Comscore Tracker

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyak

Jasa Lionel Messi masih membekas di hati para penggemar!

Memiliki banyak pemain muda berpotensi, Barcelona berangsur-angsur kembali ke performa terbaik. Itulah bukti bahwa Blaugrana masih jadi salah satu raksasa Spanyol, yang tak gentar bersaing dengan klub-klub besar lainnya, baik itu di La Liga maupun di ajang level Eropa.

Para bintang sepak bola yang mengisi skuad saat ini ada Sergio Aguero, Ansu Fati, Philipe Coutinho, Pedri, dan masih banyak lagi. Tapi di sisi lain, ada para mantan pemain yang pernah jadi andalan Barcelona. Berikut enam mantan pemain yang masih aktif di lapangan dengan penampilan terbanyak selama mereka membela Barcelona. 

1. Lionel Messi (778 Penampilan)

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Legenda hidup Barcelona, Lionel Messi telah mengalami banyak hal selama berkarier di Spanyol. Pemain berdarah Argentina ini menjadi pemain tersukses yang pernah membela Barcelona. Ia merupakan mesin gol milik klub selama lebih dari 16 tahun.

La Pulga menguasai hampir seluruh daftar statistik di Camp Nou. Ia merupakan pemain dengan penampilan terbanyak (778 penampilan), pencetak gol terbanyak (672 gol), dan pembuat assist terbanyak (301 assist) dalam sejarah klub. Sayangnya di bursa transfer musim panas lalu, Messi resmi pindah ke Paris Saint-Germain.

2. Andres Iniesta (674 Penampilan)  

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Andres Iniesta saat masih membela Barcelona (twitter.com/ChampionsLeague)

Andres Iniesta menjadi salah satu gelandang kunci Barcelona sejak debut pada tahun 2002 silam. Ya, pemain asli Spanyol ini memang lulusan akademi klub. la baru hengkang ke Vissel Kobe pada tahun 2018 lalu dengan status bebas transfer.

Selama kurang lebih 16 tahun (2002 s.d 2018) merumput di Camp Nou, Iniesta terhitung telah tampil sebanyak 674 kali dengan torehan 57 gol dan 138 assist. Selain itu, ia juga ikut andil dalam meraih 33 trofi bersama Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dianggap Tidak Layak Membela Barcelona, Siapa Saja?

3. Pedro (321 Penampilan) 

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Pedro saat masih membela Barcelona (twitter.com/ChampionsLeague)

Pedro juga merupakan salah satu jebolan akademi Barcelona, ia diangkat ke tim utama pada tahun 2008 silam. Dulu Pedro hijrah ke klub Liga Inggris, yakni Chelsea. Kemudian pada September 2020, ia mulai menjajal karier di Italia dengan bergabung ke AS Roma. Semusim kemudian dirinya memutuskan pindah ke Lazio.

Bersama Blaugrana, pemain sayap kanan berkebangsaan Spanyol ini mampu menorehkan 99 gol dan membuat 62 assist dalam 321 penampilan di semua kompetisi. Untuk gelar, Pedro ikut andil dalam meraih 24 trofi domestik maupun gelar internasional.

4. Ivan Rakitic (310 Penampilan) 

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Ivan Rakitic saat masih membela Barcelona (instagram.com/ivanrakitic)

Ivan Rakitic telah dikenal luas di dunia sepak bola, ia merupakan salah satu gelandang tengah terbaik di abad ini. Pemain asal Kroasia yang punya darah Swis ini memperkuat Barcelona selama 6 tahun.

Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut tercatat telah tampil dalam 310 pertandingan bersama EL Baca. Dalam kesempatan itu, Rakitic sukses mencetak 35 gol dan membuat 42 assist. Dirinya Baru hengkang ke Sevilla di bulan September 2020 lalu.

5. Luis Suarez (283 Penampilan) 

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Luis Suarez saat masih membela Barcelona (twitter.com/fcbarcelona)

Luis Suarez mulai dikenal luas ketika dirinya berseragam Liverpool. Lalu ia mengepakkan sayap lebih jauh ke Spanyol dengan bergabung ke Barcelona. Meskipun bintang asal Uruguay ini kurang menonjol di Camp Nou di beberapa musim terakhirnya, tapi ia telah tampil dalam 283 pertndingan untuk El Barca.

Di musim panas 2020, Suarez dilepas ke Atletico Madrid secara cuma-cuma atau bebas transfer. Penyebabnya disinyalir karena performa sang striker terus menurun. Meski begitu, 13 trofi yang diraih bersama El Barca menjadi kenangan manisnya di Camp Nou.

6. Neymar (186 Penampilan)  

8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyakpotret Neymarl saat masih membela Barcelona (instagram.com/neymarjr)

Barcelona untung besar saat menjual Neymar ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2017. Bagaimana tidak, nilai transfernya saat itu mencapai 222 juta euro (Rp3,6 triliun). la pun memecahkan rekor sebagai pemain dengan transfer termahal di dunia.

Bersama El Barca, Neymar terhitung telah tampil sebanyak 186 kali dengan menyumbang 105 gol dan 76 assist. Pemain asal Brasil satu ini sering dirumorkan ingin kembali ke Barcelona hanya demi Lionel Messi. Menariknya, kini mereka kembali jadi rekan setim di Paris Saint-Germain.

Banyak nama lain seperti Xavi dan Dani Alves. Tapi mereka sudah tidak aktif di lapangan. Nah, dari daftar mantan pemain Barcelona, siapa yang jadi idolamu di sini? 

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Top yang Seharusnya Tidak Dilepas oleh Barcelona

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya