Badai Matahari Akan Sebabkan 'Kiamat Internet', Apa Benar?

Kiamat internet mungkin hanya ketakutan semata

Media sosial tengah ramai membicarakan kemungkinan internet apocalypse atau kiamat internet. Topik kiamat internet ini tampaknya sudah menjadi perbincangan selama berbulan-bulan.

Topik yang berkembang pesat secara online ini mengatakan bahwa kiamat internet akan terjadi akibat badai matahari. Kepanikan ini didorong dengan pengumuman NASA terkait sistem baru mereka yang menggunakan kecerdasan buatan untuk memprediksi peristiwa tersebut. Lantas, apa benar kiamat internet akan terjadi akibat badai matahari?

1. NASA tidak menyebutkan tentang kiamat internet

Badai Matahari Akan Sebabkan 'Kiamat Internet', Apa Benar?ilustrasi satelit (unsplash.com/NASA)

Kiamat internet nampaknya bukan sesuatu yang harus kamu khawatirkan. Sebagian besar kepanikan yang terjadi saat ini didasari pada artikel yang diterbitkan NASA pada Maret lalu. Artikel ini membahas tentang upaya NASA memprediksi badai matahari menggunakan artificial intelligence (AI).

Dalam artikel tersebut, NASA tidak pernah menyebutkan tentang internet apocalypse atau kiamat internet. Istilah ini, yang akhirnya menimbulkan kepanikan, nampaknya muncul dari penelitian yang dilakukan oleh Sangeetha Abdu Jyothi di tahun 2021. Belum lama ini, Jyothi menyatakan kepada The Washington Post bahwa ia menyesal menggunakan istilah tersebut karena studinya "mendapat terlalu banyak perhatian".

2. Diperlukan bukti lebih terkait hubungan badai matahari dan kiamat internet

Badai Matahari Akan Sebabkan 'Kiamat Internet', Apa Benar?ilustrasi internet (IDN Times/Nathan Manaloe)

Dilansir laman Space, ketakutan online ini nampaknya diperkuat oleh penelitian peer-review dari awal tahun 2023 yang menunjukkan bahwa matahari dapat mencapai puncak aktivitasnya pada tahun 2024.

Meskipun para ilmuwan memperkirakan badai matahari besar akan terjadi setelah aktivitas matahari mencapai puncaknya, tidak ada bukti yang mendukung ini akan menyebabkan kiamat internet.

Badai matahari mungkin akan berdampak pada jaringan listrik dan sistem komunikasi. Namun, diperlukan studi lebih lanjut untuk menyatakan bahwa fenomena tersebut akan menyebabkan internet offline atau bahkan kiamat internet.

Topik internet apocalypse atau kiamat internet tampaknya hanya ketakutan semata di media sosial. Tidak ada bukti pasti bahwa badai matahari akan menyebabkan internet offline atau kiamat internet.