Comscore Tracker

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan Dunia

Tanaman ini dapat menyerap racun dalam tanah

Tanaman diketahui memegang peran penting sebagai sumber oksigen di dunia. Maka dari itu, tanaman harus dirawat dengan baik untuk menjaga kelestarian bumi.

Tapi, tahukah kamu, ada beberapa tanaman tertentu yang dapat menyerap zat berbahaya karena pencemaran lingkungan? 

Beberapa tanaman di bawah ini diketahui dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan dengan kemampuannya, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan di artikel ini!

1. Bunga matahari

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan DuniaBunga matahari (pexels.com/@dibert)

Siapa yang tidak tahu bunga ini? Tidak hanya cantik, ternyata bunga ini termasuk ke dalam tanaman hyperaccumulator, yaitu tanaman yang dapat menyerap logam pada tanah.

Bahkan pada tahun 2011, Jepang mendirikan sebuah project khusus untuk menanam bunga matahari di daerah Fukushima setelah terjadinya musibah nuklir pada tahun 2011. Bunga matahari ini ditanam dengan tujuan untuk menyerap radioaktif pada tanah yang tercemar.

2. Eceng gondok

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan DuniaEceng gondok (https://pixabay.com/users/eera5607-7366759)

Tanaman ini seringkali dicap sebagai gulma karena pertumbuhannya yang pesat. Tapi ternyata, eceng gondok mampu menyerap unsur logam berat yang berbahaya seperti timbal, arsen dan alumunium.

Karena kemampuannya ini, eceng gondok biasanya digunakan untuk mengatasi limbah cair hasil industri yang sering mencemari daerah perairan. 

3. Melati air

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan DuniaMelati air (pexels.com/@soldiervip)

Sama seperti eceng gondok, tanaman melati air ini juga dapat digunakan untuk menyerap logam berat yang terkandung dalam air. Melati air sering digunakan untuk fitoremediasi, yaitu proses pengurangan kontaminasi lingkungan menggunakan tanaman tertentu agar sumber kontaminan tidak perlu dibuang ke tempat lain.

Selain fitoremediasi, melati air ini juga sering digunakan karena bunganya yang cantik mampu meningkatkan estetika lingkungan.

4. Tanaman hanjuang

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan DuniaHanjuang merah (unsplash.com/@davidclode)

Tanaman hanjuang (Cordyline fruticosa) sering dijumpai sebagai tanaman hias karena daunnya yang berwarna merah. Tapi jangan salah, ternyata tanaman ini juga diketahui mampu menyerap kandungan logam timbal dalam tanah dengan baik.

Maka dari itu, tanaman hanjuang ini dapat dipetimbangkan sebagai tanaman untuk menghiasi pekarangan rumah, sekaligus mengurangi tingkat pencemaran pada tanah.

5. Lupin putih

Termasuk Bunga Matahari, 5 Tanaman ini Dapat Menyembuhkan DuniaLupin putih (pixabay.com/users/uschel-4976389)

Tanaman lupin putih (Lupinus albus L.) merupakan salah satu jenis tanaman biji-bijian (legum) yang toleran terhadap arsenik. Tanaman ini sering ditemui dan dibudidayakan di wilayah Mediterania.

Lupin putih ini sedang dipelajari terkait kemampuan akarnya dalam mengeluarkan sebuah senyawa kimia sehingga dapat tahan terhadap arsenik.

Itu tadi beberapa tanaman yang dapat menyerap kandungan logam berat dalam tanah. Meskipun begitu, kelestarian lingkungan tetaplah harus dijaga agar bumi ini tidak rusak, ya.

Baca Juga: Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!

anna bila Photo Writer anna bila

a devoted sunflower.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya