Comscore Tracker

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwan

Otak manusia memang sangat luar biasa!

Otak yang terdiri dari sekitar seratus miliar saraf merupakan pusat kendali dari tubuh manusia. Disebut sebagai salah satu organ paling menakjubkan, nyatanya hingga kini masih banyak para ilmuwan yang belum bisa menjelaskan secara gamblang bagaimana cara kerja otak.

Jika kamu penasaran, berikut ini tujuh misteri tentang otak manusia yang masih sulit dipercaya dan dijawab oleh para ilmuwan.

1. Misteri penyimpanan memori

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwanmedium.com

Menurut sebuah studi yang dimuat Scientific American, memori otak manusia memiliki kapasitas 2,5 petabyte. Studi tersebut juga menambahkan bahwa butuh waktu 300 tahun untuk menghabiskan semua kapasitas penyimpanan otak.

Itu artinya ada jutaan hal yang sudah terekam dalam memori. Namun, hingga kini masih tak ada yang tahu di mana memori itu berada saat seseorang tidak ingin memikirkan ingatan tersebut. Dan apakah setelah memori penuh, otak tidak bisa menyimpan ingatan baru lagi?

2. Cara otak saling berkoordinasi

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwantwitter.com/HumanBrainProj

Semua orang tentu pernah melakukan dua aktivitas sekaligus, seperti menulis sambil mendengarkan lagu. Otak menjadi mesin pengeditan yang rumit untuk membuat dua aktivitas tetap sejalan, bahkan ketika mata dan pendengaran memproses informasi berbeda. Hingga kini tak ada yang tahu bagaimana cara otak bekerja dalam hal tersebut.

3. Misteri memori pada pengidap kepribadian ganda

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwanverywellhealth.com

Pada pengidap kepribadian ganda, otak membuat pertahanan memori yang aneh. Identitas-identitas yang berbeda ini tidak bisa saling mengakses informasi ataupun saling menerobos memori. Lalu muncul pertanyaan, saat satu identitas menguasai tubuh, bagaimana cara otak menyembunyikan memori identitas yang lainnya?

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, karena masih belum ditemukan cara menyatukan memori atau kepribadian yang berbeda-beda tersebut. Terapi medis hanya berguna untuk mengobati trauma dan melatih kepribadian asli untuk lebih sering 'menidurkan' kepribadian yang lain.

4. Misteri kecerdasan manusia

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwanmedium.com

Jason Padgett, seorang laki-laki urakan tiba-tiba mendadak jadi genius matematika setelah mengalami kekerasan di sebuah bar. Para peneliti yakin dalam kasus Jason, cedera tersebut membantu sel-sel otak memunculkan koneksi-koneksi yang sebelumnya tidak ada.

Namun bagaimana miliaran neuron bekerja sama untuk memanipulasi pengetahuan masih belum diketahui. Hal tersebut memperkuat teori bahwa semua manusia sebenarnya memiliki kecerdasan yang tersembunyi. 

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Penyusutan Otak Seiring dengan Bertambahnya Usia

5. Asal muasal kepribadian terbentuk

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwantheatlantic.com

Banyak ilmuwan yang menyebut kepribadian dibentuk oleh gen, aspek psikologis, dan lingkungan. Namun mengapa anak kembar yang terlahir dengan gen yang sama, dan hidup di lingkungan yang sama, bisa memiliki kepribadian berbeda?

Artinya kepribadian dipengaruhi oleh rangsangan otak. Dan belum ada yang tahu pasti bagaimana cara otak membentuk kepribadian.

6. Ingatan yang datang dan pergi

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwanearth.com

Saat berusaha sekuat tenaga mengingat sesuatu, memori tersebut seakan hilang dari penyimpanan otak. Ternyata tindakan mengingat paksa dapat mengganggu kestabilan memori, kemudian membuat otak menjadi lupa ingatan sementara.

Tapi sebaliknya, saat tidak berusaha mengingat apa pun, memori yang tak penting seakan berlarian di kepala. Seperti isi lemari arsip kantor yang terhambur keluar pada saat bersamaan. Menurutmu, mengapa hal itu bisa terjadi?

7. Fenomena otak yang misterius

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwanzmescience.com

Deja Visite adalah salah satu fenomena otak yang muncul ketika berada di suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, namun merasa sangat emosional dan familier dengan tempat tersebut. Bahkan ada yang bisa mengingat dengan jelas kenangan yang dimiliki di tempat asing.

Karena hal itu, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa manusia berinkarnasi dan Deja Visite adalah bentuk kenangan di kehidupan sebelumnya. Namun sains modern belum meyakini konsep reinkarnasi, dan menganggap Deja Visite sebagai korsleting otak.

8. Misteri mimpi yang kompleks

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwannewatlas.com

Saat tidur, otak akan memanipulasi memori dan menciptakan mimpi dari pemikiran dan khayalan seseorang. Mimpi membantu melatih dan mempelajari ingatan, serta melupakan detail yang tidak penting.

Namun, tidak ada yang tahu pasti apa makna dari mimpi yang sebenarnya. Hal tersebut bagaikan teka-teki yang masih belum terjawab secara gamblang selama ribuan tahun.

9. Kecepatan otak memproses informasi

Belum Terjawab, 9 Misteri Otak Manusia yang Bikin Bingung Para Ilmuwangeneticliteracyproject.org

Sensor pengenalan wajah digital lebih lambat dalam hal mendeteksi, sementara manusia dapat mengenali teman-temannya secepat kilat. Hal tersebut membuktikan otak mampu menyelami berbagai ingatan dengan kecepatan yang luar biasa, namun ilmuwan masih meneliti seberapa cepat kerja otak dalam memproses informasi.

Wah, ternyata masih ada misteri-misteri seputar otak manusia yang masih belum terjawab. Para peneliti tidak bisa mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa memahami otak manusia, karena kemampuan dan cara kerjanya lebih dari apa yang bisa kita bayangkan.

Baca Juga: 10 Hal Tak Biasa yang Mampu Dilakukan oleh Otak Manusia

Yellow Submarine Photo Verified Writer Yellow Submarine

Here comes the sun, and I say it's all right

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya