Comscore Tracker

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal Beracun

Jangan sesekali menyantapnya saat tersesat di hutan

Tersesat di hutan merupakan mimpi buruk yang tidak diinginkan semua orang untuk menjadi kenyataan. Namun, bila kamu harus mengalami situasi mengerikan seperti ini, kamu harus tetap tenang dan tidak perlu khawatir berlebihan.

Saat bertahan hidup di alam liar, pastikan kebutuhan air dan makanan kamu tercukupi. Terkadang kamu bisa menemukan berbagai macam jenis tanaman yang kelihatannya dapat dikonsumsi. Namun, tidak semua tanaman yang tampak seperti makanan itu aman dikonsumsi.

Berikut sepuluh macam tanaman yang terlihat seperti makanan tetapi sebenarnya sangat beracun. Jangan dikonsumsi, ya! 

1. Giant hogweed

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunGiant Hogweed (instagram.com/the_floral_dolly_)

Giant hogweed adalah tanaman asli Eropa yang sekarang dianggap sebagai gulma berbahaya oleh pemerintah federal. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian hingga 14 kaki dan tangkai berbulu dengan bunga putih. Tanaman ini sangat mirip dengan wortel liar yang dikenal pula sebagai Queen Anne’s lace.

Karena mirip, serin gkali orang mengira giant hogweed sebagai wortel liar yang dapat dikonsumsi. Padahal, tanaman ini sangatlah beracun. Tanaman ini dapat menyebabkan luka lepuh pada kulit jika disentuh dan getahnya dapat membuat kebutaan pada mata. Apabila dikonsumsi, dapat menyebabkan peradangan dan kematian.

Untuk membedakan tanaman ini dengan wortel liar (Queen Anne’s lace), kamu bisa mengamati ukuran tanaman dan batang pohonnya. Queen Anne’s lace berukuran lebih kecil dibandingkan giant hogweed. Selain itu, giant hogweed memiliki bintik-bintik ungu pada batangnya.

2. Moonseed

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunMoonseed (outdoorlife.com)

Moonseed adalah tanaman seperti anggur yang menghasilkan bunga putih, daun hijau tua, dan buah beri bewarna ungu kebiruan. Moonseed paling sering muncul di daerah hutan atau di sepanjang tepi sungai dan bisa tampak menggugah selera. Namun, semua bagian dari tanaman ini beracun dan harus dihindari.

Jika dikonsumsi, moonseed dapat menyebabkan sakit perut yang parah. Ia juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan dan juga diketahui dapat menyebabkan kelumpuhan serta kematian.

Buah ini sangat mirip dengan anggur. Hal yang membedakan moonseed dengan anggur adalah bentuk bijinya. Buah moonseed memiliki biji berbentuk bulan sabit sedangkan buah anggur memiliki biji bulat. Jadi, pastikan kamu memeriksa bijinya sebelum memakannya saat berada di alam liar. 

3. Horse nettle

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunHorse Nettle (instagram.com/balasantitherapist)

Buah dari tanaman horse nettle terlihat seperti tomat ceri kecil berwarna kuning atau kehijauan. Sekilas buahnya terlihat sangat nikmat, namun buah ini memiliki sejumlah racun dan alkaloid yang dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan, sembelit, diare, masalah pernapasan, dan kematian saat dikonsumsi.

Horse nettle dapat ditemukan di seluruh daerah AS yang beriklim sedang. Saat kamu tersesat di hutan, sebaiknya jangan pernah tergoda untuk menyantap buah yang satu ini.

4. Rhododendron

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunRhododendron (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Rhododendron adalah tanaman beracun yang biasa tumbuh di Pegunungan Appalachian dan di sepanjang pantai timur Amerika Utara. Saking beracunnya, tanaman ini pun dijuluki sebagai "semak bunuh diri".

Jika dikonsumsi, rhododendron dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan, seperti halusinasi, diare, dan bahkan kematian. Sering kali, daun tanaman ini salah dikenali sebagai daun salam manis yang dapat dikonsumsi. Padahal, kedua daun tersebut berbeda.

Supaya tidak salah mengira, kamu bisa membedakannya dengan cara mengamati warna daun dan aroma. Daun salam memiliki warna yang sama di kedua sisi dan memiliki bau yang manis, sedangkan daun rhododendron memiliki warna yang berbeda di setiap sisi dan tidak memiliki aroma.

5. Holly

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunHolly (survivalfreedom.com)

Holly berasal dari wilayah timur dan selatan Amerika Serikat. Meskipun daunnya dapat digunakan untuk membuat teh, namun buah beri merahnya terkenal beracun. Buah holly bahkan diketahui bisa membunuh orang yang memakannya.

Jika tidak sengaja mengonsumsi buahnya, kamu akan mengalami gejala seperti muntah, diare, dan dehidrasi. Jika kamu ingin bertahan hidup di alam liar, sebaiknya jangan pernah coba-coba untuk memakan buah yang satu ini.

Baca Juga: 9 Ide Tanaman Hias buat Tropical Garden, Taman Kian Eksotis

6. Pokeweed

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunPokeweed (wagwalking.com)

Pokeweed umumnya ditemukan di seluruh Midwest, Gulf Coast, dan wilayah timur Amerika Serikat. Akar, daun, batang, dan buah dari tanaman ini semuanya beracun bagi manusia dengan jumlah toksisitas tertinggi yang terkonsentrasi pada buah beri.

Jika dikonsumsi, pokeweed dapat menyebabkan muntah, kejang, dan kelumpuhan pada organ pernapasan yang dapat menyebabkan kematian. Para ahli sangat menyarankan untuk menghindari semua kontak dengan tanaman ini karena residunya dapat meresap ke dalam kulit dan menyebabkan seseorang menjadi sakit.

Pokeweed sering memiliki batang hijau-putih halus yang mengecil menjadi warna keunguan. Daun tanaman ini biasanya berwarna hijau cerah dan buahnya berwarna hitam keunguan.

7. Buckeye

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunBuckeye (farmanddairy.com)

Beberapa spesies pohon buckeye tumbuh di seluruh Amerika Serikat bagian tengah dan timur. Tanaman ini memiliki kacang yang sangat beracun. Kacang buckeye memiliki cangkang cokelat mengilap yang dikelilingi oleh kulit bertekstur kusam.

Sekilas terlihat mirip dengan kacang hickory. Bedanya adalah hickory memiliki daging kacang seperti kenari atau kemiri. Selain itu, buckeye juga mirip dengan chestnut. Jadi, berhati-hatilah agar kamu tidak salah membedakan keduanya, karena chestnut memiliki kulit yang mengilap di bawah kulit luarnya. 

8. Virginia creeper

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunVirginia Creeper (outdoorlife.com)

Virginia creeper adalah spesies anggur tengah dan timur yang sering disalahartikan sebagai poison ivy. Padahal, virginia creeper memiliki lima lembar daun dan bukan tiga lembar seperti yang dimiliki oleh poison ivy.

Tanaman merambat Virginia ini tumbuh di utara Manitoba dan selatan Texas. Tanaman ini memiliki daun yang dapat menyebabkan ruam pada kulit. Selain itu, buah beri keunguan dari tanaman ini juga diketahui beracun yang bisa menyebabkan kematian pada manusia yang mengonsumsinya.

9. Jarak

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunJarak (thegorbalsia.com)

Tanaman jarak merupakan tanaman yang sudah tidak asing di telinga kita. Tanaman jarak memiliki buah, namun buahnya tidak boleh dikonsumsi manusia. Hal ini karena kandungan risin yang tinggi dalam bijinya. 

Bila dikonsumsi manusia, biji jarak dapat menyebakan mual, diare, hipotensi, dan kejang yang bisa bertahan hingga seminggu. Makan lebih dari empat biji jarak berpotensi mematikan bagi orang dewasa.

10. Wisteria

Waspada, 10 Tanaman Liar Ini Terlihat Seperti Makanan padahal BeracunWisteria (outdoorlife.com)

Wisteria terlihat sangat mirip dengan kacang polong dan buncis. Namun, bukan berarti tanaman yang satu ini dapat dimakan seperti keduanya. Wisteria rupanya mengandung glikosida yang beracun jika dikonsumsi.

Nah, itulah sepuluh tanaman liar yang tampak seperti makanan, namun sebenarnya beracun. Jangan sampai salah mengira dan hindari konsumsi tanaman di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor Ini Berisiko Memicu Alergi, Ketahui Sebelum Terlambat

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya