Comscore Tracker

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!

Kereta api tersuper di dunia! Siap naik?

Tak ada salahnya menjadikan kereta api sebagai transportasi favorit. Selain terbebas dari macet, penumpangnya juga dapat menempuh perjalanan dalam waktu singkat.

Namun kamu tahu gak, ada lho kereta api yang berkecepatan 431 km per jam. Ada juga yang bergerak sangat lambat, kecepatannya hanya setara dengan kecepatan sepeda.

Penasaran? Kalau begitu, yuk, kita simak, 5 kereta api pemecah rekor dunia!

1. Maglev, kereta api tercepat di dunia

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!ilustrasi kereta api (beebom.com)

Magnetic Levitation atau Maglev merupakan kereta api tanpa roda yang bergerak pada rel bermedan magnet. Kereta api Maglev tercepat berada di Shanghai, Cina dengan kecepatan maksimal 431 km per jam. Kereta yang beroperasi mulai 1 Januari 2004 ini berakselerasi dari 0 sampai 431 km per jam dalam waktu 4 menit.

2. The Ghan, kereta api terpanjang di dunia

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!ilustrasi kereta api (travelandleisure.com)

Guiness World Records mencatat The Ghan sebagai kereta api terpanjang di dunia. Kereta yang berlokasi di Australia Selatan ini memiliki panjang 1,09 km yang dilengkapi dengan 44 gerbong. The Ghan beroperasi sejak 1929. Kereta ini bisa mengangkut 5.800 penumpang, dan 200 Kg sayuran. 

3. Trans Siberia, kereta api dengan jajur terjauh di dunia

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!ilustrasi kereta api (56thparallel.com)

Trans Siberia memiliki jalur rute terjauh di dunia, yaitu 9.289 Km. Untuk menempuh keseluruhan jalur, Trans Siberia membutuhkan waktu 7 hari. Kamu akan memulai perjalanan jauh itu dari Moskow ke Vladivostok, Rusia.

Jalur ini juga menghubungkan tiga negara, yaitu Rusia, Cina, dan Mongolia. Dengan perjalanan panjang itu, kamu tidak akan bosan karena akan dimanjakan dengan pendakian Ural, arsitektur Kota Kazan, Danau Baikal, dan hutan konifer yang warna-warni.

Baca Juga: Jadi Transportasi Ternyaman, Ini 5 Sejarah Kereta Api Indonesia

4. Big Boy, lokomotif terbesar di dunia

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!ilustrasi kereta api (flickr.com//844steamtrain)

Kereta uap ini beroperasi sejak 1941 sampai 1961, dibuat oleh Alco Locomotive Work. Big Boy memiliki berat lebih dari 500 ton, dan mencatatkan rekor sebagai lokomotif terbesar di dunia.

Setelah berpuluh-puluh tahun tidak beroperasi, dan untuk memperingati 150 tahun pembangunan kereta. Pada tahun 2019 lokomotif uap Big Boy resmi kembali ke jalur.

5. Glacier Express, kereta api terlambat di dunia

5 Kereta Api Pemecah Rekor Dunia, Megah sampai Canggih!ilustrasi kereta api (uol.com.br)

Glacier Express, tidak seperti namanya, kereta ini hanya memiliki kecepatan 28 km per jam, atau setara dengan kecepatan sepeda. Glacier Express menghubungkan St. Moritz dan Zermatt di Swiss.

Meskipun lambat, kamu tidak akan merasa rugi. Karena di sepanjang perjalanan, kamu akan melintasi pegunungan, lembah, tebing, dan hamparan rumput yang indah. Selain itu kamu juga akan melewati 91 terowongan dan 291 jembatan.

Bagaimana? Tertarik untuk menaiki salah satu dari kereta api itu? 

Baca Juga: Tertua di Amerika, Ini 12 Sejarah Jalur Kereta Api Lintas Benua 

Yoga Hendriyansah Photo Writer Yoga Hendriyansah

Hello friend .... Perkenalkan namaku Yoga Hendriyansah, biasa dipanggil Yoga. Aku lahir pada hari Jum'at, 21 Mei 2004. Sekarang aku bersekolah di SMA 1 Bayung Lencir. Aku anak pertama dari tiga bersaudara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya