Comscore Tracker

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!

Menurutmu, mana yang paling lucu?

Alam ini memiliki banyak sekali jenis makhluk hidup yang mendiaminya. Setiap jenisnya memiliki keunikan, daya tarik, dan fungsi di alam. Hewan-hewan berikut juga memiliki keunikan yaitu kepala botak mereka yang menjadi ciri khas, bahkan disematkan menjadi nama mereka. Dilansir laman National Geographic, simak daftarnya, yuk! 

1. Uakari botak

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!thetravel.com

Jenis monyet ini memiliki habitat di sekitar Brasil, Peru, dan pinggiran Sungai Amazon. Ia termasuk primata kecil dengan ekor yang sangat pendek. Selain karena kepala botaknya yang unik, monyet ini juga menarik perhatian karena wajah merahnya yang terang.

2. Cenderawasih botak

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!justbirding.com

Burung ini memiliki ukuran tubuh sekitar 2-25 cm dengan warna cokelat pada area bawah dan lebih berwarna pada bagian atasnya. Ia memiliki perpaduan warna merah pada punggung, kuning pada leher, dan biru cerah pada bagian kepalanya yang botak. Burung ini juga memiliki keunikan pada bagian ekornya yang melingkar dan terlihat sangat cantik.

3. Hering

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!mdlinx.com

Hering atau lebih dikenal juga dengan burung nasar merupakan burung pemakan bangkai. Burung ini dapat ditemukan di hampir semua benua. Salah satu karakteristiknya yang paling menonjol yaitu kepala botaknya.

Baca Juga: Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Dunia

4. Sphynx

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!vetstreet.com

Jenis kucing ini memang memiliki keunikan yaitu sangat pendek dan sedikit  bulu yang tumbuh di sepanjang tubuhnya. Jika dilihat sekilas, ia terlihat tak memiliki bulu sama sekali. Kucing jenis ini berasal dari kawasan Toronto dan menjadi salah satu ras kucing favorit untuk dipelihara karena keunikannya.

5. Ayam mutiara

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!thespruce.com

Ayam mutiara merupakan salah satu jenis ayam atau hewan hias yang banyak digandrungi oleh pencinta ayam hias. Hewan yang berasal dari Afrika ini memiliki bulu dengan corak polkadot di sepanjang tubuhnya dan kepala botaknya menonjol dengan warna birunya yang cerah.

6. Geronticus

Bukan kelainan, 6 Spesies Hewan Botak Ini Unik Banget!hbw.com

Geronticus termasuk keluarga burung ibis. Nama mereka merupakan saduran dari bahasa Yunani yang berarti 'botak'. Burung ini dikenal juga dengan nama ibis botak utara dan ditemukan di habitat mereka yang merupakan habitat tandus atau semi gurun.

Gimana unik, kan? Mana yang pernah kamu temui langsung? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Susah Dibedakan, 8 Hewan Ini Jago Berpura-pura Menjadi Hewan Lain!

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya