Comscore Tracker

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumi

Ilmunya jadi dasar pengetahuan modern

Isaac Newton (1642-1727) adalah tokoh matematika, astronom, filsuf alam dan fisikawan besar yang hidup pada awal abad pencerahan di Eropa. Sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan sangat besar dan berpengaruh hingga saat ini. Bahkan Michael Hart dalam bukunya yang berjudul “Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah” menempatkan Newton sebagai urutan nomor dua setelah nabi Muhammad SAW. Sungguh luar biasa, ya.

Yuk, simak ulasan singkat tentang kehidupan Newton yang inspiratif ini!

1. Masa kanak-kanak yang penuh dengan kesendirian

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumibbc.com

Isaac Newton lahir pada pagi hari natal, tepatnya 25 Desember 1642. Ia lahir di Woolsthorpe, sebuah desa di Lincolnshire Inggris.  Pada pagi hari yang sangat dingin, ia lahir secara prematur. Orang-orang pun sempat menganggap Newton tidak akan mampu bertahan hidup.

Tahun-tahun pertama hidup Newton merupakan perjuangan yang cukup sulit. Ayahnya seorang petani kaya yang meninggal satu bulan setelah ia lahir. Sementara ibunya memilih menikah lagi, sehingga Newton pun terpaksa dititipkan pada neneknya. Masa kanak-kanaknya dihabiskan dengan membaca buku dan membuat sesuatu. Ia tidak dipedulikan oleh anak-anak sekampungnya yang menganggapnya sombong.

2. Berhasil membuat kincir angin, sejak saat itu kepintarannya selalu dipuji

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumikings.lincs.sch.uk

Ketika usia 12 tahun, Newton belajar di King’s School di Grantham. Di sana ia tidak bisa belajar dengan baik, dan dianggap bodoh oleh teman-temannya. Hal itu membuat Newton selalu diejek. Bahkan, Ia pernah dipukuli oleh teman-temannya yang memiliki tubuh lebih besar. Peristiwa ini membuat Newton marah besar, ia bertekad belajar lebih giat dan menunjukkan dirinya yang sebenarnya. Karena usahanya itu, Newton kemudian selalu  menjadi juara kelas.

Tak berhenti di situ, Newton berhasil membuat kincir angin. Kincir angin tersebut ia hubungkan dengan atap sebuah toko obat. Apabila angin bertiup, kincir itu akan berputar dengan cepat. Ketika angin berhenti bertiup kincir angin itu tetap berputar meski tidak sekencang saat ada hembusan angin. Bisa demikian dikarenakan newton telah memasukkan dua ekor tikus ke dalam kincir angin buatannya itu. Sejak saat itu banyak orang yang memuji kepintaran Newton, termasuk teman-teman sekolah yang dulu sering mengejeknya.

3. Masa muda yang penuh kesulitan membuat Newton harus bekerja lebih keras

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumisciencephoto.com

Paman Newton yang mengetahui bakat Newton mengirimnya ke Universitas Cambridge pada usia 18 tahun. Newton muda sebagai mahasiswa, ia sama sekali tidak menonjol. Bahkan, dia pernah tidak lulus mata kuliah geometri. Akan tetapi ia sangat suka membaca buku-buku matematika, fisika, astronomi, filsafat dan alkitab.

Newton melanjutkan pendidikan di Trinity College, University of Cambridge. Niatnya menjadi pendeta. Lagi-lagi dia mengalami kesulitan hidup. Untuk membiayai kuliah, ia terpaksa melakoni berbagai pekerjaan hingga berjam-jam setiap hari, termasuk bekerja untuk professornya.

Di kampus ini Newton dapat keberuntungan, professornya seorang ahli matematika ternama, Isaac Barrow mengetahui bakat Newton. Di bawah bimbingannya, Newton berhasil menemukan ‘teori binomial’. Selain itu, Newton juga menyelesaikan elemen-elemen kalkulus diferensial, pelajaran tingkat tinggi dari matematika yang membahas integral dan diferensial.

Kuliah nya pun selesai pada tahun 1665, tak lama sebelum wabah ‘black death’ melanda kota London. Karena ini, semua universitas ditutup selama wabah merajalela. Ia pun kembali ke peternakan milik keluarga yang waktu itu diurus oleh adiknya.

Baca Juga: Alfred Nobel: Penemu Dinamit yang Jadi Pendiri Penghargaan Nobel

4. Menemukan gaya gravitasi karena kejatuhan buah Apel, Newton mendapatkan kritik tajam atas penemuannya itu

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumiaboutmanchester.co.uk

Sekembalinya ke kampung halaman, newton melakukan penelitian mengenai teorema binomial, cahaya, teleskop, kalkulus dan teologi. Hasil pemikiran dan eksperimennya tersebut dituliskan dalam buku Principia.

Pada masa pengasingannya itu, ia berhasil menemukan Hukum Gravitasi yang sangat fenomenal. Kisahnya, berawal dari suatu hari di mana Newton duduk di bawah pohon apel. Tiba-tiba sebuah apel jatuh di atas kepalanya. Ia mulai berpikir, ‘mengapa apel itu jatuh ke bawah setelah meninggalkan pohonnya? Mengapa ia tidak naik ke atas?’

Dari sana, Newton mencetuskan hukum gravitasi;

"besarnya gaya tarik menarik suatu benda berbanding lurus dengan massa masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar keduanya"

Peristiwa ini terjadi ketika Newton berusia antara 24-25 tahun. Menemukan hukum gravitasi itu, ia pun harus menghadapi kritikan tajam. Hingga tahun 1684, Newton berhasil membuktikannya tanpa keraguan melalui tiga prinsip dasar hukum pergerakan. 

Menariknya, tiga prinsip dasar pergerakan ini sekarang dikenal sebagai Hukum Newton untuk menjelaskan bagaimana benda bergerak. Termasuk penjelasan bahwa planet beredar mengelilingi matahari dalam orbit yang berbentuk oval dan tidak bulat penuh.

5. Aktif dalam kegiatan kenegaraan

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumisciencesource.com

Siapa sangka, Newton bukan sekedar ilmuwan yang membosankan. Ia juga terpilih mewakili Universitas Cambridge menjadi anggota parlemen pada tahun 1689 dan 1690. Tak berhenti di situ, ia diangkat sebagai pelindung mata uang pemerintah Kerajaan Inggris pada tahun 1696 dan bertanggungjawab membongkar jaringan pemalsuan uang. Atas jasa-jasa Newton, Ratu Anne memberi gelar bangsawan kepadanya pada tahun 1705. Meski demikian ia selalu memperhatikan sikap sederhana yang selalu melayani masyarakat.

Newton memiliki bakat lain yang selama ini jarang disebut. Ia pun diketahui mampu mengadu untung di bursa saham dan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 32.000 poundsterling. Jumlah yang cukup fantastis pada saat itu.

Newton rupanya adalah sosok yang sangat disegani koleganya. Hal itu dapat dilacak dari terpilihnya sebagai presiden The Royal Society setiap tahun.

Di akhir hayatnya, ia tinggal di Cranburry Park dekat dengan Winchester. Newton meninggal pada 20 Maret dalam usia 85 tahun. Seumur hidupnya tidak ada catatan ia  pernah menikah. 

6. Karya-karya Newton yang berpengaruh bagi dunia

Isaac Newton: Si Jenius Penemu Teori Gravitasi Bumidnaindia.com

Newton bukan sekadar penemu gravitasi. Ini dia, beberapa buku Newton masih dapat dinikmati hingga kini.

  1. Chronology of Ancient Kingdoms dan Observations Upon the Prophecies of Danie (1728)
  2. Optics (1704)
  3. Method of Fluxion (1671)
  4. De Motu Corporum (1684)
  5. Philosophia Naturalis Principia Matematika (1687)

Itu dia kisah singkat hidup Isaac Newton. Tak berlebihan kan jika ia dijadikan sebagai orang paling berpengaruh nomor dua di dunia, sebab berkat karya-karya sains Newton, manusia dapat memahami dunia sekitarnya.

Baca Juga: Archimedes: Ahli Matematika dan Penemu Ulung dari Syracuse

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya