Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022

Langkah yang bagus untuk go international

Diselenggarakan dengan nama 'Pertamina Grand Prix of Indonesia', pekan balap MotoGP 2022 resmi dilaksanakan di Mandalika, Lombok, tepatnya pada 18-20 Maret mendatang.

Dengan menggunakan nama 'Pertamina Gand Prix of Indonesia', diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional melalui kejuaraan balap motor terbesar di dunia ini.

Tidak hanya itu, dengan membawa nama Pertamina mendunia di ajang MotoGP juga sekaligus dapat mengenalkan Indonesia di kancah internasional. Terlebih dengan rencana gelaran MotoGP yang akan berlangsung di Indonesia selama 10 tahun berturut-turut, tentu saja hal ini dapat meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia.

Berikut ulasannya.

1. Pertamina siap bekerja sama dengan Dorna Sport

Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022pembukaan Pertamina Grand Prix of Indonesia (instagram.com/abidzardibagja)

PT Pertamina (Persero) dan Dorna Sports sebagai pemegang hak eksklusif penyelenggaraan MotoGP resmi menandatangi kontrak kerja sama jangka panjang untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Dengan adanya kerja sama dengan Dorna Sports ini tentunya sesuai dengan market Pertamina dan produk-produk yang dihasilkan oleh Pertamina itu sendiri, mulai dari BBM dan pelumas yang pastinya akan diperlukan di event ini.

Menteri BUMN Erick Tohir menilai partnership tersebut sangat menguntungkan dan dapat meningkatkan citra brand Indonesia di kancah global. Erick Tohir juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan sepak bola U-23 dan pada tahun yang sama Indonesia juga menjadi tempat kejuaraan dunia untuk basket bersama dengan Filipina dan Jepang. 

"Karena itu saya rasa ajang MotoGP ini kenapa harus ditangani secara serius karena ini merupakan ajang yang tidak hanya berlangsung sekali-sekali di Indonesia, tetapi ajang MotoGP ini Insya Allah berjalan selama 10 tahun di Indonesia," ujar Erick Tohir dikutip dari Antara.

Managing Director of Dorna Sport Carlos Ezpelata yang hadir secara virtual dalam rangka menyambut kerja sama dengan Pertamina juga mengatakan bahwa Grand Prix of Indonesia merupakan ajang balap motor yang paling ditunggu-tunggu pada 2022, bahkan paling diantisipasi sepanjang sejarah MotoGP. 

"Kami sangat senang akhirnya bisa kembali lagi ke Indonesia setelah waktu yang sangat lama, kembali ke negara yang merupakan negara terbesar bagi kami, untuk kemitraan kejuaraan, untuk manufakur, untuk tim dan juga untuk para pebalap yang saya pikir mereka semua sangat bersemangat untuk bisa berada dalam trek," ungkap Carlos Ezpelata yang dilansir dari Antara. 

2. Bawakan tema Eenergi Untuk Berani Melesat

Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022potret ajang balap MotoGP (instagram.com/motogp)

Dengan mengusung tema ke dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia yakni #EnergiUntukBeraniMelesat, Pertamina berharap dapat mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk segera bersiap diri.

"Seperti halnya para pebalap di MotoGP yang berani melaju kencang, melesat bebas dan percaya mengalahkan semua tantangan yang ada, semangat inilah yang ingin kita bawa," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam peluncuran 'Pertamina Grand Prix of Indonesia' di Jakarta, Rabu (9/2/2022) dilansir dari Antara.

Nicke juga melihat ajang MotoGP memiliki dampak yang besar bagi Indonesia dalam menjalankan international exposure dan global exposure. Apalagi melihat acara balap MotoGP yang akan disiarkan di lebih dari 200 negara, 428 juta rumah tangga dan 7 juta penonton. Nicke berharap dengan diadakannya event ini dapat menimbulkan efek yang baik bagi Indonesia.

 

3. Pertamina sebagai pembuka jalan bagi UMKM di Mandalika

Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022ilustrasi pusat oleh-oleh (instagram.com/sasakulombok)

Sesuai dengan permintaan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, #PertaminaMotoGP 2022 yang dilaksanakan di Mandalika sebaiknya juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan promosi.

Teten Masduki menyebutkan bahwa pihaknya akan menyelenggarakan pameran lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan yang mewakili 14 provinsi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit. Beberapa produk yang akan ditampilkan mulai dari kategori otomotif, marchandise, suvenir, produk kesehatan, hingga makanan dan minuman.

Dia mengatakan bahwa dengan diselenggarakannya MotoGP Mandalika bisa menjadi wadah promosi bagi UMKM dan investasi.

4. Didukung oleh Presiden Jokowi

Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022potret Jokowi di sirkuit Mandalika (instagram.com/jokowi)

Nicke Widyawati mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan perkembangan 5 daerah pariwisata super prioritas, maka kawasan Mandalika NTB menjadi salah satu yang harus dikembangkan.

Dengan adanya arahan tersebut, Pertamina bekerja sama dengan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) untuk mengembangkan Pertamina Mandalika Circuit dan ini merupakan satu bentuk dukungan untuk Mandalika agar memposisikan diri sebagai daerah pariwisata berskala internasional. 

Pertamina Mandalika International Street Circuit sendiri dibangun dengan memiliki 17 tikungan, 11 di antaranya mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri. Dengan panjang diketahui mencapai 4,3 kilometer dengan teknologi aspal terbaru stone mastic asphalt. Hal itu tentunya digunakan sebagai bentuk dukungan event-event kelas dunia yang akan dilaksanakan di Mandalika.

Tak hanya itu, Pertamina Mandalika International Street Circuit juga dapat menampung sekitar 150.000 hingga 200.000 orang.

5. Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia

Siap Mendunia, Pertamina Resmi Dukung Event MotoGP 2022potret Mandalika International Street Circuit(instagram.com/motogp)

Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dibangun hanya dalam waktu sembilan bulan di atas lahan sekitar 120 hektar tentunya harus diapresiasi, karena dengan hadirnya sirkuit tersebut bisa menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu dengan dilaksanakannya MotoGP di Mandalika, bisa menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia yang bisa menyelenggarakan acara Internasional di tengah situasi pandemi. Meski begitu, protokol kesehatan tetap dilaksanakan demi menyukseskan ajang balap internasional ini. 

Demi mendukung terselenggaranya #PertaminaMotoGP 2022  IDN Times bersama dengan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah mengadakan Lombok Writers Festival 2022 dengan tujuan untuk memberikan pelatihan kepenulisan serta ingin mengajak kaum millennial untuk sama-sama mempromosikan potensi NTB. Mulai dari kekayaan alam, ragam budaya hingga ekonomi kreatifnya.

Yuk, mari sama-sama promosikan potensi NTB sebagai langkah awal untuk dikenal dunia.  

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya