Comscore Tracker

Katherine Johnson, Tokoh Hidden Figures Meninggal di Usia 101 Tahun

Ia adalah ahli matematika berpengaruh dalam sejarah NASA

Katherine Johnson, wanita kulit hitam yang menjadi ahli matematika NASA menutup usia pada Senin (25/2). Tokoh yang sempat diabadikan dalam film Hidden Figures tersebut meninggal dalam usia 101 tahun.

“Keluarga NASA sedih mendengar kabar meinggalnya Katherine Johnson pagi ini di usia 101 tahun, ia adalah pahlawan Amerika dan semua ilmu yang diwariskannya tak akan terlupakan,” kata pengelola NASA Jim Bridenstine melalui Twitternya. 

Badan antariksa Amerika Serikat itu menyatakan bahwa Johnson sangat berjasa dalam perkembangan NASA hingga saat ini. Wanita tersebut juga berhasil mematahkan semua hambatan sosial dan ras yang menghadangnya. 

1. Terlibat dalam misi penjelajahan Bulan pertama

Katherine Johnson, Tokoh Hidden Figures Meninggal di Usia 101 Tahunarstechnica.net

Mengutip Reuters, Johnson dan kawan-kawannya dikenal sebagai “komputer” yang sangat ahli dalam menghitung pada awal NASA beroperasi. Saat itu, masih belum ada teknologi komputasi seperti saat ini. Johnson-lah yang bertugas mengukur lintasan roket, jalur orbit, dan lain-lain. Ia melakukan semua hal itu secara manual. 

Salah satu pencapaian besar yang dibanggakannya adalah saat ia terlibat dalam misi penjelajahan Bulan pertama. Ia bertugas untuk menghitung jalur lintasan roket dan orbit untuk Alan Shephard, orang Amerika pertama yang pergi ke luar angkasa. 

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa #1: Permukaan Matahari dan Rekor Astronaut Wanita

2. Rasisme tidak menghalangi langkahnya untuk berkontribusi

Katherine Johnson, Tokoh Hidden Figures Meninggal di Usia 101 Tahunvox.com

Johnson dan kawan-kawannya sempat mendapatkan diskriminasi karena mereka berkulit hitam. Saat itu, ia bahkan harus bekerja di tempat yang terpisah dari orang kulit putih di Langley Research Center, Virginia. Namun ia mengaku bahwa ia terlalu sibuk bekerja hingga tidak ambil pusing mengenai persoalan tersebut. 

Pekerjaan yang dilakukannya kemudian mendapat perhatian publik setelah diabadikan dalam buku berjudul Hidden Figures. Buku tersebut kemudian difilmkan dan berhasil mendapatkan nominasi Oscars untuk film dokumenter pada tahun 2016. Johnson bahkan berkesempatan untuk hadir dan mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari semua tamu. 

3. Sempat mendapatkan medali kepresidenan dari Barack Obama

Katherine Johnson, Tokoh Hidden Figures Meninggal di Usia 101 Tahunvox.com

Jasa Johnson terhadap NASA dan ilmu astronomi begitu besar hingga pada tahun 2015 lalu, ia menerima Presidential Medal of Freedom, sebuah penghargaan kehormatan sipil tertinggi untuk penduduk Amerika Serikat. Presiden Barack Obama sendiri yang turun dan mengalungkan medali tersebut untuk Johnson. 

Itulah perjalanan hidup dari Katherine Johnson. Ia adalah contoh figur wanita yang tangguh dan passionate dengan apa yang ia kerjakan. Walaupun sudah menutup usia, semua ilmu dan kebaikan yang ia berikan tidak akan terlupakan.

"Sukailah apa yang kamu kerjakan, dengan begitu, kamu akan melakukan yang terbaik," - Katherine Johnson.

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si Mars

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya