Comscore Tracker

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!

Ada yang wanginya seperti bedak bayi, lho.

Bunga merupakan bagian dalam kehidupan kita, mereka memiliki bentuk, warna, manfaat serta makna yang berbeda. Berkat kecantikannya, tidak heran bunga juga kerap menghiasi beragam momen penting, seperti pernikahan, kelulusan, sampai pemakaman. Semua bunga memiliki keindahannya sendiri. Beragam warna dan bentuk yang indah menjadi energi positif yang merasuk dalam tubuh kita.

Di antara banyak bunga tersebut, ternyata ada, lho, bunga-bunga yang memiliki kecantikan luar biasa dan telah diakui banyak orang bahkan dunia. Penasaran? Seberapa menawan sih bunga-bunga ini? Yuk, simak bersama!

1. Bunga Hydrangea

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!cantiknya bunga hortensia ( istockphoto.com/ allou)

Dikenal sebagai Hortensia atau Four Seasons. Hydrangea pertama kali dibudidayakan di Jepang, tetapi fosil Hydrangea kuno ditemukan di Amerika Utara. Ada 5 jenis hydrangea yang akan kamu temukan di Amerika Utara yakni Hydrangea macrophylla, Hydrangea malai, Hydrangea halus, Hydrangea oakleaf, dan Hydrangea panjat. 

Morfologi bunga ini berbentuk semak kecil berukuran 1x1 meter. Bentuk bunganya bulat dengan banyak batang yang tebal dan bercabang. Setiap batang lalu diatapi dengan karangan bunga yang indah dengan warna bunga yang lembut.

Keunikan dari Hydrangea adalah warna dari bunga tersebut akan berubah jika tingkat keasaman (pH) tanah tempat tumbuhnya berubah. Semakin asam pH tanah, warna bunga akan semakin ungu. Semakin basa pH tanah, warna bunga akan semakin merah. Warna Hydrangea berkisar dari biru, pink, putih, ungu tua, ungu muda dan merah.

2. Bunga Peony

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Peony (tokobungaindo.com)

Bunga peony adalah bunga yang tumbuh di negara 4 musim dan tumbuh subur serta mekar di musim semi yaitu di bulan Mei hingga Juli. Bunga peony memiliki beragam warna cantik seperti putih, merah, coral dan merah muda.

Bunga ini berukuran besar, dengan kelopak bunga mekar yang menawan serta wangi sempurna dan tahan lama sehingga banyak digunakan dalam rangkaian bunga pengantin di hari pernikahan.

Bunga peony dikenal pula sebagai bunga pengobatan. Di Jepang, peony disebut dengan Ebisugusuri yang artinya obat dari Cina. Dalam pengobatan tradisional Cina, akar bunga peony seringkali digunakan sebagai obat kram karena sakit akibat menstruasi, asma dan kejang-kejang.

Bunga peony adalah bunga yang paling sering digunakan dalam seni ornamen Cina. Lambang peony kerap ditemukan dalam berbagai macam keramik dan lukisan dari Cina.

3. Bunga Freesia

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Fresia (sarahraven.com)

Freesia adalah salah satu bunga paling populer di dunia. Freesia berasal dari Afrika Selatan. Bunga tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang praktisi medis dan ahli botani Jerman, Friedrich Freese. Inilah alasan bunga ini dinamakan Freesia.

Freesia adalah sejenis tanaman umbi yang memiliki bentuk kerucut. Umbi inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi bunga. Bunga cantik ini memiliki banyak warna yang indah termasuk putih, krem, kuning, oranye, merah, merah muda, lembayung muda, lavender dan ungu.

Bunga freesia sangat dicintai karena warnanya yang murni, ketahanan bunga yang lama walau diletakkan dalam vas dan aromanya yang wangi. Freesia akan memenuhi ruangan dengan wewangian bedak bayi yang manis.

Saking wanginya bunga Freesia, bahkan beberapa peneliti berpendapat jika Freesia adalah bunga yang paling wangi di dunia. Arti bunga Freesia sendiri melambangkan simbol persahabatan dan penghormatan. 

4. Bunga Lotus

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Lotus (klikdokter.com)

Bunga lotus atau lebih dikenal dengan nama teratai, adalah simbol nasional India dan Vietnam. Walaupun demikian, faktanya bunga teratai berasal dari Mesir. Di Mesir, bunga teratai melambangkan matahari dan kelahiran kembali.

Bahkan, bunga teratai sering dilibatkan dalam upacara Mesir Kuno hingga akhirnya menyebar ke negara lain, seperti Yunani dan India melalui penyebaran agama Buddha. Teratai memiliki makna keindahan yang suci dan menjadi bunga suci Buddha. 

Kelopak bunga teratai akan membuka di pagi hari dan menutup di malam hari. Kelopak teratai memiliki kantong udara untuk mempertahankan daya apung di air. Berbeda dengan siklus tanaman berbunga lainnya dengan gembok akar di lumpur, bunga teratai tenggelam ke dalam air di malam hari dan mekar kembali keesokan paginya dengan rupa berkilau dan bersih.

Hal ini karena bunga teratai memiliki daun dengan permukaan lapisan lilin sehingga air yang menetes tidak akan membuatnya basah dan hanya membentuk tetesan air.

Bunga teratai tumbuh setinggi 49 inci dan dapat menyebar 10 kaki secara horizontal. Dari batang hingga rimpang, sebagian besar bunga dapat dimakan. Bunga teratai juga memiliki manfaat dalam industri obat-obatan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa biji bunga teratai berpotensi menjadi obat kanker paru-paru. Potensi ini datang dari neferine, yaitu senyawa organik di dalam biji bunga teratai. Pada penelitian tersebut, senyawa ini terbukti dapat membunuh serta menghambat penyebaran sel kanker paru-paru.

5. Bunga Dahlia

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Dahlia secantik namanya (whiteflowerfarm)

Bunga cantik ini berasal dari Meksiko dan merupakan bunga nasional mereka sejak tahun 1963. Bunga ini termasuk dalam keluarga Asteraceae dan berkerabat dengan Chrysanthemum, Zinnia, dan Helianthus. Jauh sebelum dahlia dikagumi karena keindahannya, bunga ini ditanam sebagai makanan oleh suku Aztec sebelum mereka mengenal umbi-umbian.

Bunga dahlia memiliki julukan 'ratu taman musim gugur', karena bunga ini akan mekar pada akhir musim panas hingga awal musim dingin.  Warna bunga dahlia berkisar dari merah hingga merah muda, oranye, kuning, putih, ungu, biru, dan banyak lagi.

Selain dikagumi karena keindahannya, bunga dahlia juga banyak dimanfaatkan dalam metode pengobatan. Dahulu, suku Aztec, khususnya, menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan epilepsi.

Selain itu bunga ini memiliki suatu zat yang disebut pati atlantik, yang berasal dari umbi dahlia. Zat ini menjadi salah satu bahan pengobatan terkenal untuk diabetes sebelum ditemukannya insulin.  

6. Bunga Anyelir

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Anyelir yang menawan( istockphoto.com /KarinePIERRARD)

Bunga anyelir adalah bunga yang melambangkan rasa cinta, penghormatan, perasaan mendalam dan juga daya tarik. Bunga anyelir atau yang disebut juga dengan bunga Carnation berasal dari wilayah Mediterania yang membutuhkan kelembaban, drainase yang baik dan sinar matahari penuh untuk bisa tumbuh dengan sempurna.

Bunga Carnation merupakan bunga yang pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 80 cm sampai 1 meter. Bunga Anyelir termasuk ke dalam jenis bunga hermafrodit, yang artinya bunga ini memiliki dua organ kelamin, yaitu ada kelamin jantan dan betina.

Keuntungan dari memiliki 2 alat kelamin, bunga ini dapat melakukan penyerbukan sendiri. Adapun warna bunga anyelir yang asli adalah merah muda terang, keunguan, merah, putih, hijau, dan kuning. Sedangkan daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan glaucous ke biru-hijauan yang ramping dengan panjang daun mencapai 15 cm.

7. Bunga Daffodil

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Daffodil ( tokobungadijakartaselatan.com)

Bunga Daffodil atau yang biasa disebut bunga Narcissus adalah bunga yang biasanya tumbuh dan ditemukan saat musim semi. Bunga ini Memiliki bagian tengah yang terlihat seperti terompet kecil.

Umumnya bunga daffodil memiliki warna kuning, namun beberapa jenis bunga daffodil juga memiliki warna putih, pink, atau bahkan hijau. Bunga daffodil biasanya sering dijadikan sebagai tanaman hias atau dirangkai dalam bentuk buket

Meskipun memiliki tampilan yang cantik dan aroma yang harum, namun ternyata bunga daffodil mengandung racun. Jika mengonsumsi langsung bagian bunganya maka racun tersebut akan bereaksi dan dapat berakibat fatal hingga kematian.

Meskipun demikian, bunga daffodil ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi dan luka bakar. Namun pemakaiannya perlu sangat berhati-hati karena bunga daffodil juga dapat menjadi obat yang berbahaya.

Minyak dari bunga daffodil juga dapat dijadikan wewangian untuk relaksasi dan mengurangi stres. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan sakit kepala bahkan muntah. Minyak bunga daffodil juga dapat digunakan dalam parfum dan kosmetik. 

8. Bunga Daisy

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Bunga Daisy yang menawan (wallpaperbetter.com)

Bunga daisy adalah tanaman yang muncul di musim semi dan tetap mekar hingga akhir musim panas. Bunga daisy memiliki struktur yang terpancar hampir mirip seperti bunga matahari namun ukurannya lebih kecil.

Di tengah kepala bunga terbentuk tabung hermafrodit bunga berwarna kuning yang dikelilingi oleh kuntum bunga yang indah. Kuntum bunga daisy berwarna putih atau merah muda cerah sehingga membuat bunga terlihat sangat menarik di antara padang rumput dan ladang.

Bunga daisy tumbuh sebagai roset rendah (daun basal) dengan tinggi sekitar 15 - 20 cm.  Daun bunga ini berbentuk lonjong, berduri dan bergigi, berwarna hijau cerah, dengan tangkai daun pendek. Bunga ini biasanya  ini terdiri dari puluhan atau ratusan bunga kecil yang tumbuh berkelompok.

Bunga daisy tergolong dalam Edible Flower yakni sebutan untuk bunga yang aman untuk dikonsumsi. Bunga daisy biasanya dijadikan campuran salad atau ekstraknya diambil untuk dijadikan teh.

9. Bunga Magnolia

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!pesona Bunga Magnolia (wallpaperflare.com)

Bunga Magnolia memiliki aroma yang sangat harum dengan bentuk yang cantik. Magnolia sendiri merupakan varietas bunga yang berasal dari Amerika Utara. Varietas bunga berwarna putih atau pink ini sangat disukai oleh kaum hawa karena makna yang terkandung di dalamnya memang sangat dalam. Diyakini arti bunga Magnolia ini adalah kesucian dan ketulusan dalam memberikan cinta kepada pasangan.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh IUCN Red List, ada banyak sekali varietas Magnolia yang terancam punah sampai saat ini. Karena itulah mereka memasukkannya ke dalam red list atau daftar merah tumbuhan langka.

Diketahui dari 304 varietas magnolia yang bisa  ditemukan saat ini, 147 diantaranya sudah sangat sulit untuk ditemukan. 147 varietas tersebut adalah kategori magnolia liar yang memang jarang dibudidayakan oleh orang-orang.

Magnolia adalah salah satu spesies bunga dengan masa tumbuh yang lama. Semenjak ditanam bijinya, tanaman satu ini baru bisa berbunga 10 tahun kemudian. Karenanya kita harus berusaha agar kelestarian bunga Magnolia ini bisa terus terjaga. Bukankah akan sanga disayangkan, jika bunga cantik ini punah?

10. Bunga Camelia

Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!Camelia Pink yang cantik (background.id)

Camelia memang memiliki rupa seperti tanaman tropis pada umumnya, namun bunga menawan ini justru bermekaran di musim dingin. Camelia berasal dari timur seperti Himalaya timur, Cina, Jepang dan Malaysia.

Bunga cantik ini biasanya tumbuh di daerah pesisir dan pegunungan. Bunga camelia biasanya memiliki ukuran yang besar yaitu berdiameter 1-12 cm, dengan jumlah kelopaknya yaitu lima sampai sembilan dengan warna mencolok seperti merah, putih, kuning dan merah muda.

Dalam kesehatan, bunga camelia biasa dijadikan teh hijau dengan mengeringkan daun camelia dan teh hitam namun ditambah dengan proses fermentasi. Teh hijau dari bunga camelia terkenal karena mengandung antioksidan tinggi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan metabolisme.

Sedangkan teh hitam bunga camelia efektif funtuk mencegah pusing sekaligus menurunkan risiko serangan jantung, batu ginjal, dan penyakit parkinson pada orang lanjut usia.

Gak salah sih bunga-bunga ini diakui dunia, abisnya cantik dan indah banget sih! Jadi, mau beli bunga nih! 

Baca Juga: 7 Bunga Cantik yang Sering Kamu Jumpai tanpa Tahu Namanya!

Nugrati R. Photo Writer Nugrati R.

Mahasiswi Manajemen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya