Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Surya

Volume Jupiter 1.300 lebih besar daripada volume Bumi

Jupiter merupakan salah satu planet yang terdapat di tata surya kita. Jupiter adalah planet gas yang terdapat berbagai macam badai pada lapisan atmosfernya. Letak Jupiter ada di antara Mars dan Saturnus dan merupakan planet kelima terdekat dari Matahari. Jupiter diambil dari nama dewa Jupiter dalam mitologi Romawi.

Planet yang berada di luar sabuk asteroid ini memiliki berbagai macam fakta yang menarik untuk dibahas. Mau tahu apa saja fakta menarik tentang Jupiter? Mari simak ulasannya sebagai berikut.

1. Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Suryawikipedia.org

Dari delapan planet yang ada di tata surya, Jupiter adalah planet yang paling besar. Jupiter memiliki diameter sebesar 122 diameter Bumi. Untuk volumenya, Jupiter memiliki volume 1.300 lebih besar daripada volume Bumi. Sedangkan massa Jupiter 317 lebih besar daripada massa Bumi. Untuk bisa mengitari Jupiter, kamu memerlukan waktu yang cukup lama yaitu selama 12 tahun.

2. Jupiter memiliki jumlah satelit alami terbanyak di tata surya

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Suryawww.livescience.com

Selain merupakan planet terbesar, Jupiter merupakan planet yang memiliki jumlah satelit alami terbanyak di tata surya. Ada 69 satelit alami yang dimiliki Jupiter sampai saat ini. Beberapa satelit alami Jupiter yang terkenal seperti Io, Europa, Ganimede, dan Kalisto yang diambil dari nama anak dewa Jupiter menurut mitologi Romawi.

3. Jupiter bisa dilihat langsung dengan mata telanjang

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Suryatowall.net

Jupiter merupakan planet yang bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Dengan magnitudo tampak Jupiter yang mencapai -2,94 membuat planet ini dapat dilihat dengan jelas. Jika dilihat secara langsung, Jupiter akan terlihat seperti bintang kuning terang yang cahayanya tidak berkalip-kelip.

Baca Juga: Mengenal 5 Planet Kerdil di Tata Surya Kita, Salah Satunya Pluto

4. Jupiter juga memiliki cincin

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Suryawikipedia.org

Tidak hanya Saturnus saja yang memiliki cincin. Jupiter juga merupakan planet yang memiliki cincin. Hanya saja cincin Jupiter sangat tipis sehingga tidak terlihat dengan jelas. Cincin Jupiter terdiri dari tiga bagian yaitu cincin halo, cincin utama, dan cincin gossamer. Cincin Jupiter terbuat dari debu.

5. Di Jupiter terdapat pula aurora

5 Fakta Menarik Planet Jupiter, Planet Terbesar di Tata Suryacommons.wikimedia.org

Aurora tidak hanya terlihat di Bumi saja, di Jupiter kamu juga bisa melihat aurora. Pemandangan aurora di Jupiter 1.000 kali lebih terang daripada aurora yang ada di Bumi. Aurora di Jupiter terbentuk dari letusan gunung berapi di Io yang merupakan salah satu satelit alami Jupiter. Letusan tersebut mengeluarkan partikel listrik yang dialirkan ke kedua kutub Jupiter sehingga tampak gelombang ultraviolet yang terlihat seperti aurora.

Itulah tadi fakta-fakta menarik tentang Jupiter, planet terbesar di tata surya kita yang dapat menjadi informasi bagi teman-teman mengenai menariknya planet satu ini. Bagaimana pendapat kalian mengenai Jupiter?

Baca Juga: Gak Kalah dengan Bumi, Inilah 5 Aurora Menakjubkan di Tata Surya

Xehi Dekirty Photo Verified Writer Xehi Dekirty

A person who wants to live in peace

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya