6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala Dunia

Pemain asing makin menyaingi pemain lokal

Bukan pemandangan baru lagi, dari musim ke musim, jumlah pemain asing di English Premier League (EPL) selalu bertambah. Mereka tidak hanya datang dari negara tetangga, tetapi dari berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika, Afrika, hingga Asia.

Para pendatang tersebut punya tempat tersendiri. Bahkan, mereka mampu menyaingi para pemain lokal. Tidak terkecuali musim 2022/2023 ini, sederet pemain asing berhasil mendominasi papan top skor Premier League. 

Sampai jeda Piala Dunia 2022 Qatar, mari melihat dominasi enam pemain asing yang sudah mengumpulkan banyak gol di EPL 2022/2023 lewat ulasan berikut!

1. Erling Haaland (18 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaErling Haaland cetak hattrick pertamanya untuk Manchester City dalam kemenangan 4-2 melawan Crystal Palace pada Sabtu, 27 Agustus 2022. (twitter.com/WhoScored)

Ayah Erling Haaland, Alf-Inge Haaland, merupakan mantan pemain Nottingham Forest (1994—1997), Leeds United (1997—2000) dan Manchester City (2000—2003). Haaland junior pun lahir di Kota Leeds, Inggris, pada 21 Juli 2000 silam.

Saat memasuki usia tiga tahun, Haaland dibawa ke Bryne, Norwegia, karena pada saat itu ayahnya sempat istirahat dari sepak bola. Jadi, tak heran jika pemain jangkung dengan tinggi badan 195 cm tersebut mengantongi paspor Norwegia.

Erling Haaland sendiri sukses mendobrak atmosfer sepak bola Inggris. Sejauh ini, striker muda berusia 22 tahun tersebut telah mencetak 18 gol hanya dari 13 penampilan untuk Manchester City di EPL.

2.  Rodrigo Moreno (9 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaRodrigo Moreno (instagram.com/rodrigom_91)

Rodrigo Moreno selama ini dikenal luas sebagai pemain Timnas Spanyol. Pada kenyataannya, ia merupakan pesepak bola kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, dan diketahui sebagai keturunan Amerika Latin asli. Sang pemain pindah ke Spanyol sejak berusia 12 tahun.

Bolton Wanderers adalah klub Inggris pertama yang pernah dibela Rodrigo (sebagai pemain pinjaman dari 2010—2011). Sudah lama berlalu, sang pemain kembali ke Inggris setelah memperkuat Leeds United sejak 2020.

Rodrigo adalah pemain serba bisa di lini depan. Meski membela klub medioker, pemain senior kelahiran 1991 tersebut mampu menciptakan sembilan gol dalam 13 penampilan di Premier League pada pertengahan musim 2022/2023 ini. 

Baca Juga: 5 Bintang Klub Big Six EPL yang Absen di Piala Dunia 2022

3. Aleksandar Mitrovic (9 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaAleksandar Mitrovic (twitter.com/FulhamFC)

Fulham United menjuarai liga kasta kedua di Inggris, Liga Championship Inggris, pada 2021/2022 lalu. Kontribusi nyata Aleksandar Mitrovic berhasil membawa klub kembali mentas di liga utama atau Premier League.

Mitrovic mencoba mempertahankan penampilan apiknya hingga sekarang. Pemain berkebangsaan Serbia tersebut sejauh ini telah menjebloskan sembilan gol dari 12 pertandingan yang dilakoninya bersama Fulham.

4. Miguel Almiron (8 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaMiguel Almiron (twitter.com/premierleague)

Newcastle United telah memakai jasa Miguel Almiron sejak Januari 2019. Setelah lebih dari tiga tahun, sang pemain baru mendapatkan momen terbaiknya pada musim 2022/2023 ini.

Kemajuan pesat The Magpies memberi Almiron kesempatan besar untuk merebut salah satu tempat di papan top skor. Ia sudah mengoleksi 8 gol dalam 15 penampilan di Premier League 2022/2023.

Miguel Almiron sendiri merupakan pemain Amerika Latin yang mengantongi paspor Paraguay. Fakta menariknya, ia sebelumnya tidak pernah merumput di Eropa. Daratan Inggris jadi pengalaman pertama sang pemain di Eropa.

5. Leandro Trossard (7 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaLeandro Trossard cetak hattrick untuk Brighton & Hove Albion dalam laga imbang 3-3 mengahadapi Liverpool pada 1 Oktober 2022. (twitter.com/LTrossard)

Leandro Trossard merupakan pendatang yang baru pertama kali merumput di Inggris. Sebelum diboyong Brighton & Hove Albion pada musim panas 2019, ia tidak pernah membela klub di luar Belgia.

Serupa dengan Almiron, Trossard juga baru mendapat sorotan pada musim 2022/2023 ini. Padahal, sebelumnya ia sangat minim gol. Sebelum jeda internasional, pemain berkebangsaan Belgia tersebut sudah mencetak tujuh gol dalam 14 penampilan.

6. Roberto Firmino (7 gol) 

6 Pemain Asing Mendominasi Papan Top Skor EPL hingga Jeda Piala DuniaRoberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Brasil jadi salah satu negara eksportir yang paling banyak mengirim pemain berkat ke Inggris. Dominasi mereka di Premier League tak terbendung, khususnya di klub top big six, termasuk pula di Liverpool. 

Roberto Firmino merupakan salah satu dari empat pemain Brasil yang mengisi skuad Liverpool musim 2022/2023. Penyerang tengah berusia 31 tahun tersebut datang ke Anfield Stadium sejak musim panas 2015.

Terlepas performa Liverpool yang kurang konsisten, Firmino musim ini terbilang masih solid. Dari 13 penampilan yang dilakoni di EPL, Firmino telah menyumbang tujuh gol. 

Pemain asing lainnya yang berhasil mencetak enam gol di EPL adalah Mohamed Salah dan Martin Odegaard. Di sisi lain, Harry Kane (12 gol) dan Ivan Toney (10 gol) jadi dua pemain lokal Inggris yang saat ini nangkring di papan atas top skor EPL 2022/2023.

Baca Juga: 6 Pemain Klub Medioker EPL Dipanggil Belgia untuk Piala Dunia 2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya