Comscore Tracker

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologi

Mau coba?

Komunikasi adalah keterampilan penting yang perlu kita kuasai. Banyak orang yang mudah salah paham saat interaksi. Ada pula rasa benci yang tumbuh di kesan pertama yang kurang baik. Ada pula urusan pekerjaan yang tidak lancar hanya karena salah bicara. 

Keterampilan dalam komunikasi sangat kamu butuhkan di dunia kerja, pertemanan, organisasi, hubungan keluarga dan percintaan. Komunikasi yang tidak lancar akan membuatmu berkubang dalam masalah di ranah hubungan-hubungan tersebut. 

Nah, bagaimana seharusnya sikapmu dalam komunikasi dan cara memikat hati lawan bicara agar hubungan terbangun dengan baik? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Jangan ragu menampilkan rasa percaya diri

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologiunsplash/UlisesGuareschi

Tampilkanlah rasa percaya diri yang maksimal saat memulai komunikasi dengan orang lain. Tidak hanya komunikasi personal, tapi juga dalam komunikasi publik.

Dalam tinjauan psikologi, rasa malu atau takut akan menghambat kelancaran dalam pembicaraan. Rasa percaya diri akan membuat komunikasi terasa nyaman dan santai alias tidak tegang. 

2. Memperluas ruang pergaulan

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologiunsplash/EliottReyna

Memikat lawan bicara bisa dilakukan jika kamu mengenal tipe-tipe mereka dalam sekilas tatap. Mengenal tipe atau karakter orang bisa diupayakan melalui ruang pergaulan yang luas.

Jika kamu jarang bergaul, tentunya sedikit referensi mengenai ragam karakter lawan bicara yang bisa kamu dapatkan. Dengan referensi yang cukup banyak, kamu mudah menyesuaikan diri saat berada dimana pun entah itu di rumah calon mertua maupun pejabat. 

Baca Juga: 7 Tips Menjalin Komunikasi dalam Keluarga Agar Harmonis!

3. Tunjukkan minat pada lawan bicara

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologiunsplash/YolandaSun

Selain itu, demi memikat lawan bicara, kamu harus mampu menunjukkan minat terhadap obrolan yang disampaikan oleh lawan bicaramu. Dalam tinjauan psikologi, kita akan antusias terhadap orang yang mau memerhatikan kita, termasuk saat berbicara.

Agar kamu selalu antusias saat bergabung di kelompok manapun, perluaslah wawasanmu di berbagai bidang. Politik, ekonomi, hiburan, artis, kajian syariat, tren kekinian dan sejenisnya perlu ketahui juga, loh!

4. Memberikan pujian

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologiunsplash/AliciaSteel

Nah, pujian juga merupakan poin penting yang perlu kamu selipkan demi mendapatkan perhatian dari lawan bicara. Pujian akan meruntuhkan sisi angkuh dan egoisme dalam dirimu. Sebab, kamu sedang menghargai sesuatu yang dimiliki oleh orang lain.

Dalam tinjauan psikologi, orang yang tersanjung akan menyukai lawan bicaranya dalam sekejap. Dampak pujian sederhana sangat besar. Tapi, pujian yang diberikan harus sesuai dan masuk akal, agar tak terkesan 'menjilat'. 

5. Mengingat dan memanggil nama lawan bicara

Begini 5 Cara Memikat Hati Lawan Bicara Menurut Psikologiunsplash/YuvrajSingh

Tidak kalah penting adalah mengingat nama lawan bicara dan sering menyebut namanya saat melakukan komunikasi.

Dalam tinjauan psikologi, orang yang disebut namanya akan mudah mendekat. Mengingat nama juga akan membuat lawan bicara tersanjung. Keintiman secara emosional akan sangat mudah terbangun sehingga kalian bisa membicarakan apa saja. 

Nah, begitulah trik simpel yang bisa kamu terapkan. Dijamin, kamu bisa menggaet banyak relasi maupun pasangan yang kamu impikan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Unsur Penting Komunikasi Nonverbal Untuk Menarik Hati Pendengar

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You