Indonesia Pastikan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023

Ini baru pertama kalinya lho...

Indonesia mencatat sejarah sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket untuk pertama kalinya. Kepastian menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA setelah di putaran final pemilihan calon tuan rumah piala dunia FIBA 2013 Sabtu (9/12/2017), di Jenewa, Swiss. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA pada tahun 2023 bersama Filipina dan Jepang.

Dalam perebutan tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia, Jepang, dan Filipina berhasil mengalahkan Argentina dan Uruguay yang sama-sama ingin menjadi tuan rumah.

Kata Sekjen FIBA Patrick Baumann mengenai calon tuan rumah.

Indonesia Pastikan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023Republika

Indonesia, Jepang, dan Filipina memiliki populasi gabungan lebih dari 500 juta jiwa. Dengan populasi yang lebih, maka akan menjadi daya tarik masyarakat sendiri. Kesiapan ketiga negara tersebut sangat tepat untuk menyelenggarakan pesta basket tertinggi di dunia.

Dalam presentasi Final kemarin (9/12/2017), dijelaskan tiga prinsip yang diunggulkan dalam menjadi tuan rumah piala dunia Basket FIBA 2023. Yakni kesederhanaan dalam desain turnamen untuk memastikan fokus atlet dan olahraganya.

Penyelenggaraan FIBA 2023 akan diselenggarakan di tiga kota yaitu Manila (Filipina), Jakarta (Indonesia), dan Okinawa (Jepang). Alasan pemilihan tempat itu karena berada dekat dengan akomodasi, media, medis, dan layanan penting lainnya.

Kapan FIBA tahun 2019 akan digelar?

Indonesia Pastikan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023Kompas.com

Sebelum Indonesia, Jepang, dan Filipina menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023, kejuaraan benua basket FIBA digelar pada tahun 2014 di Spanyol, dan tahun 2019 akan digelar di Cina.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah, harus sangat dimaksimalkan dengan baik demi kemajuan olahraga di Indonesia.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya