Comscore Tracker

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Dunia

Dari mulai merayakan anjing hingga sapi

Jika mendengar kata festival, mungkin hal yang paling terbayang dalam benak kita ialah penyelenggaraan acara besar, seperti musik, budaya, film, atau kuliner. Namun, apakah kamu tahu? Ternyata di dunia ini ada banyak festival unik yang didedikasikan untuk hewan.

Festival semacam ini dilakukan karena mempunyai tujuan tertentu, misalnya untuk menghormati hewan karena sudah berkontribusi terhadap kehidupan manusia. Seperti festival pada umumnya, festival hewan diselenggarakan sangat meriah dan juga menghibur. Lantas apa saja festival hewan tersebut? Berikut enam di antaranya.

1. Pushkar Camel Fair

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniatripsavvy.com

Festival ini digelar setiap tahun pada November di Pushkar, Rajasthan, India. Acara tahunan ini menjadi tempat ribuan hewan, tepatnya 11 ribu hewan ternak seperti unta untuk dipamerkan dan diperjualbelikan.

Selain kegiatan perdagangan, Pushkar Camel Fair dimeriahkan dengan perayaan tradisi, budaya, dan berbagai perlombaan, seperti balapan unta. Festival ini sangat populer sehingga di setiap penyelenggaraannya berhasil menarik perhatian banyak orang yang jumlahnya mencapai ratusan ribu penonton.

2. Dana Point Festival of Whales

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniadanapointtimes.com

Di Kota Dana Point yang terletak di selatan Orange County, California, ada sebuah festival paus. Acara diselenggarakan setiap dua akhir pekan pada bulan Maret. Mereka merayakan migrasi tahunan paus abu-abu dari Kutub Utara ke Pantai Baja, Meksiko.

Festival paus dimeriahkan dengan parade bertema serbapaus, konser, wisata mengamati paus, pahatan pasir, dan kegiatan lingkungan. Festival ini sudah berlangsung sejak lama. Dikutip dari laman Festival of Whales, pada 2020 nanti, acara ini akan menginjak usia ke-49 tahun.

3. Monkey Buffett Festival

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniatelegraph.co.uk

Thailand menjadi salah satu dari beberapa negara yang memiliki perayaan unik untuk hewan. Monkey Buffett Festival adalah nama festival hewan yang ada di sana. Acara ini digelar setiap musim gugur di Lopburi, Thailand Selatan. Ribuan monyet lokal akan disuguhi berbagai macam makanan, termasuk buah-buahan.

Laman Atlas Obscura menyebutkan, festival monyet dimulai dengan upacara pembuka. Selama upacara, ada pertunjukan yang menampilkan penari berkostum monyet. Monkey Buffett Festival menjadi daya tarik tersendiri di Lopburi sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke sana untuk menyaksikan festival yang satu ini.

Baca Juga: Festival Danau Toba 2019, Lomba Solu Bolon Hanya Diikuti 9 Tim

4. Diwali Festival of Dogs

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniaelitedaily.com

Banyak di antara kita pasti sudah mengetahui apa itu Diwali, bukan? Ya, Diwali atau Deepawalia adalah festival cahaya yang dirayakan oleh umat Hindu yang digelar setiap tahun, khususnya oleh umat Hindu di India.

Diwali digelar selama 5 hari berturut-turut. Di Nepal, satu hari dari lima hari tersebut diluangkan untuk merayakan anjing atau yang disebut dengan Kukur Tihar.

Selama Kukur Tihar, para anjing peliharaan dan anjing liar akan diperlakukan istimewa dan dihormati. Mereka akan diberi makanan lezat, karangan bunga, dan dahi mereka diolesi vermillion (pigmen merah) sebagai tanda kesucian.

Menurut Mother Nature Network, orang-orang Hindu memercayai bahwa anjing adalah pembawa pesan dari Yamaraj yang merupakan dewa kematian.

5. Alaska Bald Eagle Festival

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniavaguebuttrue.com

Sama seperti festival lainnya, Alaska Bald Eagle Festival diadakan secara rutin setiap tahunnya. Puncak acara ini sekitar pertengahan November. Ribuan elang botak akan berkumpul di Sungai Chilkat di Haines Alaska untuk mencari makanan, khususnya ikan salmon.

Para penonton yang berkunjung berkesempatan untuk belajar banyak tentang elang dan fotografi. Ada juga bazar kerajinan. Dilansir dari laman Visit Haines, salah satu bagian dari festival elang botak yaitu melepas liar elang yang direhabilitasi.

6. Swiss Cow Parades

Unik Banget! 6 Festival Hewan Paling Meriah dari Seluruh Penjuru Duniaswissclubnsw.com

Parade sapi ini digelar di berbagai kota di seluruh Swiss pada setiap musim gugur. Selama acara berlangsung, sapi-sapi akan diarak dan didandani dengan bunga, pita, bendera, dan sebuah lonceng sehingga mereka terlihat cantik.

Kawanan sapi akan digiring dari padang rumput di pegunungan untuk turun ke kota-kota oleh para penggembala. Festival semakin meriah karena disertai dengan nyanyian, tarian rakyat, dan kegiatan jual beli makanan, seperti keju.

Parade sapi dilakukan sebagai bentuk penghormatan atas pekerjaan yang telah mereka lakukan. Tak hanya di Swiss, festival seperti ini juga digelar di berbagai kota di Austria dan Jerman.

Jadi, itulah keenam festival untuk merayakan hewan. Setelah mengetahuinya, apa kamu tertarik untuk melihatnya secara langsung?

Baca Juga: Unik, Warga Gorontalo Rayakan Festival Peluk Pohon

Rinrin Photo Verified Writer Rinrin

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya