Comscore Tracker

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusia

Di lain sisi, rasa bosan akan memicu kreativitasmu

Semua orang pernah merasakan bosan. Namun, kalau dipikir-pikir, perasaan bosan itu aneh ya. Gimana bisa orang merasa bosan, padahal ada banyak sekali hal di dunia ini yang bisa dikerjakan dan tetap sibuk?

Bisa jadi, sekarang pun kamu merasa bosan, makanya membaca artikel ini untuk tahu kenapa kamu merasa bosan. Buat kamu yang penasaran, berikut penjelasan dari para ahli!

1. Bosan adalah tanda ketidakbahagiaan

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiacdn1.medicalnewstoday.com

Dilansir dari livescience.com, menurut Educational Psychology Review pada 2012 menunjukkan bahwa kebosanan adalah kombinasi antara kurangnya kegembiraan neurologis serta kondisi psikologis berupa ketidakpuasan, frustrasi atau ketidaktertarikan dan semua yang berhubungan dengan kurangnya stimulasi. 

2. Kebosanan gak sama dengan sifat apatis

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiatheodysseyonline.com

James Danckert, profesor ilmu saraf kognitif di University of Waterloo, Ontario, menyampaikan kebanyakan orang sepakat bahwa kebosanan itu gak menyenangkan. Meski begitu, kebosanan gak sama dengan sikap apatis karena orang-orang yang bosan dalam beberapa hal termotivasi untuk mengakhiri kebosanan mereka. 

3. Kebosanan juga berbeda dari keputusasaan

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusianewscult.com

Menurut Taylor Acee, asisten profesor pendidikan pengembangan Texas State University, San Marcos, dibandingkan dengan keputusasaan, kebosanan melibatkan perasaan terjebak pada ketidakpuasan. Namun, gak melibatkan keputusasaan akan kesuksesan di masa depan. 

Baca Juga: Kenapa Menguap Bisa Menular? Begini Penjelasan Dari Para Ahli!

4. Meski mirip gejala depresi, namun rangsangan kebosanan berasal dari luar

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiaunsplash,com/Mihai Surdu

Kebosanan memang serupa dengan depresi karena keduanya berada pada keadaan gak senang dan kurang gairah. Acee dan Danckert setuju bahwa depresi cenderung melibatkan perasaan negatif yang berasal dari dalam diri. Sementara, kebosanan berhubungan dengan perasaan negatif karena kurangnya rangsangan dari luar. 

5. Pengidap attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) lebih rentan merasa bosan

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiadeskgram.org

Dilansir dari The Unengaged Mind: Defining Boredom in Terms of Attention, pengidap ADHD atau biasa dikenal dengan istilah gangguan hiperaktif lebih rentan merasa bosan karena memiliki kondisi yang memengaruhi perhatian mereka. Selain itu, orang yang terlalu sensitif terhadap rangsangan dan gak bisa mengekspresikan aktivitas apa yang bisa membuat mereka tertarik cenderung lebih mudah merasa bosan. Gak hanya itu, orang yang pernah mengalami cedera otak juga lebih rentan merasa bosan karena berkaitan dengan cedera pada korteks frontal di otak. 

6. Adapun, kunci menghindari kebosanan adalah pengendalian diri

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiabossladies.us

Danckert mengatakan bahwa orang-orang yang punya kontrol diri yang tinggi cenderung gak mengalami kebosanan. Bahkan, kebosanan cenderung mengilhami kreativitas pada orang dengan tingkat pengendalian diri yang tinggi. 

7. Salah satu cara keluar dari kebosanan adalah melihat dari sudut pandang yang berbeda

7 Penyebab Ilmiah Kamu Bisa Merasa Bosan, Ada Proses Unik pada Manusiaunsplash.com/rawpixel

Menurut Acee, salah satu cara membuat tugas membosankan menjadi menarik dengan melihat potensi kegunaan dan makna suatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Danckert pun menambahkan bahwa pelatihan kesadaran dan meditasi akan menangkal kebencian. Dengan begitu, manusia bisa terbebas dari rasa bosan yang sering dikaitkan dengan hal negatif, seperti: prestasi akademis yang rendah, angka putus sekolah yang tinggi, kesalahan dalam bekerja, depresi dan semangat hidup yang rendah.

Setelah tahu faktanya, gak heran kalau ada orang yang mengatakan bahwa bosan itu mematikan. Karena itu, yuk perbanyak eksplorasi hal-hal yang membosankan agar bisa terlihat lebih menarik lagi. Bisa jadi kunci kesuksesanmu ada di situ!

Baca Juga: Kenapa Kamu Merasa Lelah Setiap Saat?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You