Comscore Tracker

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilang

Salah satunya adalah teori Bumi datar

Luar angkasa menyimpan banyak misteri. Terlebih untuk orang-orang awam seperti kita yang hanya bisa mendapatkan informasi tentangnya dari internet, buku, dan berbagai sumber sekunder lainnya. Tak heran, banyak teori konspirasi yang beredar tentangnya. 

Teori-teori liar tersebut telah dikonsumsi masyarakat sejak beberapa dekade yang lalu. Namun, seakan tidak hilang ditelan waktu, teori tersebut masih banyak dipercaya. Bahkan, semakin cepatnya arus informasi membuat konspirasi kian masif dan liar. 

Ingin tahu teori konspirasi luar angkasa apa saja yang masih dipercaya masyarakat? Simak berikut ini!

1. Ada kehidupan di Venus

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilangcnn.com

Manusia memang tertarik dengan pencarian kehidupan di planet lain. Salah satu yang paling populer adalah Venus. Sebelumnya pada tahun 2012, seorang ilmuwan bernama Leonid Ksanfomaliti mengaku menemukan benda hidup yang bergerak di permukaan planet tersebut. 

Hal ini kemudian memunculkan sejumlah teori yang mengatakan bahwa terdapat kehidupan di Venus. Padahal sebenarnya pernyataan itu tidak terbukti benar. Benda bergerak yang dilihat Ksanfomaliti ternyata merupakan lensa kamera pengamat yang terlepas.

Walaupun begitu, teori mengenai adanya kehidupan di Venus masih banyak dipercaya hingga sekarang. Bahkan ada orang-orang tertentu yang menuduh bahwa NASA menutup-nutupi hal ini kepada publik. 

2. Asteroid akan menghancurkan Bumi

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilang365dm.com

Teori yang satu ini telah beredar sejak beberapa dekade lalu. Banyak orang percaya bahwa kehidupan Bumi nantinya akan dihancurkan oleh tabrakan asteroid. Beberapa prediksi menyatakan bahwa asteroid akan menabrak di tahun 2012, 2019, hingga yang terbaru di tahun 2029. 

Kenyataannya, hal ini belum tentu benar akan terjadi. Sejauh pengamatan NASA dan lembaga astronomi lainnya, memang ada beberapa asteroid yang akan melintas dekat dengan Bumi. Namun mereka tidak cukup dekat untuk sampai menabrak. 

3. UFO dan semua "bukti" yang menyertainya

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilangtheconversation.com

Unidentified flying object atau yang lebih dikenal sebagai UFO adalah salah satu teori konspirasi terbesar dalam bidang astronomi. Menurut kabar yang beredar UFO merupakan kendaraan yang dipakai oleh alien. Benda ini berbentuk seperti piringan yang tak dikenali dari mana asalnya. 

Mayoritas masyarakat percaya bahwa UFO mendarat di Bumi untuk menculik manusia dan makhluk-makhluk lainnya. Tak hanya itu, tidak sedikit pula orang yang mengaku melihat UFO dan bahkan diculik olehnya. Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada bukti yang valid mengenai keberadaan benda tersebut. 

Baca Juga: Risiko Astronaut, 7 Kecelakaan Terburuk di Luar Angkasa

4. Penampakan wajah manusia di Mars

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung HilangDok. NASA

Di tahun 1976, NASA merilis foto permukaan Mars yang menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan masyarakat. Di dalam foto yang diambil melalui misi Viking 1 dan Viking 2 itu terdapat penampakan wajah manusia di antara bebatuan Mars. 

Masyarakat langsung membuat beragam spekulasi. Mereka beranggapan bahwa itu merupakan jejak yang ditinggalkan oleh alien. Padahal setelah diteliti lebih lanjut, "wajah" tersebut merupakan tumpukan batu yang terkena efek cahaya. 

5. Planet X

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilangspace.com

Teori planet X. Ini merupakan konspirasi yang mengatakan bahwa tata surya memiliki planet kesepuluh (saat Pluto masih termasuk) yang dijuluki sebagai planet X.

Menurut anggapan yang beredar, benda langit ini sangatlah besar. Ia memiliki jalur orbit unik yang bisa membawanya mendekati Bumi. Dilansir Space Specialists, orang-orang percaya bahwa gravitasi planet X adalah penyebab dari terjadinya gempa bumi. 

Seperti teori-teori sebelumnya, planet X tidaklah nyata. Jika ia benar-benar ada, manusia pasti bisa melihatnya bahkan tanpa bantuan teleskop. Ini hanyalah isu yang dibuat untuk menyebarkan kepanikan. 

6. Flat Earth Society yang percaya teori Bumi datar

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilangphysicsworld.com

Flat Earth Society merupakan sekelompok orang yang percaya bahwa Bumi itu datar. Ini merupakan salah satu teori konspirasi terbesar yang sering menimbulkan perdebatan. Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh Flat Earth Society, di antaranya:

  • Garis cakrawala selalu datar dan berada pada eye-level (sejajar dengan mata);
  • Tidak ada video yang menunjukkan Bumi berotasi dari luar angkasa;
  • Gravitasi Bumi hanyalah ilusi;
  • Bumi berbentuk seperti piringan. NASA melindungi ujung-ujungnya sehingga tidak ada orang yang terjatuh, dan lain sebagainya. 

Semua argumen tersebut bisa dipatahkan. Sebab para astronom memiliki bukti berupa foto dan video dari luar angkasa yang menunjukkan Bumi itu bulat. Terlebih lagi di jalur orbit Bumi, terdapat International Space Station, markas luar angkasa yang mengelilingi planet kita 16 kali sehari. Ini sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa Bumi tidaklah datar. 

7. Pendaratan di Bulan tidak pernah terjadi

7 Teori Konspirasi Luar Angkasa yang Tak Kunjung Hilangsciencemuseum.org.uk

Ini merupakan nenek moyang dari semua teori konspirasi seputar luar angkasa. Semuanya berawal dari tahun 1969 dan 1972. Saat itu, 12 orang astronaut dari NASA berhasil mendarat di Bulan dan merilis foto-foto daratannya. 

Namun beberapa dekade setelah kejadian tersebut, banyak orang yang menuduh bahwa NASA memalsukan pendaratan Apollo 11 tersebut. Ada banyak alasan yang mendasarinya, seperti berikut ini:

  • Amerika Serikat seharusnya belum memiliki teknologi yang cukup untuk mendarat di Bulan;
  • Tidak terlihat bintang-bintang di foto yang dirilis NASA;
  • Bagaimana bisa bendera berkibar di permukaan Bulan, dan lain sebagainya.

NASA pun memiliki sejumlah penjelasan mengenainya. Pertama, bintang tidak terlihat karena foto diambil pada "siang hari" di Bulan. Selain itu, pakaian astronaut sangat terang dan memantulkan cahaya kamera sehingga langit tampak gelap. Untuk bendera, mereka menjahitnya ke kawat sehingga tampak berkibar. 

Selain itu, para astronaut juga membawa bukti-bukti pendaratan lain. Contohnya berupa pasir dan batuan dari Bulan, video, foto, dan berbagai testimoni lainnya. 

Itulah sejumlah teori konspirasi luar angkasa yang masih dipercaya hingga saat ini. Semuanya belum memiliki penjelasan ilmiah yang valid dan bahkan telah dibantah dengan bukti-bukti konkret. Apakah kamu salah satu orang yang percaya dengan teori tersebut?

Baca Juga: 7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya