YES! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017 di Malaysia

Mengobati kekalahan Sea Games 2017

ASEAN Paragames 2017 berlangsung di Malaysia pada 17-23 September 2017. Indonesia kali ini menjadi Juara Umum setelah perolehan medali yang tidak bisa lagi dikejar oleh sang tuan rumah. Tuan rumah hanya menempati posisi kedua. Prestasi ini merupakan juara umum yang kedua sejak Indonesia terakhir kali juara umum pada Asean Paragames 2014.

Indonesia sendiri memastikan menjadi juara umum setelah mengoleksi 116 emas, 70 perak, dan 46 perunggu pada hari Jumat (22/9/2017). Koleksi emas tersebut bahkan sudah tidak bisa dikejar oleh tuan rumah Malaysia yang baru mengoleksi 90 emas, 82 perak, dan 77 perunggu. 

Walaupun di hari terakhir penyelenggaraan masih menyisakan 19 medali emas dalam dua cabang olahraga. Hal tersebut sudah tidak bisa lagi menggoyahkan Indonesia dalam posisi pertama. Keberhasilan tersebut dapat mengobati kegagalan atlet non-difabel pada SEA Games 2017 yang hanya menempati peringkat ke lima.

Keberhasilan kontingen Indonesia menjadi Juara Umum Asean Paragames 2017, mendapatkan perhatian dari Presiden Jokowi lewat akun Twitter-nya. Jokowi sendiri bangga akan prestasi yang telah dicapai para atlet. Tak hanya Presiden jokowi yang mengapresiasi atas keberhasilan kontingen Indonesia, bahkan Menpora, Imam Nahrawi dalam akun Twitter-nya juga tak ketinggalan mengucapkan rasa syukur atas apa yang diperoleh kontingen Indonesia. 

Jokowi memberikan ucapan selamat untuk tim Indonesia Juara Umum Asean Para Games 2017 melalui Twitter-nya.

YES! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017 di MalaysiaTwitter Jokowi

Tak hanya jokowi yang mengapresiasi kontingen Indonesia, Menteri Imam Nahrowi juga tak lupa syukur atas apa yang dipersembahkan para altlet.

YES! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017 di MalaysiaTwitter Imam Nahrawi

Inilah klasemen akhir perolehan medali Asean Para Games 2017 pada hari sabtu 23 September.

YES! Indonesia Juara Umum ASEAN Paragames 2017 di Malaysiagms.kualalumpur2017.com

Meskipun perolehan medali Indonesia sudah tidak terkejar lagi. Indonesia pada hari terakhir penyelenggaraan menempati peringkat pertama dengan 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu. Posisi kedua ditempati oleh tuan rumah Malaysia dengan 90 emas, 85 perak, dan 83 perunggu. Sementara posisi ketiga ditempati oleh Thailand dengan 68 emas, 73 perak, dan 95 perunggu. Hasil akhir tersebut mengukuhkan Indonesia menjadi Juara Asean Para Games 2017.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya