8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Surya

Lebih besar dari pluto

Eris adalah dwarf planet yang terletak di balik Sabuk Kuiper, khususnya di wilayah yang dikenal sebagai cakram yang berserakan. Pernah diklaim sebagai planet ke-10 di sistem tata surya, berikut ini 8 fakta menarik dwarf planet terbesar Eris.

1. Ditemukan pada tahun 2003

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryajpl.nasa.gov

Eris pertama kali terlihat pada 21 Oktober 2003 lewat teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar dan teleskop 8m Gemini di Mauna Kea, Hawaii oleh ME Brown, CA Trujillo, dan D. Rabinowitz. Sejak pertama kali terlihat, Eris tak terlihat hingga 15 bulan kemudian, hingga akhirnya terlihat lagi pada Januari 2005.

Selain tim Brown, penemu lainnya adalah Chad Trujillo dari Observatorium Gemini di Hawaii, dan David Rabinowitz dari Universitas Yale.

2. Pernah diklaim sebagai planet ke-10

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryacbc.ca

Sejak ditemukan, penyebutan objek ini sebagai planet menjadi perdebatan. Meskipun Eris dipercaya sebagai bagian dari Sabuk Kuiper, tapi karena ukuran diameternya yang besar saat ditemukan, antariksawan berani melabelinya sebagai planet ke- 10, setelah Pluto di nomor sembilan pada Juli 2005.

Namun dengan kebijakan baru, pada 24 Agustus 2006, para ilmuwan Persatuan Astronomi Internasional akhirnya sepakat memutuskan status Eris adalah sebagai planet katai atau dwarf planet.

3. Objek terjauh dari matahari

8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Suryaapod.nasa.gov

Eris adalah planet katai atau planet kerdil (dwarf planet) dengan orbit eksentrik yang memiliki jarak antara 37,77 AU hingga 97,56 AU dari matahari. Eris berjarak hampir 15 miliar kilometer (sembilan miliar mil) atau sekitar tiga kali jarak pluto dari matahari. Dibanding bumi, jaraknya 97 kali dibanding jarak bumi-matahari.