Comscore Tracker

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Ada yang mencapai panjang hingga 24 kaki

Laut bukan satu-satunya tempat ikan raksasa dapat ditemukan. Di daerah seperti sungai atau danau banyak juga, lho, spesies-spesies ikan raksasa yang dapat ditemukan. Bahkan, ada yang tergolong sebagai hewan purba.

Penasaran spesies ikan air tawar apa saja yang berukuran paling besar? Kalau iya, simak 10 spesies ikan air tawar terbesar di dunia berikut ini. Ada yang mencapai panjang hingga 8 meter!

1. Beluga

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaBeluga (instagram.com/rostislav_stefanek)

Beluga adalah spesies ikan sturgeon yang mendiami sebagian Laut Hitam dan Laut Kaspia. Beluga dapat terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Beluga dianggap sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.

Beberapa ikan beluga terbesar yang pernah ditemukan bahkan mencapai panjang hampir 7,3 meter dan berat lebih dari 1,6 ton. Beluga menetaskan telurnya di sungai air tawar, kemudian menjalani kehidupan dewasanya di air asin, lalu kembali ke hulu untuk bertelur. Beluga sendiri diketahui merupakan salah satu spesies ikan yang terancam punah.

2. Ikan lele raksasa Mekong

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaIkan Lele Raksasa Mekong (instagram.com/cicitraveller)

Banyak spesies lele dapat tumbuh hingga berukuran raksasa, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan lele raksasa Mekong di Asia Tenggara. Ikan ini diketahui dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya dan berat lebih dari 300 kg.

Karena sering ditangkap, kini spesies lele raksasa Mekong masuk ke dalam daftar sebagai hewan yang terancam punah. Meskipun mereka sekarang dilindungi oleh undang-undang nasional di Thailand dan Laos, mereka kemungkinan besar akan tetap terancam punah karena pembangunan bendungan hulu di Sungai Mekong.

3. Alligator Gar

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaAlligator Gar (instagram.com/polypterusdragon)

Alligator gar merupakan ikan terbesar kedua di Amerika Utara. Ikan ini memiliki dua baris gigi besar dan moncong seperti buaya. Ikan ini termasuk ke dalam ikan karnivora yang dapat hidup di air tawar dan air asin.

Mereka hidup hingga 50 tahun dan memiliki sedikit predator alami. Kamu bisa menemukan ini di lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah dan di perairan negara bagian Pantai Teluk.

4. Arapaima

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaArapaima (instagram.com/kazu_aqua14)

Arapaima merupakan ikan raksasa yang pertama kali dijumpai di Sungai Amazon. Arapaima telah ada sejak Miosen dan dianggap sebagai fosil hidup. Ikan ini dulunya mampu tumbuh hingga panjang 3 meter dan berat 300 kilogram.

Namun, akibat penangkapan berlebihan, ikan ini sekarang hanya mampu tubuh mencapai sekitar enam panjang kaki dan 125 kg. Arapaima termasuk ikan yang unik karena mampu menghirup udara dan dapat bertahan hidup hingga 24 jam di luar air.

5. Ikan pari air tawar raksasa

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaIkan Pari Air Tawar Raksasa (instagram.com/aquariaklcc)

Salah satu spesies air tawar terbesar di dunia, ikan pari raksasa pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada 1990-an. Ikan air tawar ini dapat tumbuh hingga ukuran besar dengan beberapa beratnya lebih dari 590 kg dan berukuran hampir 4,6 meter.

Ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara. Mereka memiliki ekor yang panjangnya mencapai 38 cm dengan paku bergerigi yang mampu menusuk tulang dan menyuntikkan racun. Sayangnya, ikan pari air tawar raksasa terancam punah karena penangkapan ikan dan hilangnya habitat.

Baca Juga: Resep Ikan Pari Asap Bumbu Balado, Rasanya Nendang Abis! 

6. Paddlefish

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaIkan Dayung (instagram.com/predatoryfins_official)

Paddlefish atau ikan dayung merupakan ikan yang dapat tumbuh berkisar antara lima hingga tujuh kaki dengan berat sekitar 27 kg. Sejauh ini tersisa dua spesies paddlefish yang masih hidup, yakni paddlefish China dan Amerika.

Paddlefish China kadang-kadang dapat tumbuh hingga berukuran sepanjang 3 meter dan kini keberadaannya sangat terancam punah. Sementara itu, paddlefish Amerika yang menghuni Great Lakes di Kanada juga terdaftar sebagai hewan yang rentan.

7. Barb raksasa

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaBarb Raksasa (instagram.com/blackaquarium)

Barb raksasa adalah spesies ikan mas terbesar dibandingkan ikan mas lainnya. Spesies ikan mas ini secara teratur tumbuh hingga 3 meter panjangnya. Meskipun mereka tumbuh dengan ukuran besar, ikan ini tidak berbahaya.

Mereka senang memakan organisme kecil seperti ganggang, fitoplankton, dan kadang-kadang buah. Barb raksasa sangat terancam punah karena penangkapan ikan yang berlebihan dan hilangnya habitat.

8. Ikan sturgeon putih

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaIkan Sturgeon Putih (instagram.com/idahohighcountry)

Disebut sebagai ikan air tawar terbesar di Amerika Utara, sturgeon putih dapat tumbuh hingga 3 hingga 6 meter panjangnya dan beratnya hampir satu ton. Ikan ini termasuk ke dalam ikan purba yang penampilannya tidak berubah dalam 175 juta tahun.

Ditemukan di sepanjang Pantai Barat Amerika Utara dan sejauh utara Kepulauan Aleutian, sturgeon putih senang mendiami daerah sungai, muara, dan laut. Mereka bermigrasi ke hulu untuk bertelur dan memiliki umur 80 hingga 100 tahun.

9. Nile perch

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaNil Perch (instagram.com/lrftutkunu)

Nile perch merupakan ikan air tawar terbesar di Benua Afrika. Ikan ini mampu tumbuh mencapai panjang maksimum enam kaki dan ikan ini biasanya banyak dijumpai dengan panjang berkisar dari dua setengah hingga tiga setengah kaki.

Ikan ini sendiri dikategorikan sebagai spesies invasif yang berbahaya. Hal itu dibuktikan melalui lebih dari 200 spesies asli telah punah di Danau Victoria akibat kemunculan ikan nile perch.

10. Taimen Siberia

10 Spesies Ikan Air Tawar Terbesar di DuniaTaimen Siberia (instagram.com/artelshik)

Taimen Siberia adalah spesies terbesar dalam keluarga salmon. Ikan ini dapat mudah dijumpai di sungai dan danau air tawar di Rusia, Mongolia, dan Asia Tengah. Ikan taimen Siberia memiliki reputasi sebagai predator agresif dan memakan makhluk seperti tikus dan burung. Taimen Siberia terdaftar sebagai hewan yang rentan dengan penurunan populasi karena polusi dan olahraga memancing.

Kita telah melihat 10 ikan air tawar terbesar di dunia. Sebagian besar spesies di atas banyak dalam status terancam punah. Sudah saatnya kita lebih peduli terhadap perlindungan ikan-ikan di atas supaya mereka tidak mengalami kepunahan.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan yang Biasa Dijadikan Ikan Asap, Ada Favoritmu? 

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya