Comscore Tracker

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!

Baru tahu kan?

Banyak orang mengkhawatirkan soal air yang berfluorida, apalagi pada air minum, karena banyak sekali mitos yang beredar tentangnya.

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!watchfit.com

Namun penelitian intensif dari National Health and Medical Research Council (NHMRC) berhasil membantah 4 mitos yang paling sering terdengar. Apa saja? Ini dia!

1. Flour itu gak alami, jadi berbahaya.

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!youtube.com

Fluor adalah kandungan alami yang ditemukan pada batu yang larut dan hancur bersama air tanah (ground water), itu juga ditemukan di permukaan air (surface water). Tingkat kealamian fluor bervariasi tergantung tipe airnya (apakah air tanah atau permukaan air), serta tipe batu dan mineral yang bersinggungan dengannya.

3 kandungan utama fluor dalam air terfluoridasi adalah sodium fluoride, asam hidrofluorosilisit dan asam heksafluorisilisit. Semua kandungan ini larut di air dan memberikannya kemampuan untuk mencegah gigi bolong. Terlepas dari mana pun sumbernya, fluor itu meng-ion di dalam air.

2. Air yang terfluoridasi itu gak ada guna dan manfaatnya.

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!natural-health-journals.com

Penelitian Amerika Serikat yang dilakukan sejak tahun 1940-an menemukan bahwa air terfluoridasi benar-benar menurunkan kasus gigi bolong pada masyarakat. Observasi yang dilakukan oleh NHMRC menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang tinggal di daerah dengan air terfluoridasi 26-44% lebih rendah risikonya terkena gigi bolong, sedangkan orang dewasa risikonya lebih rendah 27%. Ini berhubungan langsung dengan jumlah air (terfluoridasi) yang mereka masukkan mulut maupun diminum.

Baca juga: 7 Aktivitas Sehari-hari Ini Ternyata Kamu Lakukan dengan Salah

3. Air yang terfluoridasi akan menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!livepunjab.com

NHMRC berhasil meneliti bahwa kandungan fluor pada air yang masih berada pada level 0.6-1.1 gak berhubungan sama sekali dengan kanker, down syndrome, masalah kognitif, masalah kecerdasan, pengeroposan panggul, batu ginjal, pengerasan arteri, tekanan darah rendah, ringannya bobot lahir bayi, kematian prematur, sakit muskuloskeletal, osteoporosis, fluorosis tulang, masalah tiroid atau segala masalah lain yang pernah diisukan.

4. Air yang terfluoridasi itu gak aman untuk membuat formula bayi.

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!youtube.com

Fluor yang ditemukan dalam campuran air dengan formula bayi masih di bawah batas aman yang sekitar 17 mikrogram/100 KJ. Karenanya mencampurkan formula bayi dengan air terfluoridasi itu masih tergolong aman dan gak ada risiko fluorosis gigi. Penelitian Australia menemukan bahwa gak ada hubungannya antara penggunaan formula bayi dengan gangguan kesehatan gigi (dan seisi mulut lainnya).

4 Mitos Tentang Air Minum Ini Ternyata Salah Total!health.com

Menambahkan fluor pada air untuk mencegah gigi bolong adalah salah satu pencapaian kesehatan publik yang menakjubkan, dengan bukti yang sudah tersebar lebih dari 60 tahun lamanya. Penggunaannya aman dan memang sesuai manfaatnya, penelitian dari Australia tersebut telah membuktikannya.

Baca juga: 5 Pemahaman Umum Soal Minyak Kelapa Ini Dibantah Secara Ilmiah!

Topic:

Berita Terkini Lainnya