Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Lain

Ada pemain favoritmu?

Prancis merupakan salah satu negara dengan sepak bola terbaik di dunia saat ini. Pujian ini bukanlah tanpa alasan mengingat keberhasilan mereka dalam sejumlah kompetisi bergengsi, termasuk 2 gelar Piala Dunia.

Banyak pemain sepak bola yang lahir di Prancis dan menjadi pemain hebat di masa kariernya. Namun tak semua pemain tersebut membela timnas Prancis. Ada sejumlah pemain top yang justru memutuskan timnas negara lain.

Berikut kami sajikan 5 pemain top yang membela timnas negara lain meski lahir di Prancis. Penasaran siapa saja? Simak ulasannya.

1. Riyad Mahrez (Aljazair)

Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Laingoal.com

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa winger Manchester City, Riyad Mahrez merupakan pesepak bola yang membela Timnas Aljazair. Namun ternyata Mahrez lahir dan besar di Prancis. Ia lahir pada 11 Februari 1991 di wilayah Sarcelles, Prancis.

Namun, dengan alasan kedua orangtuanya yang ternyata warga asli Aljazair dan sang ayah yang merupakan pemain timnas Aljazair, Mahrez memutuskan untuk membela negara asal orangtuanya yang ditandai dengan debut pada 31 Mei 2014 silam.

2. Nicolas Pepe (Pantai Gading)

Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Lainpaininthearsenal.com

Melihat statistik di sepanjang kariernya, Nicolas Pepe hanya membela satu timnas saja, yaitu Pantai Gading. Winger milik Arsenal ini telah mencatatkan 24 caps untuk timnas yang ia bela tersebut dengan gelontoran 5 gol sejak menjalani debut pada 15 November 2016.

Namun ternyata Pepe tak lahir dari negara beribukota Abidjan tersebut, melainkan di Prancis. Pepe yang kini berusia 25 tahun lahir di Mantes-la-Jolie, sebuah kota pinggiran di barat Prancis pada 29 Mei 1995 lalu.

3. Anthony Lopes (Portugal)

Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Lain90min.com

Performa solid Olympique Lyon sejauh ini tentu tak lepas dari ketangguhan Anthony Lopes di bawah mistar gawang. Membahas lebih jauh, Lopes saat ini merupakan kiper kedua timnas Portugal dan menjadi pelapis Rui Patricio.

Membela timnas Portugal bukan berarti Lopes lahir dan besar di negara beribukota Lisbon tersebut. Pada kenyataannya, Lopes lahir di Givors, Prancis pada 30 tahun silam. Kedua orangtuanya merupakan imigran asal Portugal yang memutuskan untuk pindah  ke Prancis.

Baca Juga: 10 Pemain Prancis di Bawah Usia 23 Tahun dengan Market Value Tertinggi

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Laingoal.com

Pierre-Emerick Aubameyang dianggap sebagai salah satu striker terbaik saat ini. Dengan kualitas mumpuni yang ia miliki, Aubameyang sukses menjadi andalan Arsenal di lini serang. Sedangkan di level timnas, Aubameyang bermain untuk Gabon.

Namun, Aubameyang tak lahir disana, tetapi di Prancis. Ia lahir di kota Laval pada 31 tahun yang lalu. Alasan ia memilih Gabon dilatarbelakangi pesan sang ayah, Pierre Francois Aubameyang yang ternyata merupakan kapten Timnas Gabon pada dekade 1980 hingga 1990-an.

5. Kalidou Koulibaly (Senegal)

Lahir di Prancis, 5 Pemain Top Ini Pilih Bela Timnas Negara Lainen.as.com

Tak bisa dipungkiri bahwa Kalidou Koulibaly merupakan salah satu bek tengah terbaik di dunia saat ini. Ketangguhannya di lini pertahanan Napoli membuat Koulibaly diincar banyak klub top Eropa. Dan bila membahas timnas yang ia bela, Koulibaly bermain untuk Timnas Senegal.

Namun faktanya, Koulibaly justru lahir di Prancis tepatnya di Saint-Die-des-Vosges, kota di region Lorraine. Di masa mudanya, Koulibaly juga sempat membela timnas Prancis U-20 dengan 11 caps hingga akhirnya memutuskan membela timnas Senegal sejak 2015 lalu yang ternyata adalah tanah kelahiran keluarganya.

Dengan berbagai alasan, para pemain di atas memutuskan untuk memilih membela timnas lain ketimbang Prancis yang notabene adalah tanah kelahirannya.

Baca Juga: 5 Pemain yang Catatkan Assist Terbanyak di Ligue 1 Prancis Musim Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya