Comscore Tracker

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang Raya

Ada peraturannya, kalau waktunya salat harus istirahat

Malang, IDN Times - Sejumlah remaja terlihat sedang menikmati permainan skateboard. Sesekali mereka terlihat berusaha melewati obstacle yang ada di arena skate park tersebut. Tak berselang lama giliran sejumlah anak-anak muda dengan sepeda BMX mereka mulai unjuk aksi. Secara bergantian, mereka bermain dan menikmati setiap kesulitan yang dihadirkan dari obstacle di arena tersebut.

Tak sedikitpun nampak rasa lelah dari pemuda-pemuda tersebut. Justru mereka tampak bersemangat untuk terus mengasah skill mereka. Begitulah aktivitas harian di arena skate park Apocalypse yang berada di Jl Industri, Wendit Barat, Pakis Kabupaten Malang. Sejak pertama dibuka untuk umum pada 3 September lalu, sedikitnya 20 orang setiap harinya dan jumlah tersebut bisa bertambah hingga dua kali lipat saat akhir pekan. 

1. Awalnya hanya untuk senangkan anak

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang RayaApocalypse juga menyediakan kelas skateboard untuk pemula. IDN Times/Alfi Ramadana

Adalah Heru Tri Cahyono, warga Kota Malang yang menginisiasi pembangunan arena skate park indoor tersebut. Ia menceritakan bahwa awal membangun arena tersebut, tak terpikir sedikitpun nantinya bakal dibuka untuk umum. Pembangunan arena tersebut hanya untuk tempat bermain bagi sang anak. Pasalnya, sang anak memang sangat senang bermain skateboard dan sejak pandemik COVID-19 melanda, sang anak kesulitan menyalurkan hobinya lantaran arena permainan skateboard banyak yang tutup. Tetapi saat pembangunan sudah mulai berjalan ternyata banyak respons positif dari para pecinta skateboard. 

"Terus terang, awalnya saya tidak memiliki ekspektasi apapun selain hanya untuk menyenangkan anak saja. Tetapi kemudian banyak yang merespons agar arena ini dibuka untuk umum. Akhirnya karena sudah banyak peminatnya, maka kami putuskan untuk membuka untuk umum," paparnya, Selasa (28/9/2021). 

2. Putuskan maksimalkan pembangunan

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang RayaSalah seorang pemain BMX sedang beraksi. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah memutuskan dibuka untuk umum, kemudian dirinya berusaha memaksimalkan pembangunan arena skate park tersebut. Utamanya untuk kualitas dan kelengkapan obstacle yang ada. Setelah melalui sejumlah pertimbangan, akhirnya ia memutuskan menggandeng dalah satu vendor khusus, yakni Motion untuk membangun skate park tersebut. Hasilnya, dalam waktu 2,5 bulan, skate park tersebut selesai dengan kualitas bagus dan berbagai fasilitas.

"Awalnya saya berancana hanya membangun dengan luasan 600 meter persegi saja. Tetapi karena responsnya bagus dan diputuskan akan dibuka untuk umum, maka kami maksimalkan pembangunan dengan luas 1000 meter persegi," tambahnya. 

3. Terlengkap dari sisi obstacle

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang RayaSeorang anak sedang bermain di Apocalypse. IDN Times/Alfi Ramadana

Tidak hanya itu saja, Heru mengakui bahwa berdasarkan keterangan dari vendor yang mengerjakan, Apocalypse merupakan skatepark terlengkap dari sisi obstacle. Serta merupakan arena skate indoor pertama dengan luas mencapai 1000 meter persegi. Selain itu, ada juga satu obstacle yakni area untuk latihan skill ekstrem lompatan yang jatuhnya tepat ditumpukan busa.

"Konsep yang dibawa ini memang street style. Jadi arena ini bisa mengakomodir para pemain skateboard pemula, menengah hingga pemain profesional," sambungnya. 

4. Harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang RayaAnak-anak sedang bermain di Apocalypse. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk bisa merasakan sensasi bermain skateboard maupun BMX di Apocalypse, pengunjung hanya perlu membayar Rp20 ribu saja. Dengan harga tersebut, mereka bisa bermain sepuasnya sesuai jam operasional, yakni pukul 08.00-20.00 WIB. Salah satu hal unik yang dilakukan di Apocalypse adalah adanya aturan bahwa setiap jam waktu salat, maka permainan sementara dihentikan dan disediakan musala untuk beribadah berjamaah. 

"Kami ingin bahwa apa yang sudah ada ini tidak hanya sekedar untuk bermain-main saja. Tetapi juga membawa manfaat dan memberi nilai positif kepada sesama," katanya.

5. Sangat nyaman untuk bermain

Merlihat Apocalypse, Arena Skateboard Indoor di Malang RayaSeorang remaja sedang bermain di Apocalypse Skate Park. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Bagus Idris, salah satu pengunjung asal Sidoarjo mengakui bahwa selama dirinya menekuni skateboard mulai tahun 2014, baru kali ini menemukan skate park dengan fasilitas lengkap. Bahkan arena tersebut menurutnya tergolong mewah lantaran obstacle yang disediakan beragam dan dengan tingkat konstruksi yang bagus dibanding beberapa skate park lain. 

"Sejauh yang pernah saya rasakan, baru Apocalypse ini yang paling nyaman. Konstruksi bangunannya kuat, halus dan bagus sekali. Kemudian arenanya dibuat indoor, jadi saat main tidak perlu khawatir kalau turun hujan maupun kepananasan. Untuk harga Rp 20.000, apa yang ditawarkan Apocalypse sudah lebih dari cukup," pungkasnya. 
 

Baca Juga: 6 Game Android Bertema Skateboard Terbaik, Berani Uji Kemampuanmu?

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya