Comscore Tracker

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medis

Dibilang kuno? Gak masalah! Semua demi kebaikanmu sendiri...

Buku harian atau diary sangat dekat dengan kehidupan kita ketika remaja dulu. Semakin bertambah usia, sepertinya kebiasaan ini mulai pudar bagi kebanyakan orang. Banyak orang merasa bahwa menulis apa-apa yang kita alami dan apa-apa yang kita rasakan dalam sehari hanya membuang waktu, apalagi bagi kaum millenials saat ini yang seakan tidak pernah lelah bekerja.

Tradisi kuno yang berasal dari Jepang sekitar abad 10 Masehi ini ternyata termasuk faktor yang penting bagi kesuksesan banyak orang. Jika kamu belum juga menyadarinya, berikut ini 8 manfaat menulis diary menurut medis. 

1. Mengurangi stress

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Daniel Monteiro

Menulis buku harian bisa membantu mengurangi pengaruh negatif dari masalah yang kita alami. Menuliskan masalah yang membuat kita marah dan sedih ternyata dapat membuat kondisi kita menjadi lebih tenang.

2. Mengontrol emosi

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Patrick Fore

Sebuah studi dari Advances in Psychiatric Treatment menyatakan bahwa menulis buku harian dapat membantu kita mengatur emosional diri. Studi lainnya dari Park & Blumberg di tahun 2002 juga menyatakan bahwa menulis buku harian secara rutin dalam beberapa periode waktu dapat meningkatkan kemampuan mengatur emosi lebih baik.

Inilah alasan mengapa terapi, konselor, dan pekerja sosial sering menyarankan kepada pasiennya untuk menulis buku harian.

3. Melatih disiplin diri

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Mitchell Hollander

Menulis buku harian secara rutin akan melatih diri menjadi disiplin dan tekun. Ini akan berpengaruh juga terhadap rutinitas lainnya. Disiplin dapat menjadi modal bagi kesuksesan di masa depan.

4. Meningkatkan kesehatan fisik

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Dominic Lowyears

Seorang peneliti dari Universitas Texas, James Pennebaker, menyatakan bahwa rutin menulis buku harian dapat memperkuat sistem imun. Peneliti lainnya juga mengindikasikan dapat menurunkan gejala penyakit asma dan radang sendi.

Baca Juga: Ternyata Warna Dinding Pengaruhi Psikologismu, Pelajari 7 Macamnya Ini

5. Memecahkan masalah dan merapikan otak

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Aziz Acharki

Buku harian membantu merekam segala sesuatu yang tidak mungkin semuanya termuat di dalam memori otak kita. Rutin menulis buku harian dapat memudahkan kita untuk mengoreksi kembali hal-hal yang tidak beres di hidup kita dan kemudian bisa kita perbaiki dengan fokus tanpa kesulitan mengingat. 

6. Meningkatkan kualitas hidup

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/rawpixel

Banyak studi yang membuktikan bahwa menulis buku harian dapat meningkatkan kualitas hidup, di antaranya adalah mendapatkan kembali pekerjaan setelah kehilangan pekerjaan sebelumnya (Spere et al, 1994), memiliki poin di atas rata-rata (Cameron & Nicholls, 1998), dan sangat baik dalam hal mengingat (Klein & Boals, 2001).

7. Menyembuhkan luka dan mendongkrak perasaan sendiri

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Raychan

Tidak semua orang mau menceritakan kesedihannya kepada orang lain karena biasanya mereka malah menjadi semakin gelisah dan takut. Tipe orang seperti ini sebaiknya menuangkan sedihnya pada buku harian. Rutinitas ini dapat menyembuhkan luka dan mendongkrak perasaannya sendiri.

8. Membuat hidup lebih produktif

Apapun Medianya, Begini 8 Manfaat Utama Menulis Diary Menurut Medisunsplash.com/Fab Lentz

Membaca kembali isi buku harian yang ditulis secara rutin otomatis membantu kita menyimpulkan apa saja yang pernah kita alami. Cara ini akan membuat kita berusaha untuk menjadi lebih baik dan lebih produktif dari sebelumnya.

Itu tadi beberapa manfaat dari menulis diary. Bagi yang sudah melakukannya, jangan berhenti! Bagi yang belum melakukannya, tidak ada salahnya untuk mencoba!

Baca Juga: 9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya