Comscore Tracker

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahli

Kamu pasti punya minimal satu

Kamu pasti pernah tiba-tiba tertarik kepada seseorang. Terkadang sulit mencari tahu apa yang menarik pada seseorang, ketika kita memang sedang tertarik atau kagum padanya. Bisa jadi kepercayaan diri mereka, atau selera humor mereka, atau kamu mungkin menyukai penampilan mereka. Banyak penelitian selama bertahun-tahun telah berusaha untuk mengetahui apa yang membuat kita saling menyukai satu sama lain.

Hasilnya bisa bervariasi: beberapa wanita menyukai bau pria yang melakukan jenis diet tertentu dan beberapa pria berpikir bahwa wanita dalam kelompok/grup lebih menarik. Beberapa penelitian menyarankan kita sering mencari orang-orang yang memiliki karakteristik yang sama dengan kita, untuk lebih “nyambung”.

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa ada alasan mendasar kenapa kita bisa langsung tertarik satu sama lain, meskipun dalam pandangan pertama, tanpa memperhatikan gender. Dilansir dari iflscience, berikut ini 9 ciri wajah yang bisa membuat seseorang menjadi lebih menarik bagi kita, menurut segi sains!

1. Tingkat simetrisnya

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Meireles Neto

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Comparative Psychology dan yang diterbitkan dalam Journal of Evolution & Human Behavior ini menunjukkan bahwa dalam kondisi fokus mengamati, baik pria maupun wanita lebih menyukai wajah yang lebih simetris.

Sebuah penelitian pada kembar identik menemukan bahwa si kembar dengan wajah yang lebih simetris dianggap lebih menarik. Bahkan kebiasaan para primata (monyet) diamati, yang ternyata mereka memandang wajah simetris lebih lama daripada yang asimetris.

Salah satu kesimpulan yang telah dicapai para ilmuwan untuk menjelaskan ini adalah bahwa dalam hal evolusi, kita mungkin menganggap wajah simetris sebagai hasil dari kesehatan dan perkembangan yang baik. Memiliki wajah yang berkembang dengan cara simetris dapat menunjukkan kamu memiliki "gen yang baik," karena kamu berkembang lebih berhasil dalam menghadapi tekanan lingkungan, ketika kamu sedang berada di dalam rahim.

Namun pada tahun 2014, penelitian dari Brunel University di London membandingkan kesimetrisan wajah sekitar 5.000 remaja dan menemukan tidak ada korelasi antara simetri dan kesehatan secara keseluruhan.

2. Tingkat asimetrisnya

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Yuvraj Singh

Tenang saja, ini bukan aturan mutlak. Bahkan, kamu mungkin bisa menyebutkan banyak selebriti yang kamu suka yang tidak memiliki wajah simetris sama sekali. Kadang-kadang, misalnya seperti dalam kasus Milo Ventimiglia, senyum bengkok (tidak simetris) adalah salah satu faktor yang menambah pesona dirinya.

Bahkan, kesimetrisan mutlak dapat membuat orang terlihat sangat aneh. Ketika wajah-wajah selebriti yang menarik (karena keasimetrisannya) dibuat agar terlihat simetris, mereka jadi terlihat aneh banget.

3. Wajah yang serupa secara rata-rata

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Corey Motta

Orang cenderung menyukai wajah yang “pasaran”, atau orang-orang yang menyerupai orang lain dalam populasi umum. Pada tahun 1878, sebuah makalah di Nature pertama kali mencatat bahwa sekelompok wajah yang mirip dijajarkan bersama dianggap lebih menarik daripada mereka seorang diri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Nature, berpendapat itu bisa terjadi karena wajah “pasaran” mewakili rangkaian gen yang lebih beragam, yang sering menjadi keuntungan genetik dalam melawan penyakit dan parasit.

4. Tingkat “keborosan” wajah

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Nicola Fioravanti

Sebuah studi pada 2012, yang diterbitkan dalam Journal of Evolutionary Psychology menemukan bahwa wanita lebih menyukai pria yang terlihat lebih tua. Semakin mandiri secara finansial seorang wanita, semakin mereka menyukai pria yang lebih tua.

Para peneliti menggunakan istilah ”George Clooney Effect” sebagai penjelasannya. Istilah tersebut menggambarkan bahwa wanita hanya subur dari masa pubertas hingga menopause, sementara pria dapat menjadi ayah bagi seorang anak sampai jauh lebih lama. Wanita mungkin mendapatkan tawaran yang lebih baik dengan menunggu sampai seorang pria memiliki status yang lebih baik dan kondisi sosial-ekonomi yang lebih menjanjikan, seiring ia bertambah tua.

Baca juga: 5 Alasan Ilmiah Kenapa Bersikap Ramah Itu Baik untuk Otakmu

5. Rambut-rambut wajah

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Aatik Tasneem

Sebagian orang menyukai jenggot lebat, sedangkan yang lain mencari pria yang bersih dan tercukur rapi. Sebuah studi pada 2013 melibatkan 177 pria dan 351 wanita untuk melihat foto pria yang tidak memiliki rambut wajah, janggut ringan, janggut tebal atau janggut penuh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita paling menyukai janggut yang tebal, atau sekitar 10 hari pertumbuhan. Janggut lebat, janggut ringan dan cukuran bersih semuanya sama-sama kurang menarik daripada janggut tebal.

6. Luka di wajah

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Usama

Yang ini tergantung pada apakah kamu tertarik pada pria atau wanita. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Individual Differences, menemukan bahwa pria dapat dianggap lebih menarik jika mereka memiliki bekas luka wajah, sedangkan ini tidak bisa diberlakukan untuk wanita.

Para peneliti mengambil foto 24 pria dan 24 siswa perempuan kemudian memanipulasinya agar terlihat seperti seakan ada bekas luka di wajah mereka. Kemudian, 200 siswa lainnya diminta untuk menilai seberapa menarik foto itu dan apakah mereka pikir orang itu akan baik untuk hubungan jangka pendek atau jangka panjang.

Pria dengan bekas luka dinilai lebih menarik untuk hubungan jangka pendek daripada pria tanpa bekas luka. Tidak ada perbedaan signifikan dalam seberapa menarik wanita dengan atau tanpa bekas luka. Namun jangan asal melukai diri sendiri ya!

7. Wajah yang familiar

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Luiza Sayfullina

Menurut sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Current Biology, genetika mungkin tidak ada hubungannya dengan permasalahan ini. Para peneliti menemukan bahwa jenis-jenis wajah yang kita sukai lebih dipengaruhi oleh pengalaman pribadi kita dalam kehidupan, daripada faktor lainnya.

Studi ini menemukan bahwa kembar identik yang memiliki pandangan berbeda tentang siapa yang mereka anggap menarik, menunjukkan kecenderungan genetik bukanlah faktor. Secara keseluruhan, genetika hanya menjelaskan seperlima variasi dalam preferensi orang.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat menjelaskan bagaimana model dan selebritis dapat menghasilkan uang dari ketampanan mereka, padahal sekelompok orang selalu tidak sepakat tentang siapa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.

8. Kesederhanaan pada wajahmu

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Allef Vinicius

Sebuah penelitian dari tahun 2016 menemukan bahwa alih-alih laki-laki memiliki preferensi untuk fitur-fitur tertentu seperti bibir atau mata, mereka ternyata menilai dari keseluruhan penampilan.

Para peneliti merekrut 169 pria di Perancis dan menunjukkan 2 wajah wanita secara acak. Mereka diminta untuk menilai foto-foto tersebut pada skala 0-20, dalam hal daya tarik.

Hasilnya menunjukkan bahwa secara keseluruhan, wajah orang-orang yang ditemukan paling menarik sangat bisa "dikodekan" sesuai kelompoknya - misalnya wajah orang-orang yang simetris, lebih polos, dan tidak memiliki fitur yang membedakan.

9. Kemiripan dengan orangtuamu

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Marco W.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung menganggap menarik orang-orang yang tampak seperti orangtua kita (terutama yang berbeda gender dengan kita. Menurut penelitian dari St Andrews, kita tertarik pada fitur yang dimiliki orang tua kami ketika kita lahir, mungkin karena kita melihat mereka sebagai pengasuh pertama kita dan mengasosiasikan perasaan positif dengan fitur mereka. Dalam sebuah penelitian dari 2002, peneliti meminta peserta untuk menilai seberapa menarik sekumpulan wajah dari berbagai usia.

Para ahli menemukan bahwa perempuan yang lahir dari orangtua berusia lanjut (lebih dari 30) kurang membuat laki-laki terkesan. Mereka lebih tertarik pada karakteristik wajah laki-laki daripada perempuan dengan orangtua 'muda' (di bawah 30). Untuk pria, preferensi untuk wajah wanita dipengaruhi oleh usia ibu mereka dan bukan usia ayah mereka, tetapi hanya untuk hubungan jangka panjang.

Ini 9 Karakteristik Wajah yang Buatmu Dianggap Menarik Kata Para Ahliunsplash.com/Chao Yan

Dalam penelitian lanjutan, sampel 697 pria dan wanita menunjukkan bahwa mereka lebih cenderung memiliki pasangan asmara yang memiliki warna mata dan rambut yang sama dengan orangtua mereka (yang lawan jenis). Ini menunjukkan bahwa berbagai karakteristik wajah di atas memang sangat mempengaruhi preferensi seseorang dalam berinteraksi maupun menjalin hubungan lebih, mengikuti rasa tertariknya.

Baca juga: Jawab Pertanyaan Ini, Jika Skormu Lebih dari 30 Berarti Kamu Psikopat!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You