Comscore Tracker

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!

Bisa sampai jutaan, lho...

Kita tahu bahwa terdapat spesies hewan yang memiliki jumlah sangat banyak, bahkan melebihi jumlah manusia di dunia. Pernah gak kamu bertanya-tanya, dari mana asal mereka?

Berapa banyak mereka bereproduksi sekali melahirkan? Dilansir dari National Geographic, berikut hewan-hewan dengan jumlah anak terbanyak sekali melahirkan. Jumlahnya bikin kamu tercengang!

1. Ikan mola (Mola mola), 300 juta telur

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!blog.nature.org

Ikan mola dikenal sebagai ikan bertulang berat yang terkenal di dunia. Ikan ini hidup di perairan tropis dan beriklim sedang. Ikan ini sangat menakjubkan karena bisa mengeluarkan 300 juta telur sekali melahirkan dalam satu musim.

2. Ikan sturgeon Atlantik (Acipenser oxyrinchus oxyrinchus), 2,5 juta telur

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!joelsartore.com

Ikan ini dianggap sebagai salah satu fosil hidup. Ikan sturgeon Atlantik tinggal di perairan Amerika Utara bagian timur, mulai dari New Brunswick, Kanada, hingga ke pantai timur Florida, Amerika Serikat. Sturgeon Atlantik menghasilkan hingga 2,5 juta telur per tahun.

3. Tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnus), 10 juta telur per tahun

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!iucnredlist.org

Tuna sirip biru Atlantik tinggal di Samudra Atlantik Barat, Atlantik Timur, dan Laut Tengah. Sementara, tuna sirip biru Atlantik telah punah di Laut Hitam. Tuna sirip biru Atlantik dapat menghasilkan 10 juta telur per tahun.

Baca Juga: Selamat Hari Beruang Kutub Dunia! Berikut 10 Fakta Unik Hewan Lucu Ini

4. Tenrec tak berekor Madagaskar (Tenrec ecaudatus), 32 bayi

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!biolib.cz

Meski dikenal berasal dari Madagaskar, hewan ini juga bisa ditemukan di Komoro, Mauritius, Réunion, dan Seychelles. Untuk ukuran mamalia, tenrec memiliki jumlah bayi yang banyak sekali melahirkan, yakni 32 bayi.

5. Semut pengemudi Afrika (Dorylus gribodoi), 3-4 juta telur

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!wikimedia.org

Semut pengemudi Afrika adalah semut tentara yang banyak ditemukan di Afrika Tengah, Afrika Timur, Afrika Selatan, dan area tropis Asia. Uniknya, semut pengemudi Afrika dapat menghasilkan 3 hingga 4 juta telur setiap 25 hari.

6. Burung partridge abu-abu (Perdix perdix), 22 telur

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!robertharding.com

Partridge adalah burung gemuk berwarna cokelat dengan sayap dan dada abu-abu. Burung ini tinggal di sebagian besar Eropa, Asia Barat, Kanada, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Hebatnya, burung ini dapat bertelur hingga 22 butir sekaligus.

7. Kuda laut (Hippocampus), 2.000 telur

7 Hewan dengan Reproduksi Terbanyak Sekali Melahirkan, Membludak!youtube.com/Reproduction LIVE

Kuda laut adalah hewan yang unik. Itu karena kuda laut jantan yang melahirkan. Sementara, kuda laut betina memasukkan telur mereka ke dalam kantong induk jantan hingga 2.000 butir.

Itu tadi tujuh hewan dengan jumlah turunan dalam sekali reproduksi yang fantastis. Kebayang gak gimana caranya induk merawat mereka semua. Mana hewan yang jadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Hewan Paling Penyayang di Dunia, Cocok Banget untuk Kamu Pelihara!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You