Comscore Tracker

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!

Siap temani kamu menyambut awal tahun

Selamat tahun baru! Di awal 2021 ini, banyak orang disibukkan dengan membuat resolusi. Ingin lebih rajin berolahraga, makan sehat, hingga membangun bisnis adalah beberapa hal yang sering dimasukkan ke dalam daftar tersebut. 

Tak boleh ketinggalan, aktivitas lain yang bisa kamu tambahkan adalah mengamati indahnya fenomena langit malam. Bukan hanya menambah pengetahuan, aktivitas ini akan membantumu mengatasi stres dari kesibukan sehari-hari.

Sebagai permulaan, di bulan Januari 2021 ini ada sejumlah peristiwa langit yang layak untuk disaksikan. Yuk, simak penjelasan beserta tanggalnya berikut ini!

1. Puncak hujan meteor Quadrantid pada 3 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!mirror.co.uk

Berlangsung dari 28 Desember 2020, peristiwa langit pertama yang bisa kamu saksikan tahun ini adalah hujan meteor Quadrantid. Ia berada di puncaknya pada 3 Januari 2021 dini hari. Namun setelah itu, kamu masih bisa melihatnya berkeliaran di langit malam hingga tanggal 12 Januari 2021.

Quadrantid adalah salah satu peristiwa paling dinantikan karena ada setidaknya 80 hingga 120 meteor yang melintas per jam. Untuk menemukannya, kamu hanya perlu menengok langit bagian timur laut sekitar pukul 04.30 waktu daerahmu. Tak perlu teleskop kok, kamu bisa mengamatinya dengan mata telanjang. 

Sebagai catatan, kamu tak perlu khawatir akan peristiwa ini. Hujan meteor merupakan fenomena bulanan yang tidak berbahaya. Sebab batuan yang meluncur akan terbakar habis di atmosfer sehingga tidak akan sampai atau bahkan merusak Bumi. 

2. Konjungsi Bulan dan Venus pada 12 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!wellandgood.com

Setelah vakum selama kurang lebih sembilan hari, peristiwa langit berikutnya yang bisa kamu saksikan adalah konjungsi antara Bulan dan Venus pada 12 Januari 2021. Ini merupakan momen di mana kedua benda langit tersebut tampak berdekatan dari sudut pandang kita yang ada di Bumi. 

Konjungsi Venus dan Bulan ini terjadi sekitar pukul 05.15 waktu daerahmu. Kamu hanya perlu menengok langit bagian timur untuk melihatnya. Bulan akan tampak separuh sementara Venus terlihat seperti bintang paling terang yang tak berkelap-kelip di sebelahnya. Kamu bisa menyaksikan peristiwa ini hingga Matahari terbit, ya!

3. Konjungsi Bulan dan Merkurius pada 14 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!slovinsky.art

Setelah "bertemu" dengan Venus, Bulan akan tampak berdekatan dengan Merkurius pada 14 Januari 2021. Keduanya akan tampak terpisah jarak 2,19 derajat saja dari sudut pandang Bumi. 

Tak seperti sebelumnya, kamu bisa menyaksikan peristiwa ini di waktu petang. Tepatnya setelah Matahari terbenam,. Di langit bagian barat, Merkurius akan tampak kecil tetapi terang di sebelah Bulan sabit. 

Baca Juga: 10 Potret Peristiwa Langit Paling Besar dan Langka Sepanjang 2020

4. Puncak hujan meteor Ursae Minorid pada 19 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!skyandtelescope.org

Lagi-lagi, langit kedatangan hujan meteor, nih! Pada 19 Januari 2021, kamu bisa menyaksikan keindahan hujan meteor Ursae Minorid yang berada di puncaknya. Titik radian atau titik kemunculannya berada di rasi bintang Ursa Minor (langit bagian utara). 

Ursae Minorid memang tidak sebesar Quadrantid. Kamu hanya bisa melihat sekitar tiga meteor per jamnya. Namun peristiwa ini akan terlihat sangat jelas karena Bulan tidak akan menghalangi pandanganmu. 

5. Konjungsi Bulan dan Mars pada 21 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!foxtv.com

Kali ini, giliran Mars yang bertemu dengan Bulan di angkasa. Dilansir Info Astronomy, di konjungsi kali ini, kedua benda langit akan terpisah jarak 5 derajat dari sudut pandang Bumi. Fenomena ini layak untuk dinantikan, terutama untuk kamu yang belum pernah melihat Mars sebelumnya.

Mulai pukul 18.45 hingga 23.45 waktu daerahmu, keduanya akan tampak berada tepat di atas kepala. Bulan akan tampak separuh sedangkan Mars terlihat seperti bintang berwarna merah yang tidak berkelap-kelip. 

6. Konjungsi Mars dan Uranus pada 22 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!virtualtelescope.eu

Tepat sehari setelah bertemu dengan Bulan, Mars akan tampak bersandingan dengan Uranus. Keduanya hanya akan terpisah jarak 1,43 derajat dari sudut pandang Bumi. Kamu bisa menyaksikannya di langit bagian selatan, tepat di rasi bintang Aries. 

Seperti sebelumnya, Mars akan tampak seperti bintang berwarna merah terang yang tak berkelap-kelip. Sementara itu, Uranus akan terlihat seperti titik kecil berwarna biru terang. Keduanya baru bisa diamati sekitar tengah malam, tepat saat langit benar-benar gelap tanpa halangan cahaya apa pun. 

7. Waktu terbaik melihat Merkurius pada 23 Januari 2021

7 Peristiwa Langit Terbaik Januari 2021, Banyak Planet di Angkasa!space.com

Merkurius merupakan salah satu planet tetangga yang sulit untuk diamati. Ini karena keberadaannya sangat dekat dengan Matahari sehingga ia jarang menampakkan diri di angit malam. 

Namun ada waktu tertentu di mana planet ini berada di titik tertinggi langit setelah Matahari terbenam. Momen tersebut akan terjadi di tanggal 23 Januari 2021. Merkurius akan berada di ketinggian 17 derajat dari cakrawala sehingga kita dapat menyaksikannya dengan baik. 

Walaupun begitu, kamu harus jeli saat mengamatinya, ya. Sebab Merkurius hanya akan tampak seperti titik kecil berwarna kuning terang. Mirip seperti bintang, namun ia tak berkelap-kelip. 

Itulah tujuh peristiwa langit yang siap menemanimu di awal tahun ini. Ada banyak planet yang menampakkan dirinya, nih! Jadi jangan sampai ketinggalan, ya!

Baca Juga: Catat Tanggalnya, 9 Peristiwa Langit Terbaik yang Akan Terjadi di 2021

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya