Comscore Tracker

Ajaib, Ini yang Akan Terjadi Jika Nitrogen Cair Nempel dengan Tangan!

Wow, bisa begitu ya!

Nitrogen cair sering digunakan dalam berbagai keperluan terutama ketika berhubungan dengan membekukan objek secara instan. Nitrogen cair juga sering digunakan dalam eksperimen komersial yang ditampilkan di berbagai video media sosial karena efeknya yang nampak memuaskan.

Ternyata seorang peneliti melalui akun YouTube NurdRage, memasukkan tangannya sementara secara langsung ke nitrogen cair tapi gak mengalami cedera apapun. Ternyata itu karena adanya efek Leidenfrost. Apa sih itu? Yuk, cari tahu di sini!

1. Efek Leidenfrost adalah formasi dari pembatas gas di antara permukaan panas dan cairan mendidih jika perbedaan temperaturnya cukup besar

Ajaib, Ini yang Akan Terjadi Jika Nitrogen Cair Nempel dengan Tangan!

Pembatas gas ini dengan kuat memperlambat transfer panas di antara keduanya dan membuat cairannya bertahan lebih lama, selain itu secara konsekuen juga membuat permukaan panasnya tetap panas lebih lama.

2. Efek Leidenfrost ini bisa terlihat di wajan yang seiring sedang dipanaskan

Ajaib, Ini yang Akan Terjadi Jika Nitrogen Cair Nempel dengan Tangan!

Pertamanya air di dalamnya akan dengan cepat mendidih saat dituangkan, tapi pada saat temperaturnya cukup panas, efek Leidenfrost akan mengambil alih dan membuat airnya "berkeliling" di permukaannya dalam waktu lama.

Baca Juga: Ini 5 Hal yang Akan Terjadi Kalau Kamu Minum Air Putih Segalon Sehari

3. Efek Leidenfrost harus muncul untuk menyeimbangkan perbedaan temperatur yang bisa menimbulkan efek instan

Ajaib, Ini yang Akan Terjadi Jika Nitrogen Cair Nempel dengan Tangan!

Jika gak ada efek leidenfrost, kemungkinan apa yang akan terjadi terhadap tangan si peneliti akan sangat fatal. Terutama akan berdampak pada pembuluh darah yang mengerut drastis tiba-tiba.

4. Nitrogen cair jika dilawan dengan temperatur ruangan juga akan memunculkan efek mencegahnya dari membekukannya objek secara instan

https://www.youtube.com/embed/gjsMV1MglA4

Sama halnya tangan peneliti yang gak akan beku tiba-tiba. Seperti yang bisa kamu lihat di video.

Ini bisa dipastikan aman untuk dicoba kok, tapi pastikan kamu didampingi orang yang paham betul soal reaksi kimia, misalnya di sekolah dengan guru kimia atau di laboratorium kimia suatu kampus. Ya walaupun aman dan sudah mengikuti prosedur yang seharusnya, kita perlu selalu antisipasi kan?

Baca Juga: Duh, Seram! Ini yang Akan Terjadi Kalau Bumi Tiba-tiba Berhenti Berputar

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You