Comscore Tracker

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahu

Kloning adalah bentuk kemajuan sains dan teknologi

Kloning (pengklonan) merupakan prosedur atau proses untuk menghasilkan individu makhluk hidup yang memiliki struktur anatomi dan genetika yang sama dengan induk klonnya. Melansir britannica.com, proses kloning sebetulnya juga terjadi di alam. 

Salah satu yang dapat menduplikasi sel di alam adalah organisme prokariotik, dimana organisme ini tidak memiliki inti sel, sehingga ia akan menduplikasi dirinya sendiri melalui pembelahan diri. Salah satu contoh yang termasuk dalam organisme ini adalah bakteri. Dalam dunia sains, ternyata ada beberapa hewan yang merupakan hasil kloning, lho. Apa saja ya?

1. Domba yang diberi nama Dolly

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahulivescience.com

Dolly merupakan domba hasil kloning, sekaligus juga sebagai mamalia pertama hasil kloning sel dewasa. Seperti diberitakan animalresearch.info, para ilmuwan di Roslin Institute telah mengembangkan cara menduplikasi sel domba dewasa berusia enam tahun. Para ilmuwan tadi menemukan cara supaya sel yang diambil dari domba dewasa dapat tetap hidup dan diprogram ulang agar fungsi-fungsi kehidupannya tidak hilang.

Dan pada akhirnya, ilmuwan genetika telah berhasil meng-kloning seekor domba bernama Dolly. Hasil kloning tersebut sangat mirip secara anatomi maupun genetika dengan domba-domba lainnya. Dilahirkan pada 1996 silam, Dolly memiliki keturunan dengan cara normal, dimana ini membuktikan bahwa kloning dapat bereproduksi dengan normal.

Pada 2003 Dolly mati karena harus di eutanasia karena Dolly menderita tumor paru-paru, sebuah penyakit yang umum dijumpai pada domba dewasa akibat dibesarkan dalam ruangan.

2. Kucing yang diberi nama Garlic

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahutheceomagazine.com

Tidak hanya domba, kucing juga bisa dikloning. Melansir jurnal sains yang termuat dalam the-scientist.com, ada kisah haru dibalik proses kloning kucing yang diberi nama Garlic ini. Seorang bernama Huang telah kehilangan kucing kesayangannya karena mati. Terlalu larut dalam kesedihan, Huang mencari jasa perusahaan bioteknologi, Sinogene.

Perusahaan bioteknologi tersebut berhasil mengklon kucing yang telah mati tersebut, dan menghasilkan tiruan yang diberi nama Garlic. Senogene merupakan sebuah perusahaan bioteknologi yang menawarkan layanan jasa kloning hewan sejak 2015 silam.

Kebanyakan dari seluruh permintaan klien mereka, anjing dan kucing adalah hewan yang paling banyak diminta. Dengan anggaran USD 53.000 atau sekitar Rp740 juta, para pemilik hewan sudah bisa memesan satu ekor hewan peliharaan. Hasil klon dijamin mirip secara karakter, anatomi dan genetiknya, karena pada dasarnya kloning merupakan duplikasi.

3. Kuda yang diberi nama Prometea

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahuseattletimes.com

Pada 2003 lalu seekor kuda telah berhasil di kloning, dan diberi nama Prometea. Dilansir dari newscientist.com, proses kloning ini cukup unik, yakni mengambil inti sel kulit kuda dewasa dan dimodifikasi yang pada akhirnya dimasukkan pada sel telur yang kosong.

Menurut ilmuwan, mengklon kuda akan membawa dampak positif untuk menghasilkan duplikasi atau "keturunan" yang lebih baik dan lebih tahan terhadap penyakit. Bahkan kedepannya, bisa saja kloning kuda menghasilkan kuda-kuda juara yang dapat bertanding di kejuaraan dunia.

Baca Juga: 9 Foto Kocak Hewan Ketika Salah Pilih Model Potongan Rambut

4. Anjing yang diberi nama Snuppy

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahumengnews.joins.com

Anjing merupakan hewan peliharaan yang dianggap sahabat terbaik manusia. Diberi nama Snuppy, anjing hasil kloning ini lahir pada 2005 silam, dan mati sepuluh tahun kemudian pada 2015. Melansir berita time.com, Snuppy merupakan hasil kloning pertama dari jenisnya.

Dikloning di Korea Selatan, Snuppy hidup layaknya anjing-anjing yang sangat aktif pada umumnya. Saat ini para ilmuwan tengah berusaha mengklon anjing-anjing dari jenis lainnya, dengan harapan dapat menghasilkan klon yang lebih panjang umur dan tahan terhadap penyakit.

5. Serigala abu-abu yang diberi nama Snuwolf dan Snuwolffy

5 Hewan Ini Merupakan Hasil Kloning Lho, Gak Banyak yang Tahuwigreenfire.org

Korea Selatan telah berhasil mengklon serigala abu-abu pada 2005 silam, bukan hanya seekor melainkan dua ekor, diberi nama Snuwolf dan Snuwolffy. Laman nature.com menuliskan bahwa ilmuwan Korea Selatan berhasil memodifikasi sel punca serigala untuk dijadikan "bahan baku" klon.

Sayangnya terdapat perdebatan dalam kasus klon ini, dimana jurnal ilmiah asli hasil laporan prosedur kloning ini terkesan disembunyikan dan ditutup-tutupi oleh pihak ilmuwan yang melakukan kloning serigala tersebut.

Itulah lima hewan yang ternyata hasil kloning buatan manusia. Semoga artikel sains kali ini dapat menambah wawasan kamu, ya!

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You