari untuk menyelesaikan sekali orbit.

6. Permukaan yang terdiri dari es

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryadeviantart.com

Dengan jaraknya yang jauh dari matahari, membuat atmosfer Eris membeku. Kemudian terlihat bersinar dan mencerminkan lebih banyak cahaya dibandingkan saat salju baru turun, hal itu berlangsung selama ratusan tahun dan ketika Eris semakin dekat dengan matahari, atmosfer kemudian mencair.

Suhu permukaan Eris diperkirakan sekitar -217 derajat Celsius sampai -243 derajat Celsius dan seperti pluto kemungkinan Eris terdiri dari es beku dan metana. 

7. Membutuhkan waktu lama untuk berevolusi

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryaio9.gizmodo.com

Revolusi adalah peristiwa perputaran planet mengelilingi matahari. Lagi lagi karena jaraknya yang jauh dari matahari dan terletak di balik Sabuk Kuiper, Eris membutuhkan waktu 557 tahun bumi untuk menyelesaikan sekali mengorbit matahari.

8. Pernah berganti nama

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryashutterstock.com

Pada saat penemuannya objek ini bernama Xena, karena dikira akan menjadi planet ke-10 sebelum pluto dikeluarkan dari kategori planet, kemudian diganti menjadi Eris yang disah kan oleh IAU. Nama Eris diusulkan oleh salah satu penemunya, Michael Brown.

Nama Eris berasal dari nama dewi di mitologi Yunani yang merepresentasikan perpecahan dan perselisihan atau ketidak harmonisan. Hal ini tak lepas dari munculnya perselisihan yang untuk menentukan apakah Eris layak dikategorikan sebagai planet. Bahkan nama 'Eris' sendiri baru diberikan 1,5 tahun setelahnya. 

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Seputar Matahari dan Planet di Tata Surya, Sudah Tahu?

Sherly Sherly Photo Verified Writer Sherly Sherly

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You