Comscore Tracker

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerika

Suhu minus 54 derajat pasti dingin banget...

Polar vortex merupakan sebuah fenomena alam unik yang terjadi di Amerika. Para ahli mendefinisikannya sebagai area bertekanan rendah berupa pusaran udara dingin yang berputar-putar di daerah kutub.

Ternyata, beberapa hal unik pun sempat terjadi selama fenomena ini berlangsung. Penasaran? Simak beberapa informasi unik tentangnya berikut!

1. Masyarakat tidak boleh bicara

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerika350madison.org

Saat suhu meningkat sampai minus 54 derajat, Dinas Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan masyarakatnya di bagian Iowa untuk menghindari menarik napas panjang dan meminimalkan bicara. Hal ini karena angin yang dingin dan kering dapat memicu iritasi paru-paru dan asma.

2. Air mendidih jadi beku seketika

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikacountryliving.com

Suhu ekstrem yang terjadi dalam fenomena polar vortex nyatanya juga dapat membuat air yang mendidih langsung membeku seketika. Kejadian ini sontak membuat kehebohan di lini masa. Sebab, air mendidih yang dilempar ke udara secara tiba-tiba menjadi kristal, yang tampak seperti uap di tengah udara kering.

3. Garpu mengambang

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikai.redd.it

Garpu yang mengambang merupakan salah satu hal terunik saat fenomena polar vortex terjadi. Hal ini diabadikan oleh salah seorang warganet asal Chicago yang mengunggah foto garpu membeku saat ingin menyantap semangkuk mi panas.

Baca Juga: 7 Penyebab Manusia Bisa Merinding, Bukan Cuma Kedinginan atau Takut

4. Bola es dari gelembung sabun

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikadarkroom.baltimoresun.com

Selain air mendidih yang membeku seketika, ternyata ada juga masyarakat yang membuat bola es dari gelembung sabun. Setelah beberapa saat ditiup, gelembung yang ini terlihat membeku menjadi bulatan layaknya bola es.

5. Rel kereta api dibakar

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikafoxnews.com

Untuk dapat bekerja dalam keadaan yang super dingin, rel kereta api komuter di Chicago terpaksa dibakar oleh para karyawan perusahaan kereta tersebut. Hal ini dilakukan agar mencegah rel membeku dan menyebabkan kereta tergelincir.

6. Gempa es

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikabbc.com

Gempa es atau cryoseisms dilaporkan sempat terjadi di negara bagian Ohio dan Pennsylvania. Embun dari salju serta hujan yang menyusup ke dalam tanah membuat perubahan suhu yang tiba-tiba. Akibatnya, lapisan es mengembang dan menimbulkan suara letupan yang besar.

7. Air Terjun Niagara membeku

7 Hal Unik Ini Terjadi Saat Polar Vortex, Suhu Ekstrem Di Amerikaabc.net.au

Suhu ekstrem yang melanda kawasan AS ternyata mampu membuat air terjun Niagara yang berada di Ontario, Kanada, membeku. Peristiwa ini justru menjadi sebuah panorama indah yang sayang untuk dilewatkan.

Beberapa hal unik yang terjadi saat fenomena polar vortex nyatanya tidak dapat dianggap hal sepele. Sebab, suhu ekstrem yang terjadi bisa saja mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tetap berhati-hati jika fenomena ini kembali terjadi.

Baca Juga: Kenapa Penguin Tahan Udara Dingin Kutub? Ini 7 Faktanya Menurut Sains!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya