Comscore Tracker

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbeda

#Sainseru Ini bisa terjadi secara tiba-tiba pada kita lho

Mayoritas orang Indonesia memiliki mata berwarna gelap, yaitu hitam dan cokelat. Namun, melihat orang luar memiliki warna mata yang berwarna-warni seperti biru atau hijau, pasti terlihat lebih indah. Akhirnya, seringkali kita memilih memakai lensa mata untuk membuat mata lebih indah.

Kalian mungkin belum pernah mendengar tentang heterochromia, tetapi mungkin pernah melihat seseorang dengan kondisi tersebut. Orang-orang dengan mutasi unik ini memiliki iris yang sebagian atau seluruhnya berbeda warna. Orang-orang tertentu dapat memiliki satu mata biru dan satu mata cokelat. Heterochromia adalah kata Yunani, yang berarti "warna berbeda," dan istilah medisnya adalah Heterochromia Iridis atau Iridium, tergantung pada jenisnya.

Kondisi ini telah mempengaruhi manusia selama berabad-abad. Dan itu muncul pada orang-orang dari berbagai negara. Berikut fakta-fakta dari heterochromia.

1. Heterochromia sangat berkaitan dengan distribusi melanin

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://icrcat.com

Untuk lebih memahami mengapa heterochromia terjadi, pertama-tama kita harus memahami sedikit tentang warna mata. Warna di mata kita sebenarnya adalah manifestasi pigmen di iris; tergantung pada deposit melanin. Mata coklat memiliki banyak deposit melanin, sedangkan mata biru memiliki kekurangan deposit melanin.

Ada dua gen yang mengontrol warna mata. Satu di kromosom 15 untuk mata coklat, dan satu di kromosom 19 untuk mata hijau atau biru. Meskipun kita tidak tahu persis bagaimana kedua gen berinteraksi satu sama lain, kita tahu bahwa mereka mendikte setoran warna.

Sesekali, distribusi melanin tidak seragam di mata, dan heterochromia terjadi. Mata tidak memiliki tingkat melanin yang seragam, jadi bagian mata mengekspresikan warna yang berlawanan.

2. Ada tiga jenis heterochromia yang berbeda

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://upload.wikimedia.org

Tidak setiap kasus heterochromia adalah sama. Ada tiga jenis kondisi, masing-masing terlihat sangat berbeda dari yang lain. Dalam kasus heterochromia lengkap, orang memiliki mata yang sama sekali berbeda. Dalam kasus heterochromia sektoral, juga dikenal sebagai heterochromia parsial, satu bagian dari iris berbeda dari yang lain. Namun, seluruh mata tidak terpengaruh, bagian-bagiannya mungkin memiliki bercak berwarna berbeda.

Kasus heterochromia sentral bahkan lebih jarang. Orang yang terkena memiliki dua warna berbeda di iris yang sama. Ini paling sering terjadi dengan mata yang lebih terang, dan lingkaran warna akan muncul. Mata mungkin juga memiliki warna yang menonjol keluar dari cincin pusat iris. Dalam kasus ini, warna luar dianggap warna mata yang sebenarnya.

3. Satu dari seratus orang Amerika mengidap heterochromia

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://citelighter-cards.s3.amazonaws.com

Sementara kondisi ini cenderung terjadi pada kucing dan anjing, lebih sulit untuk diperhatikan pada manusia. Dalam beberapa kasus, heterochromia ada tanpa terdeteksi kecuali mata terkena kondisi cahaya tertentu. Terkadang, itu hanya terlihat di foto. Selain warna mata, tidak ada tanda atau gejala heterochromia.

Namun, sekitar satu dari seratus orang di Amerika Serikat memiliki beberapa bentuk kondisi dari heterochromia.

Baca Juga: Benarkah Robot Akan Gantikan Manusia di Masa Depan? Ini 6 Prediksinya!

4. Turunan dari orangtua juga bisa

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://i.pinimg.com

Untuk sebagian besar, heterochromia ditularkan secara genetik. Mata multi-warna sebenarnya dominan, jadi jika salah satu orangtua memiliki kondisi ini ada kemungkinan 50 persen keturunannya akan memiliki kondisi yang sama.

Menariknya, meskipun, beberapa orang dengan kondisi tersebut tidak memiliki orangtua dengan tanda-tanda heterochromia.

5. Perubahan genetika tertentu dapat menyebabkan heterochromia

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://imgix.ranker.com

Heterochromia juga bisa terjadi karena mosaik genetik. Perubahan genetik ini terjadi ketika seseorang memiliki lebih dari satu populasi sel yang berbeda secara genetis. Orang dengan mosaikisme memiliki sel-sel yang berbeda secara genetik dari satu zigot tunggal atau telur yang dibuahi. Pada dasarnya, tubuh memiliki arah genetik untuk dua versi berbeda. Jadi, akan berakhir dengan warna yang berbeda di setiap mata ketika perbedaan DNA itu terjadi pada gen yang mempengaruhi warna mata.

6. Jika heterochromia terjadi tiba-tiba, segera pergi ke dokter

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://qph.fs.quoracdn.net

Ada beberapa kasus langka ketika heterochromia muncul entah dari mana di kemudian hari dalam kehidupan seseorang. Dalam kasus ini, kondisinya bisa sangat berbahaya. Acuan heterochromia, seperti yang disebutnya, terjadi ketika beberapa jenis penyakit, atau faktor lingkungan yang memengaruhi pigmentasi mata. Jika ada semacam trauma okular dari kecelakaan, operasi, atau infeksi, warna iris bisa menjadi lebih gelap atau lebih terang.

Heterochromia yang didapat ini juga dapat terjadi jika ada tumor di dekat mata. Jika seseorang mengidap diabetes mellitus, atau jika orang tersebut mengidap sindrom Posner-Schlossman. Obat glaukoma bahkan bisa menyebabkan perubahan warna mata. Jika kalian merasa warna mata kalian berubah, segera periksakan ke dokter.

7. Banyak hewan berbeda mengidap heterochromia

7 Fakta Heterochromia, Orang yang Lahir dengan Warna Mata Berbedahttps://imgix.ranker.com

Heterochromia sebenarnya lebih umum pada hewan daripada pada manusia. Ini bahkan lebih umum pada hewan tertentu, seperti husky atau kucing Turki. Sebagian besar hewan dengan heterochromia tidak menderita kondisi medis yang serius.

Nah, itu dia fakta dari heterochromia yang terjadi pada manusia maupun hewan. Umumnya heterochromia banyak ditemukan pada ras Kaukasia (sebagian besar untuk penghuni Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, dan India Utara) atau dalam beberapa kasus lain pada ras berkulit putih.

Baca Juga: Ini 6 Penyebab Kenapa Kita Tiba-tiba Cegukan Menurut Para Ahli Medis

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya