Comscore Tracker

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah Ruah

Sebagian besar didominasi oleh Rusia

Gas alam dihasilkan melalui proses yang sama dari perengkahan termal geologis yang menghasilkan minyak bumi dari kerogen. Akibatnya, minyak dan gas alam seringkali ditemukan bersama-sama.

Berbicara soal kawasan penghasil gas alam terbesar di dunia, hampir 80 persen ladang gas alam dunia terletak di sepuluh negara. Sebagian besar didominasi oleh Rusia yang menyumbang hampir seperempat dari total cadangan gas global. Penasaran di mana saja sumber gas alam terbesar di dunia? Simak deretan ladang gas alam terbesar di dunia berikut.

1. South Pars, Iran dan Qatar

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah RuahSouth Pars (tehrantimes.com)

Ditemukan pada tahun 1971, ladang gas alam South Pars adalah ladang gas alam terbesar yang pernah ditemukan. Perkiraan dari International Energy Agency (IEA) menyatakan bahwa South Pars saja memiliki cadangan yang dapat dipulihkan sebanyak gabungan semua ladang gas alam yang diketahui saat ini.

Lapangan tersebut memiliki kapasitas sekitar 1.800 triliun kaki kubik gas dan kondensat sekitar 50 miliar barel. South Pars adalah nama yang diberikan kepada bagian Iran dari ladang gas yang luasnya sekitar 1.400 mil persegi di bawah perairan teritorial Iran. North Dome berukuran 2.300 mil persegi yang terletak di perairan teritorial Qatar.

2. Urengoy, Rusia

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah RuahUrengoy (hydrocarbons-technology.com)

Peringkat kedua secara global berdasarkan kapasitas dan ukuran adalah ladang gas Urengoy. Ladang gas ini ditemukan di utara Cekungan Siberia Barat. Kapasitas lapangan diperkirakan sekitar 222 triliun kaki kubik.

Lapangan ini ditemukan pada tahun 1966 dan tanggal 6 Juli pada tahun yang sama dimulai lubang pengeboran pertama. Namun, produksi gas alam dari lapangan tersebut baru dimulai dua belas tahun kemudian pada tahun 1978. Ladang gas Urengoy menghasilkan sekitar 9,2 miliar kaki kubik gas dan lebih dari 825.000 ton minyak setiap tahun.

3. Yamburg, Rusia

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah RuahYamburg (wikimapia.org)

Yamburg menempati urutan ketiga di antara ladang gas terbesar berdasarkan kapasitas. Ladang ini diketahui menampung sekitar 138 triliun kaki kubik gas alam. Ladang gas ini juga terletak di Cekungan Siberia Barat Rusia sekitar 92,3 mil sebelah utara Lingkaran Arktik.

Lapangan Yamburg meliputi area seluas 3.410 mil persegi. Ditemukan pada tahun 1969, pengembangan di lapangan Yamburg dimulai pada tahun 1980 dan untuk produksi gas alamnya sendiri baru dimulai enam tahun kemudian pada tahun 1986.

Baca Juga: Nomor 1 di Dunia, RI Bisa Raup Rp59 T dari Nikel jika Bikin Baterai EV

4. Hassi R’Mel, Aljazair

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah RuahHassi R’Mel (petroleumafrica.com)

Ladang gas terbesar keempat adalah Hassi R’Mel yang terletak di Aljazair dan memiliki kapasitas diperkirakan sekitar 123 triliun kaki kubik. Ladang gas alam Hassi R'Mel telah memulihkan setidaknya 81,35% dari total cadangan yang dapat diperoleh kembali dengan produksi puncak pada 1999. 

Berdasarkan asumsi ekonomi, produksi gas alam dari ladang ini akan terus berlanjut hingga mencapai batas ekonominya pada tahun 2046. Saat ini, Hassi R’Mel telah menyumbang sekitar 23% dari produksi harian pada negara tersebut.

5. Shtokman, Rusia

5 Ladang Gas Alam Terbesar di Dunia, Gasnya Melimpah RuahShtokman (nrgedge.net)

Ladang Shtokman adalah pengembangan gas yang dikendalikan oleh Rusia di pusat sektor Laut Barents Rusia, sekitar 370 mil (500km) utara Semenanjung Kola. Ladang gas ini diperkirakan menjadi salah satu cadangan gas alam terbesar di dunia dengan cadangan diperkirakan mencapai 3,8 triliun meter kubik gas alam dan sekitar 37 juta ton kondensat gas.

Gas ditemukan di daerah ini pada tahun 1988, tetapi sumber daya tidak dikembangkan lebih awal karena kedalaman laut bervariasi dari 320 meter hingga 340 meter dan kondisi Arktik yang sangat dingin. Perusahaan yang berhak mengeksplorasi dan memproduksi gas dari lapangan ini adalah Sevmorneftegaz, yang merupakan anak perusahaan Gazprom.

Gas alam merupakan salah satu bahan energi yang masih paling banyak dibutuhkan hingga saat ini. Lima tempat di atas menjadi penghasil terbesar sekaligus pemenuh permintaan gas alam bagi dunia.

Baca Juga: 10 Fakta Kanada, Negara Modern yang Masih Andalkan Sumber Daya Alam

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya