Comscore Tracker

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!

Keseimbangan alam itu penting

Akhir-akhir ini, banyak kampanye anti-sedotan yang menarik perhatian dunia. Bukan masalah, justru bagus karena bisa mengurangi limbah plastik di lautan. Namun, perlu kamu tahu bahwa sebenarnya bukan sedotan yang menyumbang limbah besar ke lautan. Lalu apa? Berikut ulasan selengkapnya!

1. Ternyata, sedotan hanya menyumbang limbah lautan sebesar 0,02 persen

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!change.org

Dilansir dari IFLScience, sedotan hanya menyumbang limbah lautan sebesar 0,02 persen. Padahal, jumlah tersebut setidaknya sekitar 7,5 juta sedotan plastik dalam lima tahun terakhir, menurut para ilmuan Australia, Denise Hardesty dan Chris Wilcox. Persentasenya kecil tapi jumlahnya mengejutkan ya, lalu apa persentase terbanyaknya?

2. Namun, jumlah sedotan yang sebanyak itu masih belum mengalahkan jumlah puntung rokok!

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!nbcnews.com

Menurut laporan dari NBC News, kontaminasi lautan nomor satu di dunia disebabkan oleh puntung rokok. Mirisnya para produsen rokok bisa menghindar dari regulasi selama ini. Adapun, masalah utamanya karena filter yang terdapat pada puntung rokok. 

Baca Juga: Bukan Kiamat, 10 Hal Ini Berpotensi Hancurkan Bumi Menurut para Ahli! 

3. Ada sebanyak 60 juta puntung rokok yang ditemukan dalam 32 tahun terakhir

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!pixabay.com/klimkin

Ada sebanyak 5,6 triliun rokok dibuat setiap tahunnya. Adapun salah satu komposisinya, selulosa asetat, yang butuh waktu sekitar satu dekade untuk terurai. Sebanyak dua pertiga bagian dari rokok dibuang secara gak bertanggung jawab. Sejak 1986, puntung rokok menjadi benda yang paling banyak ditemukan di pantai-pantai. Jumlahnya mencapai 60 juta dalam 32 tahun terakhir. 

4. Filter rokok berguna untuk mengurangi masalah kesehatan, namun nyatanya malah mencemari lingkungan

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!dmepl.com

Filter rokok ditemukan pada pertengahan 1900-an untuk mengurangi masalah kesehatan. Namun, nyatanya sekarang malah jadi masalah besar karena mencemari lingkungan. Sekarang ini, ada kampanye anti-puntung rokok yang diprakarsai oleh cigwaste.org. Komunitas tersebut bertujuan mengimbau orang-orang untuk gak membuang rokok sembarangan karena berpotensi mencemari pantai dan taman. 

5. Banyak negara di dunia menanggapi fenomena ini, seperti Amerika Serikat dan Prancis

Bukan Sedotan, Ini Limbah yang Lebih Berbahaya bagi Kelestarian Laut!boingboing.net

Di Amerika Serikat, telah ada upaya untuk membuat undang-undang pelarangan filter rokok. Selain itu, ada kenaikan harga rokok per pak untuk menutupi dana kebersihan. Sementara itu, di sebuah taman hiburan di Prancis, burung-burung dilatih untuk mengambil sampah dan puntung rokok!

Kampanye anti-sedotan memang baik untuk mengurangi pencemaran lautan, namun kita pun perlu mendukung kampanye anti-puntung rokok. Itu semua demi menjaga keseimbangan alam. Toh, ujung-ujungnya buat kebaikan manusia juga. Yuk dukung!

Baca Juga: 5 Sumber Energi Paling Aneh Pengganti Minyak Bumi

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You