Comscore Tracker

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikut

Walaupun jarang terjadi, tapi lebih baik tetap waspada

Serangan binatang liar sangatlah jarang terjadi dan kitapun tidak menghendaki demikian. Akan tetapi, selalu ada kemungkinan kecil kamu tetap bisa mengalaminya jika sedang berada di waktu dan tempat yang tidak tepat.

Bisa jadi kamu bahkan mendapatkan luka yang sangat parah. Karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghindari serangan-serangan binatang liar itu.

1. Hiu

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutanimals.howstuffworks.com

Jangan terlalu paranoid. Jenis hiu memang ada 150 tipe di dunia ini, namun hanya ada 20 yang menyerang. Tetap kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghindari serangannya.

Yang pertama, hindari darah dan urin masuk ke air. Hiu dapat mencium kedua hal ini dari jarak jauh. Yang kedua, jika bertemu jangan memunggungi hiu atau berusaha lari darinya. Kamu akan tampak seperti mangsa.

Bergeraklah perlahan. Kasus terburuk, jika kamu tertangkap incar mata dan insangnya karena kedua hal tersebut sangat sensitif.

2. Kangguru

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutyoutube.com BBC Earth

Tidak tahu kan kamu kalau kangguru bisa mengancam nyawa orang? Tapi santai, itu hanya terjadi jika kamu masuk ke teritorinya dan kangguru sendiri merasa terancam.

Batuklah ketika bertahan darinya agar menipu dia kalau kamu sakit. Kamu juga bisa mundur perlahan-lahan agar tampak mengecil dan tidak berbahaya. Lalu terakhir, jangan lari darinya.

3. Singa

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutconservationaction.co.za

Kalau berhadapan dengan singa, tetaplah berkontak mata dengannya. Jangan pernah memalingkan mata atau memunggunginya karena itu indikasi kamu lengah.

Cobalah untuk tampak lebih besar darinya. Kamu bisa menggunakan jaket dan mengangkat tanganmu, serta bicaralah dengan singa dengan keras dan suara yang percaya diri.

4. Gajah

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutmentalfloss.com

Walaupun bersahabat, gajah juga sering menyerang orang. Untuk mengetahui apakah hewan tersebut akan menyerang atau tidak, perhatikan bahasa tubuhnya.

Jika belalainya melingkar dan telinganya tertarik ke belakang, itu berarti dia akan menyerang. Carilah sesuatu yang bisa jadi pelindung atau pembatas antara kamu dan gajah, seperti batu.

5. Badak

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutblog.nationalgeographic.org

Tenang, badak punya penglihatan yang buruk, jadi kamu mudah menakuti dan mengancamnya. Perlu diingat badak cukuplah cepat, mencapai 60 km per jam. Satu-satunya cara untuk menghindari serangan badak adalah bersembunyi di pohon atau di semak-semak.

6. Kuda nil

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutsciencing.com

Kelihatan lucu, tetapi kuda nil bisa sangat berbahaya. Walaupun tampak berat, kecepatan kuda nil bisa mencapai 30 km per jam.

Selalu ingat jika berada di area kuda nil dan sedang panas, jangan pernah masuk ke semak-semak. Mereka bersembunyi di sana untuk terhindar dari matahari. Naiklah ke pohon ataupun batu besar untuk menghindarinya. Tunggu sampai pergi.

Baca Juga: 10 Hewan Ini Imut & Menggemaskan, tetapi Bisa Membunuhmu dengan Mudah

7. Banteng

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutnypost.com

Banteng bereaksi terhadap gerakan, bukan warna merah. Jika seekor banteng berlari ke kamu, diam saja.

Gunakan topi atau kaosmu untuk memancing. Jika sudah mendekat, buang barang tersebut sejauh-jauhnya dari kamu karena banteng akan mengejar barang tersebut.

8. Ubur-ubur

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutearthtouchnews.com

Sengatan ubur-ubur sangat menyakitkan. Racunnya dapat bertahan hingga berjam-jam. Jangan dikencingi karena itu hanya mitos.

Malah gunakan air asin untuk membersihkannya, bukan air tawar karena itu hanya akan memperparah luka tersebut. Setelah itu, gunakan penjapit untuk membuang bagian dari ubur-ubur. Jika ada salep bakar, kamu bisa menggunakannya juga.

9. Buaya

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikuten.wikipedia.org

Gigitannya adalah yang terkuat di dunia. Percayalah, ketika kamu tergigit jangan berharap bisa lolos dengan mudah darinya. Pukul bagian paling sensitifnya, yaitu mata dan tenggorokannya.

Lari zig-zag dan membuat banyak suara akan membuatnya susah untuk mengejarmu di darat. Tapi jika kamu menemuinya di danau atau sedang berenang, jangan membuat cipratan dan berteriak. Bergeraklah sepelan mungkin tanpa suara.

10. Ular

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutcottagelife.com

Perlu diingat jika mereka yang tergigit mayoritas adalah mereka yang ingin menangkap hewan ini. Jika ada yang datang ke kamu, jangan bergerak. Getaran yang disebabkan olehmu menarik hewan ini.

Jangan pernah pula menghisap bisa yang digigitkan ke kamu seperti di film-film. Lebih baik membersihkannya menggunakan air dan menggunakan turniket atau apapun yang bisa menghentikan peredaran darah bagian yang kena bisa.

11. Beruang

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikuten.wikipedia.org

Beruang jarang menyerang orang, tapi itu bisa terjadi kalau kamu berada di tempat dan waktu yang salah. Mengetahui beberapa kebiasaannya adalah cara terbaik menghindari, seperti jangan berlari karena kamu akan dikira mangsa.

Bergulinglah seperti bola dan lindungi lehermu untuk menghindari serangannya atau paling tidak berpura-puralah mati. Jangan panik jika dia melemparkanmu. Tetaplah berpura-pura mati.

12. Gorila

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutgorillafund.org

Gorila adalah hewan yang sangat menjunjung tinggi kedudukan. Jika bersama dia, berusahalah untuk memiliki posisi yang lebih rendah daripada mereka, seperti duduk. Hindari pula kontak mata karena itu berarti menantang. Jika diserang bergulinglah seperti bola.

13. Lebah

Ketahui Tips untuk Menghindari Serangan 13 Macam Hewan Liar Berikutmyaccount.news.com.au

Jangan pernah mengusik sarangnya karena lebah sangat protektif. Mereka akan menyerangmu bahkan jika kamu berada di dekat sarangnya. Selain itu warna gelap juga menarik mereka, jadi hindari menggunakan pakaian berwarna hitam.

Itulah dia beberapa cara menghindari berbagai serangan serangan hewan. Poin no 13 pasti lebih berpotensi kamu rasakan ketimbang poin-poin yang lain kan? Tetap berhati-hati. Walaupun tampaknya hal ini tidak mungkin terjadi. 

Baca Juga: 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunia, Awas Jangan Dekat-dekat! 

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You