Comscore Tracker

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Disegani

Bahkan sampai mancanegara, loh!

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang merupakan salah satu warisan budaya dan leluhur Indonesia. Kehadiran pencak silat sebagai seni sudah terbilang cukup tua bahkan lebih tua dari merdekanya bangsa ini. Sebagai negara yang kaya akan budaya khususnya pencak silat Indonesia  memiliki beberapa perguruan yang sangat disegani bahkan di mata dunia sekalipun.

Lantas apa saja perguruan pencak silat tersebut?

1. Persaudaraan Setia Hati Terate

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Diseganifacebook.com

Organisasi ini didirikan pada tahun 1922 di Madiun Jawa Timur. Setiap tahun Persaudaraan Setia Hati selalu mendapatkan anggota baru dalam jumlah yang tidak sedikit, bahkan tak cuma dari Indonesia melainkan juga dari luar negeri. Untuk menjadi anggota atau saudara dalam organisasi ini para calon perlu melewati proses latihan yang terbilang cukup berat hingga ia benar-benar disahkan menjadi warga Persaudaraan Setia Hati Terate.

Pun perguruan ini sudah menorehkan banyak prestasi. Salah satu torehan prestasinya yaitu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Universitas Airlangga (Unair) menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Para pesilat muda tersebut mampu meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu pada ajang The 3rd Sebelas Maret SH Terate International Championship.

2. Persinas Asad

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Diseganildiijatim.com

Perguruan yang bertujuan untuk menghimpun seluruh potensi persamaan cita-cita dan tujuan dalam melestarikan tradisi dan budaya bangsa. Dengan moto “Pencak Silat is my life” Persinas Asad JakPus mencoba membangkitkan semangat generasi silat untuk membela kebenaran dan membela golongan yang lemah.

3. Tapak Suci Putera Muhammadiyah

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Diseganinasional.republika.co.id

Perguruan yang satu ini mungkin kalian sudah sering dengar. Perguruan yang berdiri pada 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta, ini tak sekadar perguruan silat melainkan juga sebagaiwadah silaturahmi para anggota organisasi Muhammadiyah. Pada tahun 1964 Tapak Suci diterima sebagai organisasi otonom Muhammadiyah. Salah satu bentuk kemenangan yang diraih, yaitu sebagai juara umum Piala Wali Kota Surabaya 2014. Mereka menjadi juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak dengan rincian 6 emas, 6 perak, dan 6 perunggu.

4. Perisai Diri

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Diseganiyoutube.com

Organisasi pencak silat satu ini didirikan di Surabaya pada 2 Juli 1955. Salah satu yang khas dari perguruan ini adalah adanya 156 aliran yang dikategorikan berdasarkan karakter gerakan silat.

Anggota perguruan ini sudah tersebar luas bahkan hingga mancanegara. Salah satu prestasi yang ditorehkan yaitu berhasil menyabet gelar juara umum II pada kejuaraan silat Perssai Diri '1st Brawijaya Open Cup 2016', yang digelar di GOR Samantha Krida Universitas Brawijaya Malang, 28 September-2 Oktober 2016 kemarin.

5. Merpati Putih

5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Diseganisilatmerpatiputih.or

Organisasi pencak silat Merpati Putih berkembang dari tradisi jawa sejak tahun 1550. Ini merupakan organisasi pencak silat tertua di Indonesia yang sampai saat ini jumlah anggotanya sudah tersebar hingga mancanegara. Merpati Putih dikenal dengan aliran pencak silat “Beladiri Tangan Kossong” (Betako).

Salah satu bentuk peraihan prestasi yaitu berhasil menjadi juara umum dalam Kejuaraan pencak silat antar Kelompok Latihan se –DIY Jawa Tengah 2016 yang dilaksanakan Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta pada 15-17 September lalu di Yogyakarta.

Dari beberapa aliran pencak silat diatas dapat menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi kita tentunya warga Indonesia agar kedepannya kita harus bisa menjaga dan melestarikan budaya dan tradisi mengingat Indonesia merupakan Bangsa yang kaya akan tradisi.

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya