Comscore Tracker

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! 

Ingin ganti pakaianmu?

Apa pertimbanganmu saat membeli pakaian? Apakah hanya dari model dan harganya? Mulai sekarang, mulailah untuk mempertimbangkan bahan materialnya juga. Dilansir dari One Green Planet, banyak kain murah yang ternyata menyebabkan kerusakan serius untuk lingkungan dan juga hewan-hewan di bumi.

Bahan kain, seperti poliester, nilon, dan akrilik ternyata mengandung ribuan serat mikro plastik yang terlepas saat dicuci. Saat dibuang sebagai limbah, mikro plastik ini akan berakhir di lautan dan mencemarinya.

Tak hanya itu, akan banyak spesies laut yang memakannya. Ironisnya, ikan-ikan laut tersebut pada akhirnya kita konsumsi. Secara tak langsung kita telah memakan pakaian kita sendiri. Belum lagi pewarna pakaian yang bisa jadi mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Lantas, sebaiknya bahan pakaian apa yang harus kita beli agar tak mencemari lingkungan? Berikut beberapa di antaranya yang paling aman dan bersahabat untuk lingkungan!

1. Kain serat bambu

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! housedecorinteriors.co.uk

Pernahkah kamu melihat ada kain yang terbuat dari serat bambu? Umumnya, bambu bisa ditanam dengan sedikit tambahan bahan kimia. Kain ini juga memiliki sifat antibakteri alami dan dapat terurai di alam.

Kadang, kain bambu memang menggunakan bahan kimia beracun untuk mengubah tanaman menjadi kain. Hanya saja, Federal Trade Commission memberikan amanat bahwa perusahaan yang menggunakan proses ini harus melabeli produk mereka sebagai rayon berbasis bambu.

2. Kapas organik

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! trigema.de

Lebih dari 25 persen pestisida dunia digunakan untuk memproduksi kapas konvensional. Namun, kapas organik ditanam tanpa tambahan bahan kimia sintetik. Untuk semakin yakin bahwa kain katunmu aman, carilah kain dengan pewarna alami agar bisa mengurangi jumlah bahan kimia yang terbuang ke ekosistem kita.

3. Serat hemp

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! culturemagazine.com

Kain ini dibuat dengan serat hemp. Hemp sendiri punya karakteristik, antara lain dapat ditanam tanpa pupuk; dapat ditanam tanpa atau dengan sedikit pestisida; mudah dipanen; dan tak menghabiskan nutrisi tanah.

Baca Juga: Mengejutkan, 7 Fakta Garam Dapurmu Bisa Aja Tercemar Plastik dari Laut

4. Daur ulang poliester

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! ohganix.com

Serat ini terbuat dari kain poliester bekas dan botol soda yang menghasilkan 75 persen jejak karbon yang lebih rendah daripada poliester murni. Poliester daur ulang memang mengandung antimon beracun, namun beberapa perusahaan telah mengupayakan untuk mengeluarkannya dari produk mereka.

5. Kain kasmir

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! mapetitemercerie.com

Kain ini terbuat dari serat protein kedelai, yang tersisa setelah pengolahan kedelai menjadi makanan. Dengan begitu, serat ini aman untuk lingkungan.

6. Kain tencel

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! indiesew.com

Tencel terbuat dari kayu selulosa alami dan dapat diuraikan oleh alam. Kain yang bersertifikat Forest Stewardship Council menggunakan bahan kimia beracun yang sedikit.

7. Kain wol

7 Bahan Pakaian Paling Ramah Lingkungan, Awas Bahaya Mikro Plastik! fabric.com

Bahan wol dapat diperbaharui, tahan api, dan tak membutuhkan tambahan bahan kimia. Untuk itu, cari bahan wol bebas klorin. Kini telah banyak pula wol organik yang diproduksi menggunakan praktik pertanian berkelanjutan dan tanpa bahan kimia beracun.

Bahan-bahan di atas mungkin lebih sulit ditemukan dan mahal. Namun, dengan membeli dan memakainya, kamu turut serta dalam melestarikan alam dan mengurangi limbah yang merusak alam serta mengancam kelestarian hewan.

Baca Juga: Arti 7 Kode Daur Ulang pada Kemasan Plastik, Kamu Sudah Hafal Belum?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You