Comscore Tracker

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus Menantang

Ternyata begini cara pembuatan pesawat #IDNTimesScience

Teknologi penerbangan khususnya pesawat pada abad ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Dari transportasi hingga pertahanan dan keamanan pun sangat membutuhkannya.

Karena pentingnya pesawat, pengembangan dan produksinya pun menarik untuk disoroti. Proses dan tahapan pembuatan pesawat pun terbilang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Nah, berikut ini proses pembuatan pesawat yang mudah dipahami. Yuk, simak sampai habis!

1. Desain

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus MenantangSeorang insinyur sedang mendesain sebuah pesawat. (techxplore.com)

Desain menjadi tahap paling awal dalam pengembangan sebuah pesawat. Dilansir laman Aero Corner, di sini, para insinyur akan menyusun sebuah cetak biru atau yang bisa disebut sebagai blueprint.

Mereka memakai komputer khusus untuk menggambar, merencanakan, dan memodelkan desain pesawat. Menurut laman Oxford Saudia, tahapan proses desain ini dapat memakan waktu hingga 4 tahun penuh mulai dari konsepsi awal hingga masuk ke tahap selanjutnya.

2. Simulasi

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus MenantangInsinyur sedang mensimulasikan rancangan pesawat. (dok. NASA)

Setelah melewati tahap desain, para insinyur mulai mensimulasikan kinerja pesawat berdasarkan perhitungan mereka. Tahap ini fokus pada efek angin yang terjadi ketika pesawat itu terbang.

Umumnya, para insinyur menggunakan miniatur pesawat dan mensimulasikannya pada sebuah wind tunnel atau bisa juga disebut sebagai terowongan angin. Kemudian hasil simulasi itu dimodelkan kembali menggunakan komputer khusus.

Baca Juga: Sejarah Operasi Plastik, dari Dulu hingga Masa Sekarang

3. Konstruksi

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus Menantangpembuatan bagian-bagian pesawat (dok. KLM)

Nah, setelah semua tahap desain dan simulasi pesawat tuntas, komponen-komponen pesawat akan mulai dibuat. Badan pesawat, sayap, serta mesin pun mulai diproduksi. Ribuan komponen yang lebih kecil juga dibuat pada tahap ini.

Sering kali, bagian-bagian itu dibuat terpisah di beberapa perusahaan. Bahkan, perusahaan skala besar seperti Boeing pun sering membeli komponen kepada perusahaan lain yang berspesialisasi dalam bagian tertentu, tulis laman Aero Corner.

Namun pada tahap ini, beberapa komponen yang lebih kecil juga perlu disatukan dengan cara pengelasan. Proses tersebut pun harus memenuhi peraturan dan standar yang sangat ketat.

4. Perakitan

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus Menantangteknisi sedang merakit pesawat (dailymail.co.uk)

Setelah bagian pesawat sudah jadi, mereka dikirim ke pabrik utama untuk mulai dirakit. Pada tahap ini, bagian pesawat seperti badan dan sayap akan disatukan, begitu juga dengan mesin dan komponen lainnya. Selanjutnya, setelah semuanya dirakit dan disatukan, pesawat akan diperiksa secara teliti dan menyeluruh.

5. Pengujian

5 Proses dan Tahapan Pembuatan Pesawat, Rumit sekaligus Menantangpengujian pesawat yang sudah jadi (aeromagonline.com)

Tahap yang terakhir dalam proses pembuatan pesawat adalah pengujian. Di sini, pesawat akan mulai melewati serangkaian pengujian terbang dan benar-benar dipastikan bahwa semua sistemnya berjalan dengan baik tanpa hambatan.

Setelah melewati tahap ini, pesawat akan mulai dikirim ke pelanggan. Namun sebelum itu, ia akan dicat terlebih dahulu sesuai dengan brand dan permintaan.

Pembuatan pesawat memang terdiri dari serangkaian proses yang rumit dan tak mudah. Pengujiannya pun memakan waktu yang lama dan dilakukan secara rinci. Ini semua dilakukan demi menjaga keselamatan para penumpang dan awak. 

Baca Juga: Sejarah Sidik Jari, Salah Satu Fitur Manusia yang Penting

Fitrns B. Photo Verified Writer Fitrns B.

YNKTS :o

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya