Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si Mars

Ada apa di angkasa pekan ini?

Luar angkasa adalah tempat yang menakjubkan. Walaupun tidak pernah ke sana, kita bisa mengakui hal itu. Ada banyak yang bisa digali di sana, terutama dalam dua pekan terakhir ini.

Sejak awal Februari lalu, ada sejumlah fenomena menarik yang berkaitan dengan luar angkasa. Mulai dari terbentuknya kawah baru di Mars, penampakan “Nebula Valentine”, hingga Mars dan Bulan yang bermain petak umpet.

Tak perlu jauh-jauh ke luar angkasa untuk melihat dan mencari tahu tentang semua itu. Sebab semuanya telah tertangkap oleh lensa kamera. Yuk, intip potretnya berikut ini!

1. Kawah biru di Valles Marineris, Mars

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si Marsnasa.gov

Valles Marineris adalah sebuah ngarai tebing terjal yang terletak di Mars. Penampakannya sangat mirip dengan Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Namun dengan ukuran yang masif, yaitu empat kali lebih besar.

Pada Jumat (7/2) lalu, pengamat Mars dari NASA menemukan kawah yang tampak baru terbentuk di sana. Spot tersebut terlihat berwarna biru terang di bagian tengahnya.

Kok bisa, ya? Dilansir dari Space.com, ternyata itu adalah batuan basal yang bernama ejecta blanket. Warna birunya alami karena erosi yang terjadi.

2. Sampai jumpa Atlas V!

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si MarsS. Corvaja/ESA

Ucapkan sampai jumpa kepada Atlas V, roket milik European Space Agency! Pada Senin (10/2) lalu, roket tersebut diluncurkan dari Cape Canaveral Air Force Station Florida untuk menjalankan misi mengamati kutub Matahari.

Misi tersebut diekspektasikan berlangsung selama kurang lebih 20 bulan, lho! Mereka akan menangkap gambar dan mengukur kekuatan gravitasi dari sang surya. Semoga berhasil, semua kru Atlas V!

3. Galaksi dengan lengan terbuka

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si Marsspacetelescope.org

Ditangkap oleh teleskop Hubble milik NASA pada Senin (10/2), para astronom berhasil menangkap penampakan galaksi NGC 2008 yang menakjubkan. Terlihat dekat, namun sebenarnya galaksi ini berada 425 juta tahun cahaya dari Bumi.

NGC 2008 tergolong sebagai galaksi tipe Sc. Apa maksudnya? Dilansir dari Space Telescope, “S” menunjukkan bentuknya spiral, sedangkan “c” berarti ia memiliki inti yang kecil dan lengan yang terbuka. Itulah kenapa NASA menjulukinya open arms galaxy (galaksi dengan lengan terbuka).

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Terbaik Tahun 2020, Catat Tanggalnya ya!

4. Senja bersama Bulan dan roket Antares

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si MarsAubrey Gemignani/NASA

Gambar di atas ditangkap dari Wallops Flight Facility, salah satu markas NASA yang ada di Virginia, Amerika Serikat pada Selasa (11/2). Roket Antares terlihat berada di bawah supermoon yang temaram di waktu senja.

Antares sebenarnya dijadwalkan berangkat ke International Space Station di orbit Bumi pada 9 Februari. Namun NASA membatalkannya karena alasan teknis. Akhirnya roket Antares pun beristirahat sejenak sampai NASA memberikan jadwalnya kembali.

5. Nebula Eskimo

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si MarsKevin M. Gill/NASA

Kamu tentu sering mendengar kata ‘nebula’, kan? Namun tahukah kamu benda apa itu? Mudahnya, nebula adalah bintang yang telah pensiun. Mereka akan berubah menjadi gumpalan debu dan gas raksasa di luar angkasa.

Salah satu nebula yang populer adalah Nebula Eskimo. Rabu (12/2) lalu, para peneliti dari Hubble mendapatkan gambar terbarunya. Walaupun hanya terdiri dari gas dan debu, Nebula Eskimo memiliki corak dan lapisan yang terlihat menakjubkan.

Perpaduan antara biru, merah, kuning, dan ungu menjadi satu, membentuk tekstur asli sang bintang tua. Sayangnya, Nebula Eskimo ini berada cukup jauh dari Bumi, yaitu sekitar 4.200 tahun cahaya.

6. "Nebula Valentine"

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si MarsMiguel Claro/miguelclaro.com

Selamat Hari Kasih Sayang dari luar angkasa! Pada 14 Februari lalu, seorang astrofotografer bernama Miguel Claro berhasil menangkap sebuah nebula berbentuk hati. Itu adalah IC 1805 atau yang dijuluki sebagai Heart Nebula

Benda langit ini masih berada di dalam Bimasakti, namun terpisahkan jarak 7.500 tahun cahaya dari Bumi. Heart Nebula ini juga terlihat berwarna merah, pink, dengan sentuhan ungu di bagian intinya. Wah, unik sekali dan pas dengan momen Valentine, ya!

7. Sidik jari di luar angkasa

Kamu tentu sudah gak asing dengan galaksi yang berbentuk spiral, kan? NGC 4689 ini adalah salah satunya. Teleskop Hubble berhasil menangkap penampakan terbaru galaksi ini pada Senin (17/2).

Berbeda dengan galaksi spiral lainnya, NGC 4689 ini justru terlihat mirip dengan sidik jari. Ini karena debu, gas, dan bintang yang berada di lengannya lebih menyebar. Karenanya, ia pun tampak lebih besar. Iya, kan?

8. Temukan di mana Mars berada!

Angkasa dalam Lensa #2: Nebula Valentine hingga Petak Umpet si MarsB.G. Boyd/bgboydphoto.com

Coba lihat gambar di atas, deh! Iya, itu adalah Bulan. Namun bisakah kamu menemukan Planet Mars di gambar tersebut? Jika kamu mengamati dengan lebih jeli, kamu bisa melihat Mars yang tampak sangat kecil di bagian kiri bawah Bulan.

Foto ini ditangkap oleh astrofotografer B.G. Boyd pada Kamis (20/2). Bulan dan Mars tampak seperti bermain petak umpet. Peristiwa ini disebut juga dengan okultasi, di mana satu objek bersembunyi di belakang objek lainnya. Unik, ya!

Luar angkasa memang menakjubkan, ya! Dari semua potret di atas, foto mana yang menjadi favoritmu? Silakan tulis di kolom komentar, ya!