Comscore Tracker

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpanse

Hari ini pun diperingati sebagai Hari DNA Sedunia!

DNA atau deoxyribonucleic acid kita kenal sebagai molekul yang membawa kode genetik yang kemudian diturunkan oleh orangtua kita. DNA sangat menentukan rupa dan sifat-sifat tertentu dari manusia.

Di Hari DNA Sedunia ini, yuk kenalan lebih dekat dengan karakteristik DNA. Dilansir dari Sciencing, berikut di antaranya.

1. DNA adakah molekul yang berisi instruksi yang dibutuhkan organisme untuk berkembang, hidup, dan bereproduksi

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansediscovermagazine.com

Instruksi ini dapat ditemukan di dalam setiap sel. Kemudian akan dan diturunkan dari orangtua ke anak-anak mereka. Nantinya, DNA akan menentukan sifat-sifat tertentu seperti apa rupanya dan berapa lama ia akan hidup.

2. Manusia mendapatkan satu gen lengkap dari ibu dan ayah

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansepexels.com/Luis Quintero

Gen sendiri adalah urutan nukleotida yang menyimpan informasi untuk membangun dan memelihara sel. Gen ini nantinya akan menentukan warna kulit, tipe tubuh, kepribadian, dan bahkan IQ seseorang. Secara keseluruhan, manusia memiliki sekitar 30 ribu gen berbeda yang tersebar di antara 46 kromosom. Setiap kromosom mengandung kurang dari seribu gen.

3. DNA terdiri dari molekul yang disebut nukleotida

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansemedicalnewstoday.com

Setiap nukleotida mengandung fosfat, gula, dan basa nitrogen. Empat jenis basa nitrogen adalah adenin (A), timin (T), guanin (G) dan sitosin (C). Urutan basa-basa ini yang menentukan instruksi DNA atau kode genetik.

Baca Juga: 10 Hewan Unik yang Mungkin Kamu Tak Tahu Bisa Bicara seperti Manusia

4. Meskipun berjumlah sangat banyak, 99 persen dasar DNA manusia itu sama

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansetheconversation.com

Dilansir dari U.S. National Library of Medicine, DNA manusia terdiri dari kurang lebih tiga miliar dasar. Sementara lebih dari 99 persen DNA dasar tersebut sama pada semua orang.

5. DNA menyatu menjadi kromosom dalam inti sel

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansetheverge.com

Di samping sel reproduksi, setiap sel mengandung 46 kromosom linier. Dari 23 pasang kromosom, 22 memiliki ukuran, bentuk, dan konten genetik yang serupa. Kromosom ini dikenal sebagai autosom. Sementara pasangan ke-23 ini dikenal sebagai kromosom seks.

Kromosom ke-23 ini terdiri dari dua kromosom X atau kombinasi kromosom XY yang menentukan jenis kelamin seseorang. Sel dengan dua kromosom X menghasilkan jenis kelamin perempuan dan sel dengan satu kromosom X dan satu Y menghasilkan jenis kelamin pria.

6. Salinan DNA sangat penting untuk sel-sel baru

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpanseindependent.co.uk

Semua sel baru harus memiliki salinan DNA yang tepat sesuai dengan sel aslinya. Salinan tersebut penting untuk mengarahkan aktivitas sel dan perkembangan biologis secara keseluruhan.

7. Selain kembar identik, tidak ada dua orang yang memiliki DNA yang sama persis

7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpansepeople.com

Itu sebabnya penampilan dan sifat setiap manusia bisa berbeda. Uniknya, simpanse, memiliki 96 persen DNA yang mirip dengan manusia, lho. Meskipun persentasenya tinggi, manusia dan simpanse masih memiliki 40 juta molekul DNA yang berbeda.

Manusia memang berbagi DNA yang sama dengan manusia lain. Namun, hal tersebut tak semata-mata membuat manusia sama. Nyatanya, manusia bisa tampak beragam dan unik dengan karakternya masing-masing.

Baca Juga: 7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusia

Topic:

  • Yudha
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You