Comscore Tracker

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!

Kalau kamu lulus, kamu bisa diakui dunia secara spesial!

Kamu pasti pernah melihat wajah-wajah yang akan selalu bisa kamu ingat. Baik itu karena karakteristik wajahnya yang jarang ditemukan di kebanyakan orang lainnya, maupun karena keterkaitan emosimu dengannya. Namun bagaimana jika kamu dikenalkan atau dihadapkan dengan beberapa orang yang memiliki tingkat kemiripan tinggi satu sama lain? Mampukah kamu tetap mengenal mereka dalam waktu cepat? Sebuah tes terbukti mampu mengukur tingkat mengenalmu dan kamu bisa mengikutinya!

Menurut pakar psikologi, terdapat golongan orang super-pengenal yang mampu mengenal serta mengingat orang dengan cepat. Jumlahnya hanya 1 persen dari total populasi dunia. Apa kamu salah satunya?

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!psfk.com

Otak memang memiliki keterbatasan dalam mengingat. Walaupun dikatakan bahwa orang lebih mampu mengingat wajah daripada nama, tetap saja ada batasnya informasi tersebut terlupakan. Baik itu karena faktor lamanya waktu, kurangnya keterkaitan emosi maupun sudah terlalu banyak wajah yang "harus" diingat. Josh P. Davis, seorang profesor psikologi dari University of Greenwich di Inggris menyampaikan pada Yahoo Health bahwa hanya ada 1 persen orang yang punya kemampuan pengenalan super.

Kemampuan super-pengenal dulunya dianggap sebagai kemampuan yang menyeramkan dan membuat mereka dianggap aneh oleh kebanyakan orang.

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!superrecognisers.com

Pada tahun 2009, sebuah tim neurosains dari Harvard melakukan penelitian terhadap para super-pengenal. Terdapat empat orang yang teridentifikasi sebagai super-pengenal. Mereka mampu mengenal orang asing serta aktor-aktris dalam film secara cepat dan dalam waktu lama. Mereka diberikan banyak informasi mengenai orang-orang asing tersebut dan secara mengejutkan mereka mampu terus mengingatnya.

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!twitter.com/patrick_wyman

Dalam kehidupan sehari-hari mereka, mereka dianggap aneh karena saking masih mengenal orang lain, mereka disangka suka stalking. Padahal informasi yang mereka peroleh baik dari orang lain maupun orangnya sendiri dengan cepat mereka serap dan simpan. Sementara terkadang orang lain lupa bahwa mereka sendiri lah yang cerita mengenai dirinya sendiri ke para super-pengenal tersebut. Karena itu lah para super pengenal cenderung memilih untuk "pura-pura lupa" ketika bertemu ulang dengan kenalan baru mereka. Sisi positifnya, mereka sering diminta bantuan oleh kepolisian atau pihak intel untuk membantu menyelesaikan kasus kriminal.

Baca Juga: Inilah yang Hewan Peliharaanmu Lihat Saat Mereka Menonton Televisi!

Saking langkanya jumlah orang yang tergolong super-pengenal, mereka dianggap spesial serta memiliki kekuatan khusus. Ikuti tesnya untuk tahu apakah kamu termasuk super pengenal atau gak.

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!popsci.com

Pada tahun 90-an, para peneliti menemukan bagian pada otak yang disebut dengan fusiform face area (FFA) yang berperan penting dalam membantu seseorang mengingat wajah orang lain. Beberapa orang dengan kerusakan pada daerah tersebut tentunya berbanding terbalik dengan golongan super-pengenal. Kelainan tersebut disebut prosopagnosia atau kebutaan wajah, yang membuat penderitanya gak mampu mengingat wajah seseorang bahkan wajahnya sendiri jika benar-benar parah. Ada beberapa kasus tercatat orang-orang yang terlahir dengan kelainan ini.

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!fastcodesign.com

Josh P. Davis mempublikasi tes yang ia kembangkan dalam bentuk sebuah tes online untuk mengetahui tingkat kemahiran mengenalmu yang bisa kamu lakukan dengan mengaksesnya melalui link di bawah ini:

IKUTI TESNYA DENGAN KLIK DI SINI!

Hanya Ada 1% Orang yang Tergolong Pengenal Super di Dunia. Ikut Tesnya di Sini!dailydot.com

Bagaimana hasil tesmu? Apakah kamu termasuk pengenal yang baik atau bahkan kamu adalah salah satu dari golongan super-pengenal yang langka? Berbagi pengalaman dan hasil tesmu di sini ya! Siapa tahu akan membawamu pada banyak kenalan baru, sekalian mengasah kemampuan mengenalmu.

Baca Juga: Kenapa sih Memotong Bawang Bikin Kamu Menangis? Ini Jawabannya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya